Windows sebagai sebuah operating system tentunya memiliki beberapa fitur atau program yang berfungsi untuk menjaga kestabilan system. Namun program-program system utility bawaan windows justru jarang digunakan oleh User komputer, karena banyak software-software system utility yang lebih powerfull, dapat di download di internet dengan berbayar maupun gratis. Diantaranya adalah Tune Up Utility yang memiliki beragam fitur untuk membuat Windows semakin bekerja secara efisien.

TuneUp Utilities 2004

TuneUp Utilities 2004 untuk Windows XP


Software ini seperti memasukan computer layaknya seperti melakukan tune up kendaraan anda dengan menghilangkan bagian yang tidak perlu pada sistem operasi Windows XP. Fungsi TuneUp Utilities adalah memperbaiki sistem inti dari software computer yaitu sistem operasi. Untuk Windows XP, registry program dan program yang telah disimpan pada sistem operasi terkadang tidak bersih dibuang. Khususnya driver yang masih tertinggal, tetapi software sistem operasi tetap saja melakukan loading. AKhirnya, data yang disimpan tidak lagi dijalankan. Sayangnya pelaksanaan pada start program menjadi terganggu dan terkadang menjadikan sistem operasi melakukan loading program yang tidak perlu sehingga memperlambat sebuah PC.

TuneUp Utilities 5 bagian dengan 3 bagian inti untuk melakukan tune up pada sistem operasi

Bagian Customize and Analyze


Pada bagian ini program TuneUp Utilities melakukan perbaikan pada system control, manager. Contoh saja, mereka yang ingin mempercepat dan membuang fungsi fungsi yang tidak perlu pada Windows XP seperti animasi, tip dan lainnya yang sebenarnya memudahkan bagi pemula tidak diperlukan lagi oleh seorang pemakai expert. Dan pada bagian inilah, langkah dari sistem operasi yang tidak perlu dapat dibuang. Misalnya membuang animasi, delay pada menu dan fade pada bar windows dihilangkan agar System Windows terlihat lebih cepat tanpa membuang waktu. Dibagian Custimize sebenarnya bisa dilakukan secara manual, hanya setting pada TuneUp Utilities jauh lebih teratur dan user mengetahui mana saja bagian yang tidak perlu diaktifkan.Untuk TuneUp StartUp Manager, bagian ini dapat melihat task pada program yang disembuyikan oleh System Windows. Contohnya program driver yang akan tampil pada task bar terkadang tidak diperlukan ternyata tetap saja muncul. Pada bagian ini lah user dapat memilih mana saja yang sudah tidak lagi dipergunakan dan Windows tidak perlu melakukan loading pada program yang tidak digunakan lagi. Tidak itu saja, pemakai juga dapat menambahkan program seperti meletakan short cut program pada folder startup. Hanya pada StartUp Manager, program dapat diloading seperti melakukan loading driver. Hal ini membuat program yang dimasukan pada StartUp Manager menjadi prioritas untuk dijalankan lebih dahulu dari program yang diletakan pada StartUp Folder dengan short cut.

WinStyler


Adalah bagian untuk bongkar pasang Icon. Pada bagian ini user dapat menganti gambar Icon yang diinginkan dan menganti nama fungsi dari icon masing masing.
Pada bagian WinStyler terdapat komponen yang cukup penting dan menarik. Bila anda click pada bagian Appearance, maka terdapat setting untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran icon. Setting ini sangat menarik, bila anda ingin memperkecil ukuran icon pada desktop karena layar anda yang terbatas, atau anda mengunakan layar berukuran besar dengan tingkat resolusi tinggi dan membutuhkan icon yang lebih besar juga. Pada setting ini juga dapat mengatur icon pada desktop agar lebih rapat. Tentu menarik bila rekan anda mencoba computer dan melihat icon pada desktop menjadi kecil dan rapat sambil menanyakan loh kok layar kamu resolusinya tinggi sekali. Padahal iconnya yang dirubah oleh program ini.
Bagian lain pada style ini adalah menganti tampilan depan layar ketika login windows

Bagian Clean up and Repair


Untuk TuneUp DiskCleanner adalah memfungsikan penghapusan sampah pada harddisks seperti sistem backup file, cache internet dan lainnya
Bagian TuneUp RegistryCleanner adalah bagian yang menarik. Bagian ini khusus untuk melakukan pemeriksaan file registry dari Windows dan membuang bagian yang tidak diperlukan. Terkadang sistem Windows meninggalkan begitu saja sampah dari install program dan TuneUp Utilities mencoba membersihkan sampah tersebut. Cara ini sama seperti mencari sampah atau melihat pada registry windows dengan menjalankan program Regedit. Tetapi TuneUp Utilities menjalankan secara otomatis dan membersihkan lebih cepat.

Optimize and Improve


Pertama adalah Tuneup memOptimizer, untuk mengosongkan memory dari sisa program yang telah diloading dan tidak diperlukan lagi. Program ini juga memberikan pilihan untuk dijalankan pada StartUp.
Kedua adalah TuneUp RegistryDefrag. Fungsinya menyusun urutan para registry seperti melakukan defrag harddisk.

