Daftar Perjalanan Yang Tidak Perlu

Black Steel Lamp Post

Saking macetnya Jakarta, helikopterpun dijadikan alternatif transportasi yang bisa dengan cepat mengantarkan dari satu helipad ke helipad yang lainnya. Dari helipad ke lokasi pertemuan? Ya tetap macet juga.

Alternatif lain bagi warga Jakarta yang tidak punya akses ke helikopter tapi punya mobil adalah mempunyai supir. Maksudnya agar tidak kelelahan dan stress berlebihan menghadapi macet.

Seperti yang pernah saya tulis dan sering saya diskusikan, baik di forum formal maupun informal, kemacetan ini harus dilihat esensinya. Yang tidak lagi perlu ditambahkan di tengah kemacetan ini adalah perjalanan-perjalanan YANG TIDAK PERLU.

Berikut ini adalah daftar versi saya mengenai perjalanan yang tidak perlu, dan bisa digantikan lewat pemanfaatan Internet:

  • Datang ke Sudirman-Thamrin (atau pusat kota) untuk ke kantor, tetapi di kantor hanya lebih banyak berhadapan dengan komputer daripada berinteraksi langsung dengan karyawan lainnya.
  • Pertemuan-pertemuan yang bisa diselesaikan lewat diskusi di instant messenger, telepon atau konferensi video.
  • Konsultasi hukum, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.
  • Sidang pelanggaran ringan lalu-lintas yang dendanya bisa dibayarkan melalui transaksi online.
  • Demonstrasi masal, digantikan petisi online.
  • Datang ke ATM atau bank untuk melakukan transaksi non-tunai.
  • Pembayaran tunai untuk listrik, telekomunikasi dan air.
  • Pelaporan dan pembayaran pajak.
  • Mengambil rapor anak, karena sekolah tidak dirancang untuk punya lapangan parkir yang luas dan kedua, kalau gurunya ditanya jawabannya melihat dari catatan di rapor juga. Kalau sekolah bisa punya portal yang memberikan kesempatan bagi orang tua dan murid untuk berkomunikasi interaktif akan lebih menarik.
  • Memperpanjang KTP, SIM, STNK dan paspor.
  • Mengurusi masalah perijinan-perijinan yang sebenarnya sudah bisa dijalankan lewat Internet
  • Penandatanganan persetujuan secara fisik, padahal persetujuan dalam softcopy sudah bisa menjadi bentuk yang sah
  • Mengantri membeli tiket transportasi publik yang bisa didapat lewat situs web
  • Berbelanja rutin yang barang-barang dan ukurannya selalu sama.
  • Datang ke game station agar dapat bermain secara online.

Kalau teman-teman punya daftar yang lain, silakan tambahkan.

Baca juga :

Slim Armor, Casing Cantik Untuk Samsung Galaxy S4

Case Slim ArmorSlim Armor, Casing Cantik Untuk Samsung Galaxy S4. Membahas tentang seputar Samsung Galaxy S4 memang tidak ada habisnya mulai dari spesifikasi hingga aksesoris yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S4 tersebut. Pada postingan minggu yang lalu kami membahas sebuah casing yang terbuat dari bahan kulit yang juga di khususkan untuk produk Galaxy S4.

Diberbagai situs penjualan online berbagai tipe dan jenis yang dapat kita jumpai untuk produk casing Samsung Galaxy S4. Diantara berbagai produk tersebut antara lain i-Blason armadillo, OtterBox, TonCase Wooden, dan Slim Armor ada satu produk yang unik yaitu TonCase Wooden casing yang mempunyai corak seperti kayu ini terlihat sangat unik bila di pasangkan pada Galaxy S4. Namun untuk kali ini kita akan bahas bukanlah TonCase Wooden akan tetapi Slim Armor.

galaxy s4 case slim armor view infinity white img01 1 300x300 Slim Armor, Casing Cantik Untuk Samsung Galaxy S4

Untuk masalah kecanggihan teknologi yang dimiliki Samsung Galaxy S4 mungkin sudah tidak di ragukan lagi akan tetapi untuk lebih mempercantik dan meningkatkan perlindungan terhadap produk Galaxy S4 tersebut diperlukan Slim Armor. Casing Slim Armor ini adalah casing pelindung yang terbuat dari bahan polycarbonate.

Baca juga : Download Mockup Case HP

Casing ini dapat membukan dan menutup kesamping, dan pada saat menutup tombol home tetap tampak pada permukaan. Jadi pada saat anda mendapat panggilan masuk anda tidak perlu lagi membuka penutup casing tersebut tetapi anda bisa langsung menerima panggilan meskipun casing tersebut dalam keadaan tertutup.

spygen sgp Galaxy S4 Case Slim Armor View  300x224 Slim Armor, Casing Cantik Untuk Samsung Galaxy S4

Ada satu hal yang unik dari produk Slim Armor ini yaitu terletak pada bagian sisi depan, dimana pada saat anda menutup casing tersebut maka pada bagian layar terdapat sebuah jendela dimana ada tetap dapat melihat jam dan nama yang tercantum pada panggilan masuk anda. Semoga anda pun tertarik untuk menggunakan Slim Armor, Casing Cantik Untuk Samsung Galaxy S4.

Baca juga :

Sentri, Perangkat Cerdas Yang Mengamankan Rumah Anda

perangkat cerdas keamanan rumah

Sentri merupakan perangkat cerdas yang dikembangkan dari sistem keamanan tradisionoal yang akan memberikan sudut pandang berbeda pada rumah anda. Perangkat ini akan menjaga segala sesuatu yang berada di rumah anda dengan cara melacak kondisi fisiknya. Sentri hadir dengan kamera video HD dan detektor gerakan dan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan sistem keamanan khas. Selain itu, perangkat cerdas ini juga akan mengukur dan menampilkan keadaan lainnya di rumah anda seperti keadaan suhu, tingkat kelembaban, dan kualitas udara.

Selain itu, layar ramping dan antarmuka pengguna yang elegan dirancang untuk memantau seluruh keadaan rumah Anda dan akan memberikan ketenangan pada anda saat anda bepergian atau di mana pun anda berada dengan mengongontrolnya melalui perangkat mobile. Sentri akan memberikan peringatan bila mana terjadi penyimpangan di rumah anda, apakah itu dipicu oleh gerakan yang tidak terduga yang bisa menandakan gangguan atau fluktuasi suhu yang mendadak yang bisa berarti itu merupakan titik awal terjadinya kebakaran.

Photo main

Tidak seperti sistem keamanan tradisional yang membutuhkan waktu untuk mengaturnya dan dengan biaya penginstalan yang cukup mahal hingga $1000 di samping biaya servis bulanan. Sentri dapat digunakan tanpa membutuhkan jasa instalasi profesional, yang anda butuhkan hanya mencolok, menyalakan dan menghubungkan dengan jaringan internet (wi-fi) yang ada di rumah anda. Dengan perangkat cerdas sentri, kita dapat membayangkan sebuah perangkat yang terpasang tetap secerdas anda. Tidak hanya menampilkan kondisi di rumah anda, namun juga mengambil keputusan yang tepat untuk menjaga dan memastikan kondisi keamanan selama anda berada di luar rumah.

Bagaimana Cara kerja Perangkat Cerdas Sentri ini?

Sentri dirancang untuk dipasang bukan sebagai gadget teknologi lain, tetapi sebagai monitor cerdas dan terus-menerus memantau kondisi rumah anda dan juga dapat disesuaikan untuk merespon kebutuhan unik untuk menciptakan sebuah kondisi rumah yang lebih aman.

Ketika anda berada di tempat yang jauh dari rumah yang dalam kondisi kosong dari penghuni, sistem yang terpasang pada Sentri akan memberitahukan anda setiap penyimpangan yang terjadi, apakah itu dipicu oleh gerakan yang tidak terduga seperti pengunjung yang tidak diinginkan atau peningkatan suhu mendadak yang menandakan titik awal dari api. Sehingga anda selalu mendapatkan update informasi dari rumah anda.

Sentri akan mengirimkan sinyal peringatan melalui ponsel atau smarphone yang telah diinstal dengan aplikasi sentri dan telah dihubungkan dengan perangkat unik tersebut. Ketika terjadi kondisi penyimpangan di rumah anda, maka sebuah nada dan tampilan peringatan akan langsung tampil di ponsel anda, anda akan melihat jenis peringatan yang disampaikan dan dapat mendeteksinya secara langsung melalui kamera pada Sentri yang terpasang di rumah anda. Ketika keadaan darurat, anda bisa menghubungi orang terdekat atau tetangga untuk memeriksa keadaan tersebut.

Selain peringatan otomatis, anda juga dapat mengecek kondisi rumah anda secara manual melalui ponsel dan memantau setiap ruangan melalui kamera yang terpasang pada Sentri. Anda juga dapat memasang sebuah colokan khusus sentri dan menghubungkannya dengan perangkat di rumah anda seperti lampu, televisi, komputer dan lain-lain. Dengan begitu, anda dapat menghidupkan dan mematikan perangkat tersebut dari jarak jauh, seperti halnya anda ingin menghidupkan lampu taman di kala senja hari dan mematikannya pada waktu pagi hari, sehingga kondisi rumah anda tetap tampak berpenghuni. Perangkat Cerdas Sentri ini dapat anda peroleh melalui pre-order di Kickstarter.

Baca juga :

Cara Belajar Skateboard Dengan Cepat

skateboard unikBanyak metode yang digunakan untuk belajar skateboard saat ini, mulai dengan bimbingan instruktur, menonton video tutorial, hingga belajar otodidak. Kali ini kita akan mambahas sebuah cara unik untuk belajar bermain skateboard yakni dengan perlengkapan tambahan pada roda skateboard yang bernama SkaterTrainer. Alat ini akan membantu anda untuk belajar bermain skateboard tanpa bantuan pembimbing sekalipun dan memiliki tingkat resiko yang sangat kecil karena kita tahu bahwa belajar main skateboard itu penuh dengan resiko jatuh yang menyebabkan luka/leceh bahkan hingga patah tulang.

Mungkin selama ini anda mencoba belajar main skateboard diatas rumput untuk mencegah agar roda tidak mengelinding ketika anda mencoba melakukan atraksi melompat dengan skateboard dan menghindari agar anda tidak mudah terjatuh ketika latihan. Sebuah terobosan baru diciptakan yang bernama SkaterTrainer yang memberikan anda kemudahan dalam berlatih dan mencegah roda skateboard berputar, sehingga memungkinkan praktek stasioner di permukaan apapun. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat resiko ketika anda belajar bermain skateboard dan mempercepat anda menguasai sebuah trik baru pada permainan papan seluncur yang satu ini.

Buy SkaterTrainer 2.0

Desain alat untuk belajar Skateboard ini cukup sederhana yakni berupa karet dengan penampan berbentuk segiempat yang dapat ditempelkan pada roda skateboard. Dan dengan begitu, roda skateboard tidak akan mudah berputar ketika anda berada di atas papannya dan anda dapat melakukan berbagai trik baru yang bisa langsung anda praktekkan tanpa perlu cemas roda akan berputar atau jatuh pada saat anda melakukan latihan.

Pencipta alat untuk Belajar Skateboard ini berjanji bahwa perangkat yang mereka buat ini akan cocok pada hampir semua jenis roda pada papan skateboard besar maupun kecil, meskipun saat ini tim belum merilis set SkaterTrainer untuk semua jenis roda skateboard. Dan mereka juga bahwa karet yang digunakan untuk membuat mereka cukup tahan lama dan sangat elastis.

Saat ini SkaterTrainer hanya tersedia pada situs resminya dan anda dapat membeli langsung di sana dengan harga spesial untuk saat ini yakni $19,9 per set dari harga normal $30. Gratis untuk pengiriman di wilayah Amerika Serikat dan jika anda berada di luar Amerika akan dibebankan biaya tambahan sebesar $7. Silahkan kunjungi situs resminya langusn di www.skatertrainer.com untuk mendapatkan alat untuk belajar skateboard ini.

Baca juga :

Fungsionalitas Dibalik Kesederhanaan

orange wall paint

Kadang, tampil sederhana itu lebih baik daripada tampil “wah”.

Barusan beli Apple Remote di Velocity. Liat sana, liat sini produk-produk disana. Hmm..Satu kata. Produk Apple itu desainnya memang simple. Sederhana. Tapi dengan fungsionalitas yang teruji juga.

Coba liat desain iPod, dari generasi pertama sampai generasi iTouch. Sederhana tapi elegan dan gak berkesan murahan. Tanpa banyak tombol, hanya terdiri dari layar besar dan click wheel (sebutan Apple untuk tombol navigasi iPod-nya), iPod “meledak” di pasaran. Desainnya banyak ditiru produk-produk mp3 atau mp4 lokal.

iPod generasi sekarang, iPod Touch tampil lebih sederhana lagi. Dengan bermodalkan layar besar dan satu tombol di depan saja, iPod Touch juga laris dipasaran. Tapi walaupun menyederhanakan tampilan, bukan berarti fungsinya juga berkurang. Apple mengaplikasikan teknologi touchscreen yang menurut saya mengagumkan.

Contoh lagi. GOOGLE. Apa yang anda ketikan pertama kali ketika mencari sesuatu di internet ?? Yups, Google adalah penguasa 94% pasar search engine di Indonesia saja. Sampai-sampai tercipta jargon, “Googling aja!!” atau “Tanya Om Google dong!!”.

Google adalah sebuah anomali dalam dunia desain.google Alih-alih membuat desain website yang menawan, Google justru meniadakan itu. Ketika kita memasuki halaman Google, kita “hanya” akan langsung disambut tulisan Google yang warna-warni, sebuah text-box dan dua button. Terkesan sangat ogah-ogahan. Tapi justru kesederhanaan itulah yang memikat penggunanya. Dengan tampilan yang sederhana itu, halaman Google justru bisa diakses lebih cepat. Selain itu, walaupun tampil sederhana, Google tidak melupakan fungsionalitas dari sebuah search engine. Dengan index database yang luar biasa, seolah-olah semua yang ditanyakan di Google akan dijawab.

Terkadang, kesederhanaan itulah yang kita butuhkan. Tak perlu “njelimet”, asal fungsionalitas terjaga, ya oke-oke saja. Jangan kayak blog ini, udah desain “njelimet”, tapi tetep sepi 😀

Baca juga :

Backup Data Sebelum Install Ulang Windows

Pada dasarnya setiap pemilik dan pengguna komputer pastilah mempunyai data yang dianggap penting, seperti dokumen, foto, aplikasi, email dan bahkan sudah memilah-milah dari sekian banyak file yang ada untuk di-backup terlebih dahulu di flashdisk, external hardisk, bahkan di komputer lain. Tapi bagaimana kalau semuanya penting? Tentu akan memakan waktu yang sangat lama untuk memindahkan seluruh data tersebut.

photo of optical disc drive

Proses menginstal ulang Windows sendiri menjadi salah satu solusi dari sekian banyak alasan dan tujuan pengguna untuk mendapatkan performa yang lebih baik dan menjadi urgent mengingat perkembangan teknologi komputer jaman sekarang.

Image-based Backup

Windows sebenarnya mempunyai tool backup yang built-in, sayangnya tidak tersedia di semua versi. Untuk tools yang “gratis”, user-friendly, optimal dan up-to-date, Macrium Reflect Free (http://goo.gl/vSVR1) bisa menjadi referensi. Prinsip kerjanya adalah mengkloning(copy) seluruh / sebagian isi hardisk / partisi.

Mulailah dengan menginstal Macrium. Setelah selesai, jalankan program dan biarkan proses mendaftar melalui internet untuk mendapatkan License NO. Ketika layar utama muncul, klik ‘Create an image of the partition(s) required to backup and restore Windows‘ pada bagian Backup Task. Pastikan MBR Disk (biasanya partisi C:\) dicentang pada bagian Source. Bagian Destination adalah tempat file backup kamu tersimpan. Pastikan untuk memilih Folder (harus di partisi yang berbeda, D:\ atau harddisk external) atau CD / DVD burner (tidak dianjurkan untuk pengguna Vista dan 7). Kemudian klik ‘ Next‘ diikuti oleh ‘Finish‘ dan ‘OK‘ untuk memulai proses backup.

Setelah selesai, klik menu Other Tasks dan klik ‘Verify‘ untuk memeriksa file backup tidak korup, kemudian masukkan CD atau DVD kosong ke CD/DVD drive lalu pilih ‘Other Tasks -> Create Rescue Media‘. Lalu akan muncul Rescue Media Wizard, biarkan pilihan default pada Linux dipilih lalu ‘Next‘, klik ‘Advanced‘ centang ‘Compatibility Mode‘ dan kemudian klik ‘Finish‘ untuk membuat CD/DVD rescue.

CD ini akan sangat berguna bila terjadi hal buruk saat proses instalasi komputer dan bahkan bisa untuk backup di hari-hari selanjutnya bila komputer mengalami masalah. Anda harus boot dari CD rescue bila ingin mengembalikan Windows System seperti saat sebelum membuat CD tersebut.

