Comments Off on Perangkat Lunak

Perangkat Lunak

2018
05.31

Software / PerangkatLunak

 

  • Komputer (hardware) bisa bekerja hanya atas dasar instruksi
  • Software yakni perintah (program komputer) yang dieksekusi memberikan fungsi dan petunjuk kerja seperti yang diinginkan.
  • Karakteristik: bagian sistem komputer yang tidak berwujud benda, tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, tapi bisa dioperasikan.
  • Fungsinya adalah membantu para pengguna untuk memanfaatkan sumber daya komputasi yang disediakan perangkat keras.
  • Orang atau ahli pembuat software (program komputer) ini disebut sebagai programmer.

Cara Kerja Software

 

  • Langkah pertama setelah kita memberikan perintah untuk mengeksekusi suatu program adalah mentransfer file tersebut kedalam memori.
  • Setelah transfer selesai, eksekusi program dimulai.
  • Pada saat eksekusi program mencapai titik dimana file data diperlukan, maka program meminta sistem operasi untuk mentransfer file data dari disk kememori.
  • OS menjalan kan tugas ini dan mengembalikan control eksekusi ke program aplikasi, yang kemudian melanjutkan melakukan komputasi yang diminta.
  • Pada saat komputasi telah selesai dan hasilnya telah siap di output kan.

 

Klasifikasi Software

 

  • Secara garis besar, dibagi menjadi dua macam:

 

  1. System Software

Piranti lunak komputer untuk menggunakan/menjalankan komputer.

  1. a) Operational System (sistem operasi)
  2. b) Utilities Program (program utilitas)

 

  1. Application Software

Piranti lunak komputer yang digunakan untuk memproses data dan perintah pengguna.

  1. a) Software Program Aplikasi
  2. b) Software Program Paket

 

SistemOperasi

 

Merupakan sebuah program yang mengatur/mengoperasi kan perangkat keras komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras (menyediakan antar muka dengan perangkat lunak lain dengan pengguna). Dan bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat kerasu ntuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :

 

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel kedalam memory kernel. Kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah Sistem Operasi
  2. Shell atau Command Interpreter, yang bertugas membaca input perintah dari pengguna dan menyediakan fungsi standar & fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain.
  3. Resource Allocator ,yaitu bagian system operasi yang bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat
  4. Driver untuk berinteraksi dengan hardware, sekaligus untuk mengontrol kinerja hardware
  5. Handler berperan dalam mengendalikan system agar terhindar dari error dan pengguna sumber daya yang tidak perlu.

 

Linux danOpensource

 

  • Dua system operasi sebelumnya adalah system operasi berbayar, artinya kita harus membelinya untuk dapat menempatkan sistem operasiter sebut ke dalam komputer pribadi kita.
  • Pada beberapa kasus memang ditemukan penggunaan system operasi windows dengan model mengkopi dari komputer yang satu kekomputer yang lain tanpa harus membeli namun ini adalah termasuk tindakan pembajakan.
  • Pada tahun 1991 muncul wacana membuat system operasi dari kode Unix. Gagasan ini diawali oleh mahasiswa inggris yang bernama Linus Thorvalds. Sistem operasi yang dihasilkan oleh proyek ini kemudian disebut dengan Linux.
  • Karena sifatnya yang gratis dan kodeprogram yang terbuka(open source) maka Linux menjadi terus berkembang dan menjalar keseluruh dunia, hingga saatini banyak distro linux baru yang muncul disetiap belahan dunia.

PerangkatLunakAplikasi

 

  • Menurut McLeod Dibagi menjadi:

 

  1. Peranti lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software/peranti lunak off the shelf), yakni software siap pakai telah langsung tersedia dengan biaya lebih murah.

 

  1. Peranti lunak aplikasi khusus (custom application software), yakni software yang dibuat oleh programmer dan konsultan secara khususu ntuk memenuhi kebutuhan organisasi tertentu. Biasanya karena organisasi memiliki operasi yang unik.

 

  1. Peranti lunak yang ditulis oleh pengguna, yakni software aplikasi yang dibuat oleh pengguna akhir dalam jumlah yang signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya.

Contoh: memodifikasi lembar kerja Excel dan Access dengan pemrograman sederhana untuk membuat laporan pekerjaan sehari-hari.

 

PHP ( PHPHyepertext Processor)

 

PHP adalah singkatan untuk PHP: Hypertext Preprocessor, bahasa interpreter yang mempunyai kemiri pandengan Bahasa-C dan Perl yang mempunyai kesederhanaan dalam perintah namun memiliki kemampuan yang memadai untuk menangani keamanan proses yang terjadi dalam suatu website. Alasan pertama Adalah untuk memenuhi kebutuhan user(user requirement), alas an kedua, PHP secara universal sering digunakan oleh para pengembang aplikasi berbasis web sehingga mudah mencari referensi apabila ditemukan kelemahan atau bugs pada penggunaan PHP.PHPmemiliki fungsi-fungsi yang mendukung konektivitas dengan berbagai DBMS seperti MYSQL, MSSQL.

 

Microsoft SQL Server

 

Microsoft SQL Server 2000 merupakan sistem manajemen basis data yang memakai perintah- perintah Transact-SQL untuk mengirim perintah dari komputer client ke komputer server. Transact-SQL adalah bahasa SQL yang dikembangkan Microsoft. Microsoft SQL (MSSQL) Server 2000 berisi data base, mesin database, dan aplikasi yang diperlukan untuk mengelola data dan komponen-komponennya.

 

JavaScript

 

JavaScript merupakan bahasa script yang dikembangkan Netscape dimana menyediakan fasilitas pemrograman untuk lingkungan browser web, membuat web menjadi lebih dinamis dan atraktif, membuat aplikasi berbasis web bereaksi terhadap suatu event dalam halaman web, berguna dalam validasi data yang akan dikirimkan ke server.

 

Macromedia Dreamweaver

 

  • Macromedia Dreamweaver adalah suatu aplikasi untuk membantu programmer dalam membuat sistem antar muka (interface) aplikasi berbasis web.
  • Tools ini memiliki parser library untuk mengenali bahasa html, php, dan lain-lain sehingga membantu programmer dalam mengetik kode program.
  • Tools ini juga memilikifitur-fitur yang memper mudah perancangan antar muka pengguna dari aplikasi berbasis web.
  • Tools ini mendukung pembuatan CSS yang dapat digunakan untuk stylesheet dari dokumen web yang dibangun.