TuneUp Undelete


Pada bagian terakhir dari program terdapat fungsi undelete file
Walaupun pada RecyleBin tidak mengaktifkan sistem backup ketika file terhapus tidak sengaja, dengan fungsi TuneUp Undelete dapat mengembalikan bagian file yang hilang. Pada bagian program ini juga dapat diketahui sebuah file yang telah dihapus dan mengembalikan file yang hilang. Tidak itu saja, program dapat diberikan option bila file yang terhapus hanya dicari yang masih dalam kondisi baik atau utuh, atau mencari file yang terhapus walaupun kondisinya sudah tertimpa oleh file lainnya.

Result


Pada artikel ini tidak dibahas keseluruhan fungsi program. Dari sebagian yang di coba, TuneUp Utilities 2004 adalah sebuah program yang memiliki manfaat untuk meningkatkan produktivitas seseorang. TuneUp Utilities 2004 tidak hanya mempercepat tampilan sistem operasi, juga bagian undelete yang terkadang perlu bila pemakai computer secara tidak sengaja terhapus. Untuk penilaian , TuneUp Utilities 2004 memiliki nilai manfaat sehingga kinerja sistem Windows tampil lebih baik

SUPER KOMPUTER

Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer dan juga dapat menyimpan program dan hasil pengolahan yang dapat bekerja secara otomatis. Berdasarkan ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah Super Komputer.

SUPER KOMPUTER

Super komputer merupakan salah satu dari jenis komputer yang memiliki kecepatan proses yang sangat tinggi. Super komputer biasanya dipergunakan di negara-negara maju atau perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti industri pesawat terbang Nurtanio. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.Salah satu contoh super komputer adalah Cray-2.

Ciri-ciri

  • Memiliki kemampuan yang sangat tinggi, seperti membaca atau menyadap berbagai data dari satelit
  • Kecepatan Proses yang tinggi
  • Menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan mainframe
  • Pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden.
  • Unggul dalam kecepataan dari komputer
  • menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit.
  • Menggunakan Hirarki pada memorinya didesain ini delakukan secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat
  • Sistem I/O didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.

Ditinjau dari segi fungsi atau Penggunaan, Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir, analisikrip. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama super komputer.

CONTOH SUPER KOMPUTER

Berikut ini ada beberapa photo menarik merakit SuperComputer di Eropa tepatnya di Research Institute Jülich Germany. SuperComputer ini mempunyai sebuah nama JUGENE

Spesifikasi hardware Jugene
– Based on IBM’s Blue Gene/P architecture.
– Computing capacity: 1 petaflop/second.
– That equals the computing power of more than 50,000 PCs.
– 294,912 processor cores.
– Processor type: 32-bit PowerPC 450 at 850 MHz.
– 144 terabytes of RAM.
– Mounted in 72 racks.
– Network bandwidth: 5.1 gigabyte/second with a 160 nanosecond latency.
– Power input: 2.2 megawatts.

ANALOG DAN DIGITAL

Dalam ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis dan hampir semua bidang usaha yang lain, kita selalu berhubungan dengan kuantitas. Secara mendasar ada cara dalam mempresentasikan kuantitas, yaitu secara analog dan digital. Pada representasi analog kuantitas diwakili oleh tegangan, arus atau gerakan meter yang sebanding dengan nilai kuantitas. Sebagai contoh adalah spidometer kendaraan bermotor. Sedangkan pada representasi digital kuantitas diwakili secara tidak proporsional tetapi oleh lambang yang disebut digit.Sebagai contoh jam digital yang menampilkan waktu dalam format digit desimal.

Definisi Teknologi Analog

Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua  bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier, suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus. Dengan menggunakan sinyal analog, maka jangkauan transmisi data dapat mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini mudah terpengaruh oleh noise.

Definisi Teknologi Digital

Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. Istilah digital telah menjadi bagian dari perbendaharaan kata kita sehari-hari. Sistem digital telah menjadi sedemikian luas hampir semua bidang kehidupan, dari komputer, piranti otomatis, robot, ilmu dan teknologi kedokteran sampai kepada transportasi, hiburan, penjelajah ruang angkasa dan banyak lagi.

Kelebihan System Digital

> Sistem digital secara umum lebih mudah dirancang
> Penyimpanan informasi lebih mudah
> Ketelitian lebih besar
> Operasi dapat diprogram
> Untai digital lebih kebal terhadap derau (noise)
> Lebih banyak untai digital dapat dikemas dalam keping IC

Perbedaan System Analog dan Digital

Perbedaan mendasar antara system Analog dan digital sebenarnya lebih kepada istilah dalam penyimpanan dan penyebaran data. Data Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi oleh faktor pengganggu(noise), sementara data digital adalah merubah data menjadi sederhana yaitu hanya terdiri dari 0 & 1, yang akan lebih mudah untuk di sebarkan secara mudah tanpa terjadi gangguan.