Keberhasilan Platform E-Commerce

April 18th, 2021

Lazada

 

Lazada merupakan salah satu marketplace yang memiliki nama cukup besar di Indonesia. Lazada sendiri memang merupakan salah satu platform yang menjual berbagai macam produk dan juga menawarkan beberapa keuntungan – keuntungan dalam berbelanja. Tak heran jika reputasi Lazada di Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

Untuk memenangkan persaingan antar e-commerce di tahun 2018 ini, Lazada memaparkan dan juga menjelaskan beragam strategi – strategi untuk dapat terus bertahan di tengah keras dan ketat nya persaingan e-commerce yang ada di Indonesia, yang terus memberikan perkembangan perkembangan pesat. Lazada sendiri memiliki strategi khusus untuk bertahan. Pihak Lazada mmyebutnya sebagai 3 pilar inovasi. 3 pilar inovasi ini dipercaya menjadi salah satu kunci bertahan nya Lazada di persaingan yang begitu ketat.

Lazada juga mengatakan pada hari belanja online nasional ( harbolnas ) 2017 lalu, Lazada meraih hasil yang luar biasa. Kemudian untuk tahun 2018 ini, Laxada menyiapkan 3 pilar inovasi yaitu mencakup penjual, pembeli, serta teknologi. Lazada menunjukkan penerapan ketiga pilar inovasi tersebut dengan memberikan pembaharuan – pembaharuan pada tampilan, baik daei siai tampilan di website atau pun melalui aplikasi mobile. Perubahan – perubahan tersebut akan dibedakan sesuai dengan minat masing – masing dari pengunjung Lazada. Tampilan yang diberikan akan lebih personal. Misal nya jika seseorang menyukasi bidang otomotif, maka tampilan Lazada akan banyak difokuakan pada tampilan otomotif nya.

Sementara pada bagian inovasi di sisi penjual, Lazada terus memberikan upaya terbaik bagi para penjual. Lazada memberikan dukungan kepada para penggiat UKM Indonesia melalui salah satu program dengan tajuk #UpgradeUKM. Melalui program tersebut, pihak lazada menginginkan para pelaku UKM yang masih bergerak secara offline kemudian dapat menuju ke arah online dalam menjalankan usaha nya. Sekira nya, terdapat total 29 kota yang nanti nya akan mendapatkan kunjungan dari lazada dalam peogram roadshow milik mereka. Roadshow tersebut bertujuan untuk melihat bagaimanakah potensi – potensi daei UKM yang berada di kota – kota tersebut. Lazada juga ingin memberikan edukasi mengenai jualan online kepada pihak UKM dan melihat apakah hal tersebut dapat diterapkan dan juga diterima oleh para pelaku UKM.

Sementara untuk inivasi bagi pihak pembeli, terdapat beragam program – program menarik si tahun 2018 ini. Beberapa waktu lalu, saat tahun baru China terdapat program borong shay, dimana program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi para pembeli. Selain itu, respon yang diterima pihak lazada juga sangat positif. Lazada memiliki komitmen untuk memberikan usaha – usaha terbaiknya dalam menjaga kualitas marketplace dan menjaga kepuasan pelanggan. Lazada terus melakukan perbaikan – perbaikan dan juga peningkatan dalam pelayanan dan kualitas barang.

 

OLX

OLX.co.id adalah platform jual/beli otomotif dan properti online terbesar, di Indonesia. Beroperasi sejak 2005, OLX memiliki jumlah pengguna terbesar yang menarik lebih dari setengah juta pembeli potensial setiap bulannya. OLX memberikan transaksi yang berkualitas bagi penjual, serta menyediakan pilihan otomotif dan property terlengkap bagi pembeli.

Pasca rebranding pada Mei 2014 lalu, OLX.co.id berhasil mempertahankan posisinya sebagai e-commerce jual beli online. Terbukti dengan meningkatnya brand awareness OLX.co.id dibandingkan saat masih menggunakan brand Tokobagus.com. Berdasarkan riset brand awareness yang dilakukan oleh lembaga riset metrixLAB, OLX.co.id menunjukkan posisi teratas atau top-of-mind sebagai situs online classified. Diungkapkan Alif Priyono, Chief Operating Officer OLX.co.id, berdasarkan riset yang dilakukan metrixLAB, brand awareness OLX.co.id berhasil menduduki posisi teratas yang sebelumnya diduduki oleh Tokobagus.com hanya dalam waktu 3 bulan setelah rebranding. “Ketika masih berdiri sebagai Tokobagus.com, brand awareness kami mencapai 56%, dan dalam kurun waktu 3 bulan setelah rebranding, data yang kami miliki menunjukkan bahwa top of mind awareness kami tumbuh menjadi 61%,” tambah Alif. Brand OLX.co.id sendiri, imbuhnya, secara resmi diluncurkan ke publik pada 20 Mei 2014. Untuk memudahkan konsumen dan sekaligus menumbuhkan awareness dengan perubahan nama Tokobagus.com menjadi OLX.co.id.

OLX memanfaatkan layanan Google Search. “Ketika pengguna mengetik “tokobagus”, maka pengguna akan menemukan OLX.co.id. Selain itu, ketika pengguna mengetik “www.tokobagus.com” di browser, maka akan diarahkan ke situs OLX.co.id secara otomatis,” jelasnya. Menurut Alif, kunci sukses rebranding OLX.co.id, selain karena komunikasi yang sederhana dan jelas, juga didukung dengan layanan terbaik, sama seperti sebelum rebranding dilakukan. Setelah sukses rebranding, OLX.co.id berkomitmen untuk tetap menyediakan platform yang nyaman bagi pengguna, baik untuk posting iklan ataupun yang mencari barang second hand. “Kami yakin bahwa OLX.co.id akan tetap menjadi platform pilihan bagi pengguna internet di Indonesia untuk menjual ataupun mencari barang bekas berkualitas tak terpakai. Keberhasilan rebranding OLX di Indonesia juga diikuti di beberapa negara lain seperti Thailand, Filipina dan beberapa negara lain di Eropa, India dan Amerika Latin,” tutup Alif.

 

Sumber :

http://barteritonline.com/strategi-lazada-dalam-memenangkan-persaingan-e-commerce/

https://mix.co.id/marcomm/brand-insight/marketing-strategy/cerita-sukses-dibalik-rebranding-olx-co-id/