RSS
 

Ciri – Ciri Hamil Anak Perempuan

21 Sep

Kehamilan adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Setiap pasangan pasti tidak sabar menunggu kelahiran buah hatinya. Terkadang ketika masih di dalam perut saja mereka akan penasaran tentang jenis kelamin dari bayi yang dikandungnya.

Ada beberapa pasangan yang berharap diberikan anak laki-laki dan ada juga yang berharap diberikan anak perempuan. Jika Anda mengharapkan mempunyai anak perempuan, pada saat tahu hamil Anda mungkin harus segera ingin tahu tentang jenis kelaminnya dengan melakukan USG. Selain itu, ciri-ciri hamil anak perempuan bisa dilihat dengan sangat jelas selama masa kehamilan. Apa saja ciri-cirinya? Yuk simak penjelasan berikut ini ya.

18 Ciri Kehamilan Anak Perempuan yang Wajib Anda Ketahui

  1. Posisi Perut pada Saat Hamil

Ciri hamil anak perempuan bisa dilihat melalui posisi perut selama masa kehamilan. Apabila posisi perut Anda terasa di atas atau di tengah, maka hal ini menunjukan bahwa Anda sedang mengandung  bayi perempuan.

  • Morning Sickness

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap wanita yang hamil akan mengalami morning sickness. Morning sickness adalah sebuah tanda kehamilan yang mana membuat seorang wanita yang sedang hamil akan merasa mual di pagi hari dan akhirnya muntah. Morning sickness ini biasanya akan berlangsung mulai dari usia kandungan 2 bulan sampai dengan 9 bulan. Namun setiap orang berbeda kok lamanya. Bahkan ada juga  wanita hamil yang tidak mengalami morning sickness sama sekali.

Selain menandakan terjadinya kehamilan, morning sickness ternyata juga bisa digunakan sebagai penanda dari jenis kelamin bayi yang sedang dikandung juga loh. Jika Anda mengalami morning sickness yang berlebihan maka menurut penelitian Anda sedang mengandung anak perempuan. 

  • Denyut Jantung 

Pada dasarnya denyut jantung seorang wanita yang sedang mengandung berubah-ubah alias tidak stabil. Hal inilah yang mempengaruhi perubahan mood dan emosional pada seorang wanita yang hamil. Apabila denyut jantung Anda cenderung cepat dan tinggi yaitu kurang lebih 140- 150 per menit maka kemungkinan besar Anda sedang hamil bayi perempuan. Oleh karena itu Anda bisa mendeteksinya sendiri mengenai ciri hamil anak perempuan.

  • Muncul Masalah Kulit

Seorang wanita yang sedang mengandung akan cenderung mengalami berbagai macam masalah kulit. Hal ini karena pada saat hamil, hormon di dalam tubuh akan kurang stabil yang mana akan menyebabkan beberapa masalah kulit seperti jerawat dan kulit yang berminyak. Jika Anda mengalami masalah kulit yang berminyak secara berlebihan dan juga masalah jerawat yang lebih sering maka  bisa dipastikan sedang mengandung anak perempuan.

  • Cenderung Ingin Mengonsumsi Makanan Manis

Seorang yang sedang hamil hampir sebagian besar mengalami masa ngidam. Masa ngidam adalah sebuah fase ketika seorang wanita hamil ingin makan sesuatu yang mereka inginkan. Fase ngidam satu wanita dengan wanita lainnya berbeda-beda.  Ada yang berlangsung hanya sebentar tapi juga ada yang berlangsung selama masa kehamilan. Selain itu, makanan yang diinginkan juga berbeda-beda, ada yang suka makanan pedas, makanan manis, coklat, es krim dan sebagainya. 

Jika Anda cenderung ingin mengonsumsi makanan yang cenderung manis misalnya saja kue dan makanan yang mengandung gula, maka itu merupakan ciri hamil anak perempuan. 

  • Perubahan Mood 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang wanita yang sedang hamil pastinya akan mengalami perubahan mood. Mungkin mereka akan merasa senang dan tiba-tiba sedih dan lebih sensitif. Jika Anda sedang mengandung bayi perempuan maka bisa dilihat dari mood. Anda akan cenderung lebih cepat marah dan juga depresi selama masa kehamilan. Namun untuk kepastiannya Anda bisa cek melalui USG karena pada dasarnya semua wanita hamil cenderung emosinya akan meningkat.

  • Posisi  Suka Tidur

Seorang wanita yang sedang hamil akan sangat mudah kecapekan atau kelelahan. Salah satu pelampiasannya adalah dengan tidur. Namun pada saat tidur, wanita hamil pastinya akan sulit untuk menemukan bagaimana posisi tidur yang enak dan nyaman. Sebenarnya jika Anda mau memperhatikan, posisi tidur ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu penentu dari jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Apabila posisi tidur Anda cenderung dan dominan menuju sisi kanan maka bisa diprediksi Anda sedang mengandung bayi perempuan. Sebaliknya, jika Anda tidur lebih dominan ke kiri maka biasanya Anda mengandung anak l8. 

  • Keadaan Rambut

Karena adanya perubahan hormon, biasanya para ibu hamil tidak hanya mengalami perubahan mood namun juga mengalami beberapa masalah rambut. Apabila rambut Anda terlihat tipis dan kusam maka bisa diprediksi Anda mempunyai anak perempuan nantinya. Sementara itu, rambut yang cenderung berkilau menandakan bahwa Anda akan melahirkan anak laki-laki.

  • Warna Urine

Wanita yang sedang hamil akan sering bolak balik ke kamar mandi untuk pipis. Hal ini karena kandung kemih tertekan oleh janin yang mana bisa meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Namun tahukah Anda bahwa warna urine juga bisa dijadikan sebagai ciri hamil anak perempuan. Jika anak yang sedang Anda kandung berjenis kelamin perempuan maka, warna urine akan cenderung keruh atau kuning kusam. Sebaliknya jika jernih maka kemungkinan bayinya adalah laki-laki.

  • Akan Terlihat Lebih Anggun 

Pertanda bahwa Anda sedang mengandung anak perempuan bisa dilihat dari fisiknya selama masa kehamilan. Anda akan tampak lebih cantik dan anggun. Selain itu, Anda juga akan suka berdandan dan berubah menjadi manja.

  • Ukuran Payudara

Ukuran payudara pada wanita hamil juga akan mengalami perubahan, payudara akan semakin membesar dan puting juga akan menghitam. Jika Anda sedang mengandung anak perempuan maka bentuk payudara kiri akan nampak sedikit besar dibandingkan dengan yang sebelah kanan. Selain itu, jika terdapat peningkatan drastis dalam ukuran payudara itu juga merupakan ciri hamil anak perempuan.

  • Tes Menggunakan Bawang Putih 

Bawang putih memang menjadi salah satu bumbu dapur yang kaya akan khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, bawang putih juga bisa digunakan sebagai alat untuk mendeteksi kehamilan anak perempuan. Ketika makan bawang putih dan bau badan tidak berubah, itu mungkin menandakan hamil anak perempuan. Akan tetapi apabila bawang putih dengan sangat cepat membuat bau badan maka bayi yang Anda kandung adalah laki-laki. Namun cara ini kurang sedikit efektif untuk dilakukan.

  • Sering Mimpi Jenis Kelamin

Penentuan jenis kelamin juga bisa diprediksi melalui mimpi. Sering dikatakan bahwa mimpi itu menunjukan kebalikannya. Apabila Anda sering memimpikan bayi laki-laki maka Anda berarti akan melahirkan bayi perempuan. Mitos atau fakta tergantung kepercayaan setiap orang terhadap hal ini.

  • Minat Balita

Jika Anda mengalami kehamilan anak kedua maka Anda bisa melihat minat dari anak pertama Anda. Hal ini bisa dijadikan patokan loh dalam menentukan jenis kelamin bayi. Apabila anak anak Anda lebih suka dengan anak perempuan maka bisa jadi Anda sedang mengandung anak perempuan.

  • Berat Badan Calon Ayah

Pada dasarnya, banyak yang percaya jika calon ayah bertambah berat badannya saat sang istri sedang hamil maka kemungkinan akan melahirkan anak perempuan. Tapi hal ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya karena biasanya seseorang pria yang sudah menikah akan bertambah berat badannya.

  • Bentuk Hidung

Jika selama masa kehamilan tidak mengalami perubahan bentuk hidung maka kemungkinan besar Anda akan mengadung bayi perempuan. Namun jika ada perubahan bentuk hidung maka Anda diprediksi mengandung anak laki-laki.

  • Linea Nigra

Linea Nigra adalah sebuah garis gelap yang mana muncul pada bagian perut ibu hamil. Kemunculan Nigra ini juga bisa dijadikan sebagai penentu jenis kelamin juga loh. Jika garis terus terlihat di atas pusar sang calon ibu maka ia sedang mengandung bayi perempuan. Namun jika garis selesai di bawah pusar saja maka menandakan bayi yang dikandung laki-laki. 

  • Posisi Janin

Apabila posisi janin lebih tinggi di dalam rahim, maka ada kemungkinan Anda akan melahirkan bayi perempuan. Selain itu, jika bayi berada pada tengah-tengah perut bisa menjadi indikasi bahwa bayi yang akan Anda lahirkan adalah perempuan.  Namun nyatanya posisi kehamilan tergantung dengan kondisi bentuk tubuh dan juga bertambahnya berat badan. Demikian juga dengan bentuk perut tidak bisa dijadikan patokan untuk penentu jenis kelamin bayi. 

Tes Jenis Kelamin Secara Akurat

Setelah mengetahui mengenai ciri hamil anak perempuan yang sudah disebutkan diatas tidaklah sepenuhnya tepat. Namun ada salah satu cara yang lebih akurat dalam menentukan jenis kelamin bayi yaitu dengan menggunakan USG. Dengan USG Anda bisa melihat dengan jelas pada komputer mengenai jenis kelamin dari bayi yang sedang Anda kandung.

USG merupakan alat yang menggunakan gelombang suara frekuensi yang sangat tinggi sehingga bisa memberikan gambaran bayi yang ada di rahim. Pada umumnya, USG bisa dilakukan antara minggu ke 18-20 untuk menentukan secara pasti jenis kelamin bayi.

Selain USG, penentuan kelamin bayi juga bisa di tes dengan tes darah dan cairan ketuban pada ibu hamil. Namun tes ini memakan waktu yang sangat lama. Namun tidak salah kok untuk mencoba.

Pada dasarnya saat ini sudah banyak beredar berbagai alat canggih untuk mendeteksi jenis kelamin bayi. Alat ini sudah dijual di toko khusus untuk wanita hamil. Salah satunya ada di KALBE Store. Apa itu  KALBE Store? Untuk mengenali lebih lengkap Anda bisa klik di kalbestore.com.

KALBEStore adalah sebuah toko online yang menjual berbagai macam perlengkapan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Di tempat ini terdapat banyak sekali perlengkapan yang dibutuhkan oleh wanita hamil dan menyusui. Adapun produk-produk yang dijual adalah berupa susu, suplemen, dan sebagainya.

Jika berbicara tentang produk di toko ini, bisa dijamin produknya asli dengan harga terjangkau. Selain itu, produk-produk di sini juga sangat berkualitas. Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan jika membeli di KALBE Store. Ada banyak diskon dan promo, harga terjangkau, terdapat garansi khusus pembelian peralatan kehamilan dan menyusui dan pelayanan terbaik. Sedangkan untuk info lebih lanjut bisa melihat di website KALBE Store https://www.kalbestore.com/ibu-bayi-anak/kehamilan-menyusui.html. Yuk beli di KALBE Store dan rasakan keuntungannya.

 
Comments Off on Ciri – Ciri Hamil Anak Perempuan

Posted in INFORMASI