Comments Off on Perangkat Keras

Perangkat Keras

2018
05.31
  • Teknologi Informasi

– Bentuk teknologi untuk menangani informasi yang diinginkan.

  • Sistem Informasi

– Integrasi komponen pemrosesan, penyimpanan dan diseminasi informasi dalam suatu organisasi.

– Studi interdisiplin suatu sistem untuk menyediakan informasi pada suatu organisasi.

– Salah satu unsur diantaranya adalah TI

Contoh TI dan SI

  • TeknologiInformasi

– PerangkatKeras (PC, Unix Server, Router)

– PerangkatLunak (e-mail, Windows, Internet, Word Processing)

– Consumer devices (mobile phone, token)

  • SistemInformasi

– File systems, databases, e-mail servers/clients

– E-commerce – SAP (ERP)

PengertianKomputer

Komputer adalah serangkaian peralatan elektronika yang terpadu dan bekerja sama dengan koordinasi oleh suatu system operasi. Dengan demikian Komputer terdiri dari dua kelompok perangkat :

  1. Perangkat Keras

Contoh (PC,UnixServer,Router)

  1. Perangkat Lunak

Contoh (e-mail,Windows,Internet,Word Processing).

Pengertian Input Unit (AlatMasukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer. Didalam system computer signal input berupa data yang dimasukkan kedalam system komputer, sedangkan maintenance Input berupa program(di-klik) yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Alat Input sendiri juga dibagi menjadi2 :

  1. Alat input langsung

Dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).

  1. Alat input tidaklangsung

misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartuplong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum di proses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau hard disk) sebelum diproses lebih lanjut.

 

Processor

Processor merupakanotak system komputer, dan tempat pemroses intruksi-intruksi program. Processor memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. Dan processor mempunyai beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas utama dari CU (Control Unit) adalah Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, Mengambil intruksi-intruksi dari memori utama, mengambil data dari memori utama untuk diproses, menyimpan hasil kememori utama.

 

Memori

Memori terbagi dua bagian: memori internal (ikut bekerja dalam unit pemroses) dan memori eksternal (bertindak sebagai penyimpan data/storage unit). Memori Internal ada 2 yaitu:

  1. RAM ( Random Access Memory )

Yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pengolahan data dan sifatnya untuk sementara waktu

 

2. ROM ( Read Only Memory)

Yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

 

Storage unit disebut juga sebagai memori eksternal. Memori ekstern aladalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama. Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk, hard disk, cd-rom, dvd, dan flash disk.

 

FungsiKomputer

  • Sebagai infrastruktur utama Sistem Informasi
  • Sarana untuk mengolah data menjadi informasi.
  • Sarana untuk memberikan/menyebarkan informasi.
  • Sarana memperoleh informasi dengan cepat.
  • Memberikan pengaruh yang cukup besar dalam penghematan dan efisiensi waktu