Tips Memilih Camera Digital

Memiliki camera digital menjadi trend pola hidup saat ini. Saat ini, sebagian besar piranti mobile seperti smartphone atau tablet sudah mempunyai sarana built-in kamera. Tetapi, bila Anda suka membuat photo, camera kantong atau pocket kamera dan camera yang semakin tinggi kelasnya, menjadi opsi.

Apa yang perlu jadi perhatian ketika akan beli camera? Lantas apa kesalahan yang kerap dilaksanakan dan dijauhi ketika akan beli camera?

Sebelum Anda Datang di Toko

Berikut bokban.my.id telah merangkum banyak hal yang perlu jadi perhatian saat sebelum Anda datang di toko untuk beli camera digital:

1. Tanya rekomendasi teman

Saat ini, mayoritas orang mempunyai camera digital. Coba kumpulkan informasi dan rekomendasi dari rekan, famili atau bagian keluarga. Bertanya mereka apa keunggulan dan kekurangan dari camera yang mereka punyai untuk tentukan merek dan type camera.

2. Tentukan tipe lensa kamera

Obyek apa yang seringkali ingin Anda photo, tentukan tipe camera. Misalkan, bila objek Anda ialah panorama alam, karena itu lensa dengan capaian luas lebih tepat.

3. Tentukan resolusi camera

Jika Anda suka cetak hasil photo Anda, karena itu ukuran hasil cetakan yang Anda harapkan akan tentukan resolusi camera yang hendak Anda membeli. Bila hasil cetakan cuma seukur kartu pos (postcard), karena itu camera dengan resolusi 1 megapixels cukup. Tetapi bila Anda ingin cetak sampai ukuran A3 atau lebih besar, pilih camera dengan megapixel yang semakin tinggi, misalkan 4 megapixels, 6 megapixels, atau bahkan juga 10 megapixels.

4. Tentukan ukuran camera

Saat ini, baik camera kantong atau pocket atau camera professional (misalkan SLR), mempunyai bermacam ukuran dan wujud. Pilih yang termudah dan nyaman Anda genggam.

5. Pelajari istilah camera digital

Pelajari berbagai istilah yang ada pada detail sebuah camera digital. Anda bisa memperbandingkan keunggulan beragam camera dengan pelajari beragam istilah pada detail camera.

Untuk berbagai istilah dalam camera digital, silakan saksikan link berikut ini: Ketahui Istilah pada Camera Digital.

6. Tentukan budget

Tetapkan bujet yang hendak Anda keluarkan untuk beli camera. Sekali Anda telah tentukan, berpautlah pada bujet itu dan tidak boleh tertarik dengan tipe camera yang tambah mahal.

7. Tentukan sambungan

Tentukan camera yang Anda membeli bisa disambungkan dengan beragam piranti electronic yang lain. Misalkan Anda perlu pastikan jika data photo Anda ingin bisa disaksikan di computer atau diperlihatkan di tv yang sudah mempunyai jaringan USB.

Saat Anda Tiba di Toko

Berikut banyak hal yang perlu jadi perhatian saat Anda sudah tiba di toko untuk beli camera digital:

1. Sesuaikan dengan tingkat ketrampilan

Beli camera yang sesuai tingkat ketrampilan Anda. Kekeliruan yang biasa terjadi, banyak photografer pemula beli camera yang terlampau mahal dan kekuatan yang luar biasa. Camera kantong atau pocket kamera atau camera semi professional cukup bila Anda ialah seorang photografer pemula. Sesudah ketrampilan Anda semakin bertambah, baru Anda targetkan beli camera yang semakin tinggi dan mahal.

2. Coba beragam merek dan tipe

Coba beberapa mode camera yang ada seperti yang sudah Anda tentukan dan yang terbaik untuk keperluan Anda.

3. Coba di berbagai intensif sinar

Coba kamera itu di beberapa tingkat penerangan. Mencari dengan hasil terbaik.

4. Bandingkan harga

Buat perbedaan harga berdasar detail camera atau hasil eksperimen Anda. Tulis merek dan mode camera itu. Bila memungkinkannya, Anda dapat cari di Internet beberapa perbedaan harga untuk merek dan type camera yang Anda tentukan. Cari toko pada harga yang terbaik tetapi mempunyai service purna jual yang bagus.

5. Pastikan garansi dan service purna jual

Periksa garansi camera saat sebelum Anda membeli, dan tanya bagaimana service purna jual yang memiliki hak Anda peroleh.

Beberapa Kekeliruan Umum saat Membeli Camera

Berikut banyak hal sebagai kekeliruan umum saat seorang beli camera digital:

A. Tidak dalami istilah camera digital

Anda tidak mempelajari jargon atau istilah yang biasa dalam detail tehnis sebuah camera. Dengan menyempatkan diri untuk pelajari istilah atau slogan camera digital, seperti resolusi, lensa, konsentrasi, zoom, megapixels, dan yang lain, Anda akan mempunyai deskripsi yang jauh lebih bagus berkenaan camera yang hendak Anda membeli. Petugas di toko semakin lebih gampang menolong Anda mendapati camera yang akurat.

B. Berfokus pada Detail yang Salah

Seseorang ingin beli camera dengan resolusi 10 megapixels, walau sebenarnya bedanya dengan resolusi 8,5 megapixels tidak terlalu jauh, apa lagi untuk fotografer pemula. Contoh lain, kekuatan zoom camera. Tidak boleh tertipu dengan kekuatan zoom yang tinggi, walau sebenarnya itu sebagai digital zoom dan bukan optical zoom yang hasilnya jauh lebih bagus. Tidak boleh terpaku pada angka, tetapi yakinkan dahulu dan lebih bagus Anda coba langsung dan menyaksikan hasilnya.

C. Memboroskan uang

Beberapa fotografer pemula boroskan uang untuk beli camera mahal, walau sebenarnya cuma untuk ambil photo dengan tehnik yang bisa dilaksanakan seutuhnya oleh camera kantong.

D. Beli merek tidak terkenal

Camera dengan merek populer umumnya sudah lewat rangkaian eksperimen. Dan merek tidak populer, memang tawarkan camera pada harga yang murah, tetapi hasilnya jauh dari memberikan kepuasan. Coba selalu beli dengan merek yang telah dikenali baik.

E. Tak coba saat sebelum beli

Kesalahan lain, Anda beli berdasar edaran atau detail tehnis yang tercatat saja. Walau sebenarnya bila Anda coba lebih dahulu, Anda dapat menyaksikan hasil photo Anda. Disamping itu, Anda dapat pilih camera yang sesuai pegangan tangan Anda, hingga semua tombol gampang dicapai oleh jari-jari Anda dan gampang dioperasikan.

Sekarang Anda sudah lebih siap untuk mempunyai sebuah kamera digital.

Tags: