Keberhasilan Ecommerce

April 18th, 2021

Keberhasilan Ecommerce

Traveloka

Traveloka terus mendominasi pasar kaum milenial. Hal tersebut terlihat dari sebuah hasil penelitian berjudul Perilaku dan Preferensi Kaum Milenial dalam Bidang Aplikasi E-Commerce pada Tahun 2019 yang dilakukan oleh Alvara Research pada bulan April 2019.

Survei tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi ciri khas dari kaum milenial, serta bagaimana ciri-ciri tersebut dapat terlihat dari preferensi e-commerce pada saat transaksi e-commerce terus meningkat dengan cepat. Survei tersebut mempertimbangkan beberapa indikator, seperti tingkat kesadaran merek, kepuasan pelanggan, serta tingkat loyalitas konsumen terhadap aplikasi-aplikasi top e-commerce.

Survei yang diwakili oleh 1.204 responden dari generasi milenial ini menunjukkan Traveloka sebagai aplikasi pemesanan tiket dan hotel terpopuler di mana konsumen menyatakan akan terus menggunakan aplikasi tersebut ke depannya. Hasil riset ini juga menunjukkan Traveloka telah digunakan oleh 79 persen responden, sebuah angka yang mendominasi aplikasi pemesanan hotel dan tiket lainnya seperti Tiket.com (8,9%), Blibli.com (5,6%), KAI Access (3,2%), dan Airy (2,4%).

Kesuksesan tersebut dapat dicapai karena aplikasi Traveloka memiliki kekuatan merek yang tinggi, dari segi image, loyalitas pelanggan, tingkat kerja sama, serta kinerja perusahaan. Lebih lanjut, survei tersebut juga menunjukkan Traveloka menjadi aplikasi traveling yang paling banyak terbesit di pikiran responden saat ditanya soal aplikasi traveling di mana 76,6 persen responden menyatakan akan menggunakan Traveloka lagi di masa yang akan datang.

Hasil survei kuantitatif menunjukkan Traveloka mendapat nilai tertinggi dalam kategori kepuasan pelanggan. Dibandingkan dengan perusahaan aplikasi pemesanan hotel dan tiket lainnya, Traveloka mendapatkan net promoter score (NPS) tertinggi. NPS mengukur seberapa jauh seorang pengguna akan merekomendasikan aplikasi tersebut ke pihak lain.

Secara keseluruhan, analisis dari survei tersebut mengungkapkan suatu faktor yang mendasari kesuksesan aplikasi e-commerce. Terungkap kesadaran merek atau prestasi merek adalah faktor penting sehingga hal ini dapat menentukan bagaimana kaum milenial berinteraksi serta memilih aplikasi e-commerce.

Dalam era teknologi di mana e-commerce semakin diminati, serta milenial semakin selektif dalam keputusan pembelian, branding menjadi faktor diferensiasi yang amat penting bagi suatu perusahaan teknologi.

Hingga saat ini, aplikasi Traveloka sudah diunduh lebih dari 40 juta kali sehingga menjadikan Traveloka sebagai aplikasi pemesanan perjalanan & gaya hidup terpopuler di kawasan Asia Tenggara. Keberhasilan Traveloka dalam memperluas penawaran produk menjadi suatu keunggulan kompetitif di mana Traveloka dapat memperkuat persepsi brand serta jumlah pengguna.

Persepsi brand yang kuat akan meningkatkan loyalitas dan tentunya tingkat referensi pelanggan, hal tersebut akan terus memperkuat Traveloka untuk menarik kaum milenial di Indonesia dan menjadikan Traveloka sebagai aplikasi pemesanan tiket dan hotel terpilih bagi generasi milenial dari sisi travel dan lifestyle.

 

Shoppe

Shopee berhasil mengukuhkan diri sebagai e-commerce paling populer di Indonesia pada kuartal keempat (Q4) 2019. Anak usaha SEA Group itu unggul dalam jumlah pengguna bulanan hingga jumlah unduhan aplikasi selama periode tersebut dibanding e-commerce lainnya. Dilansir dari laporan iPrice yang menggandeng App Annie dan SimilarWeb dalam laporan Peta e-Commerce Indonesia Q4 2019. Laporan ini bertujuan untuk mengetahui peringkat aplikasi e-commerce di Indonesia dan menganalisis jumlah pengunjung masing-masing.

Laporan ini menyebut sejak kuartal kedua (Q2) 2019, kinerja e-commerce yang berkantor pusat di Singapura ini terus naik. Data iPrice menunjukkan jumlah pengunjung bulanan Shopee telah melebihi Bukalapak pada kuartal pertama 2019.

Pada kuartal sebelumnya Shopee hanya memiliki 19% market share, kini meningkat menjadi 21%. Total pengunjung Shopee pada kuartal ini yaitu sebanyak 55.964.700. Pada kuartal sebelumnya Shopee juga mengalami peningkatan total jumlah pengunjung sebanyak 16 juta,” tulis iPrice dilansir dari CNBC Indonesia.

Lonjakan ini terus berlanjut hingga menggeser Tokopedia di posisi puncak pada kuartal keempat 2019. Lonjakan di kuartal keempat ini disebut berkat keberhasilan Shopee memaksimalkan periode sale seperti kampanye 11.11 dan 12.12.

Laporan iPrice juga menyebut bulan Desember menjadi puncak kesibukan bagi e-commerce di Indonesia. Peningkatan kunjungan yang terjadi bisa mencapai 6% dibanding kuartal sebelumnya. Lalu pengguna terbesar e-commerce di Indonesia masih didominasi milenial dan Gen Z. iPrice mencatat setiap periode sale, kedua kelompok ini selalu berbelanja elektronik. Namun, saat periode sale menjelang Ramadhan, Gen Z lebih banyak mencari produk fesyen daripada milenial.

Milenial juga mengambil porsi 63% lebih tinggi dari Gen Z untuk urusan berbelanja online saat ada program sale. Perangkat mobile jadi pilihan utama dalam melakukan aktivitas belanja online dengan perbandingan rata-rata mencapai 9:1 terhadap para pengguna desktop.

 

Sumber:

https://www.wartaekonomi.co.id/read236872/traveloka-raih-predikat-aplikasi-tiket-dan-hotel-paling-diminati-milenial

https://money.kompas.com/read/2020/10/18/163800526/ada-banyak-lowongan-kerja-di-shopee-cek-syaratnya-?page=all