Keberhasilan E-Commerce

April 15th, 2021

TOKOPEDIA

 

Tidak banyak perusahaan berangkat dengan idealisme yang kuat. Tokopedia merupakan salah satu di antara yang sedikit itu. Mereka bukan hanya dibangun untuk memanfaatkan momentum maraknya perdagangan elektronik, tetapi ingin menjadi bagian untuk memperkuat perekonomian masyarakat.

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Didirikan pada tahun 2009, Tokopedia bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya. (Wikipedia.com)

Awalnya Tokopedia dipakai sebagai tempat pertemuan antara pembeli dan penjual secara online, William menyebutkan hal itu sebagai fase ke satu. Fase selanjutnya yang ingin ia lakukan ke depan ialah bagaimana menyatukan online dan offline agar bisa saling memperkuat dan bahkan kelak ia berharap Tokopedia bisa ikut menyediakan kredit bagi para pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan diri. Visi untuk membantu orang lain dan jangan sampai ada orang yang tersingkir di era digital, itulah yang menjadi mimpi William. Ia tidak ingin seperti perusahaan lain yang berubah menjadi kapitalis dengan mengambil alih semua bisnis orang lain hanya karena memiliki big data dari perdagangan elektronik.

Menurut WartaEkonomi.co.id kesuksesan Tokopedia yaitu yang pertama tokopedia mempertahankan Inovasi karena Tokopedia percaya, dengan inovasi itu bisa membuat mereka lebih maju dan memantapkan langkah ke depan dan menggapi target. Lalu yang kedua Tidak berhenti belajar walaupun Tokopedia saat ini sudah sukses dan melejit tetapi ia tidak pernah berhenti belajar mempelajari hal baru agar bisa terus berinovasi dan belajar dari perusahaan lainnya yang telah memiliki pengalaman juga bukan langkah yang salah, justru dengan itu bisa membuat Tokopedia memiliki tolok ukur buat mengembangkan jaringan bisnis. Yang ketiga mendukung bisnis kecil yaitu dengan banyaknya para pebisnis dalam berbagai skala, termasuk bisnis kecil, Tokopedia mampu menjadi salah satu pasar online terbesar di Indonesia.

Sumber :

https://www.medcom.id/ekonomi/analisa-ekonomi/Rb13DL2K-belajar-dari-kesuksesan-tokopedia?__cf_chl_jschl_tk__

https://www.wartaekonomi.co.id/read216285/oalah-ini-rahasia-kesuksesan-tokopedia

 

SHOPEE

 

Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura di bawah naungan SEA Group, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. (Wikipedia.com)

Pada tahun 2019 menurut detik.com Shopee Jadi e-Commerce Terpopuler di Indonesia. Karena Shopee mengadakan periode sale seperti kampanye 11.11 dan 12.12 dan itu membuat Shopee menjadi e-Commerce terpopuler mengalahkan Tokopedia.

Menurut Boxme Homepage keberhasilan atau kunci kesuksesan Shopee yaitu yang pertama Mobile-first Initiative, seperti yang diungkapkan oleh kepala pejabat komersial Shopee, Zhou Junjie dalam wawancara baru-baru ini dengan The Post, terlambat ke industri bukanlah kerugian. Pendiri Shopee dapat mengamati pasar dengan cermat untuk mendeteksi tren yang sedang berlangsung, atau area yang dapat mereka lakukan secara berbeda dan lebih baik. Yang kedua yaitu Lokalisasi Shopee memiliki aplikasi yang berdiri sendiri untuk semua 7 negara tempat mereka beroperasi, memungkinkan mereka untuk membuat fitur spesifik pasar yang menarik bagi pelanggan di setiap pasar.Meskipun berada di satu wilayah besar, setiap negara Asia Tenggara berbeda dengan caranya sendiri mulai dari bahasa, mata uang, budaya, hingga perilaku pelanggan dan daya beli. Misalnya, untuk pasar Indonesia di mana mayoritas penduduknya beragama Islam, Shopee memiliki bagian khusus dengan produk-produk Islami yang melayani pelanggan. Di sisi lain, dengan pasar di mana selebriti memiliki pengaruh besar pada keputusan pembelian pelanggan seperti Vietnam dan Thailand, Shopee meluncurkan beberapa kampanye yang menampilkan selebritis sebagai duta merek.

 

Dengan memahami secara seksama tentang setiap pasar, Shopee dapat mengkhususkan penawarannya dan menarik pelanggan potensial pada skala nasional. Dan yang terakhir Promosi besar dan layanan bernilai tambah Shopee mengetahui hal ini dengan menciptakan banyak layanan bernilai tambah untuk memperkaya proses pembelian / penjualan bagi para penggunanya. Yaitu dengan menciptakan Umpan Shopee: Daftar produk favorit yang dipersonalisasi untuk pelanggan, Shopee Live Chat: Alat olahpesan bawaan, Shopee Live: Fitur Livestream yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk terlibat secara langsung, Shopee Mall: Pasar eksklusif untuk merek resmi dan penjual top dan Shopee University: Memberikan kursus dan tutorial bagi penjual untuk meningkatkan penjualan. Shopee baik-baik saja untuk startup E-commerce berusia empat tahun. Ketika pasar Asia Tenggara tumbuh lebih besar dari hari ke hari, strategi dan kampanye baru sedang dalam perjalanan untuk bersaing dengan pesaing lokal dan internasional.

Pada 27 maret lalu menurut kontan.co.id Shopee Bantu Erigo Tembus Pasar Ekspor dan kita tahu bahwa Erigo adalah salah satu brand fashion lokal Indonesia yang saat ini bisa memasuki pasar di Amerika Serikat. Dan itu juga menjadi salah satu yang dibanggakan oleh Shopee karena ia bisa selalu memberikan arahan, bimbingan, dan dukungan kepada produk Erigo untuk tetap berkarya dan tetap memberi wadah untuk tempat penjualannya.

Sumber :

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4943363/shopee-jadi-e-commerce-terpopuler-di-indonesia

https://blog.boxme.asia/id/3-faktor-kunci-yang-berkontribusi-terhadap-kesuksesan-shopee/

https://nasional.kontan.co.id/news/program-ekspor-shopee-bantu-erigo-tembus-pasar-ekspor

 

Hello world!

April 15th, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!