Untuk Partisi di luar System Windows(biasanya untuk tempat simpan data) bisa dibackup dengan menggunakan ‘Image all local drivers on this computer’ pada bagian Backup Tasks. Caranya kurang lebih sama dengan yang diatas, hanya saja perlu dipertimbangkan untuk memilih partisi satu persatu atau seluruh partisi yang berisi data untuk dibackup. Untuk file backup yang berisi data tidak perlu dilakukan proses Create Rescue Media. Baca : Template Sertifikat cdr

File-Folder Compress Backup

GFI Backup Freeware yang tersedia secara gratis dari www.gfi.com/pages/backup-free.asp. Aplikasi yang satu ini berguna apabila Anda hanya ingin membuat backup data yang keberadaannya tersebar di banyak tempat pada komputer. GFI Backup Freeware juga menyediakan fasilitas Compress untuk memperkecil ukuran file backup yang akan dibuatnya. Sayangnya untuk mendapatkan aplikasi ini Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Disarankan untuk menggunakan setiap teknik backup data yang ada untuk keamanan ekstra. Seperti kata pepatah lama – Sedia Payung Sebelum Hujan.

Cara Merubah Hostname di GNU/LINUX Ubuntu

Sebelumnya apakah anda sudah tau apa itu Hostname? Hostname ialah nama komputer, Jika anda menginstall ubuntu di komputer anda, maka anda memerlukkan NAMA. nah, nama nya itu disebut dengan Hostname. Hostname sifat nya sementara sobat, dan bisa diganti sesuai keinginan kamu. Hostname ini biasanya muncul di terminal setelah ada tanda @(@hostname).

Buat anda yang sedang mencari bagaimana cara mengganti nama hostname tersebut, kamu solusi nya buat anda. Yaitu dengan 2 cara, diantaranya:

  • Menggunakan GUI
  • Command Line

Pada artikel kali ini, kita akan menggunakan 2 cara tersebut. Perlu anda ketahui, cara ini juga bisa diterapkan pada debian, linux mint dan Distro distro lainnya. Hal ini dikarenakan konfigurasi nya sama saja.

Oh ya, fungsi dari Hostname ini yaitu sebagai identitas pada suatu komputer yang terkoneksi kedalam sebuah jaringan selain IP Address dan Mac Address..

Cara Merubah Hostname di GNU/Linux Ubuntu

Sebelumnya lihat gambar di bawah ini terlebih dahulu untuk menghentaui apa itu User name dan Host name

Berikut hostname yang ditampilkan pada terminal linux.

Nah itu dia contoh dari user name dan hostname nya. Kita bisa lihat, untuk geek ialah USERNAME nya dan @latitude-E6220 adalah HOSTNAME nya. Baca : Mentahan background racing

Untuk mengganti username dan hostnamenya anda bisa lihat pada cara di bawah ini:

Mengubah HOSTNAME menggunakan GUI

Menggunakan GUI adalah cara yang paling mudah, yang pertama yang harus anda lakukan ialah membuka System Setting. Setelah itu pilih Details.

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya…

Disini anda akan melihat kolom untuk mengubah device name. Ubah pada Device Name. Lihat pada gambar di bawah ini:

Nah, jika sudah klik Instal Update…

Jika sudah, silahkan chek hostname anda pada terminal. Jika berhasil maka akan berubah seperti pada gambar di bawah ini:

Jika sudah berhasil maka tampilan nya akan seperti gambar di atas. Ia akan berubah nama nya sesuai yang anda inginkan.

Selanjutnya kita akan menggunakan terminal untuk mengubah hostname, Dengan perintah sebagai berikut.

Merubah Hostname Menggunakan Terminal

Berikut perintah dari mengubah hostname di terminal, Pertama. Buka terminal anda dulu, kemudian ketik perintah di bawah ini:

sudo nano /etc/hostname

Jika sudah anda akan di arahkan ke bagian berikut:

Ubah sesuai keinginan anda. Untuk di atas, saya mengubah nya menjadi pintar komputer. Setelah itu, restart linux anda atau komputer anda. Jika berhasil maka gambarnya akan seperti gambar di bawah ini:

Nama hostname nya sudah berubah menjadi pintarkomputer … Artinya anda sudah berhasil merubah hostname anda.

Sekian artikel mengenai cara merubah hostname pada linux ubuntu / GNU… semoga bermanfaat bagi anda, dan jika kamu suka dengan artikel ini silahkan share keteman teman anda agar dapat membantu mereka dalam kesulitan. sekian dan terimakasih…

RelatedBackup Data Sebelum Install Ulang Windows

Go to Top