Tips dan cara membuat artikel yang baik dan benar bagi pemula

Setiap orang memiliki dasar kemampuan untuk menulis, tetapi tidak semua ketahui langkah menulis artikel yang berkualitas. Walau sebenarnya, artikel dengan content yang baik sebetulnya relatif gampang dibikin asal kamu ingin latihan. Artikel yang berkualitas terdiri dari 2 elemen, yaitu isi dan tehnik yang bagus. Konten artikel ada di mana saja dan kamu perlu pilih apa yang akan diulas. Lantas, bagaimana triknya supaya kamu dapat mempunyai tehnik menulis yang bagus?

Salah satunya rintangan paling besar yang ditemui penulis content web atau website ialah langkah menulis artikel content yang dimaksimalkan untuk mesin penelusuran atau SEO (Search Engine Optimization), tetapi menarik untuk beberapa orang. Bila kamu ingin membuat audience, kamu harus ketahui dengan jeli langkah menulis artikel yang efisien. Kamu perlu pahami jika meskipun maksudnya ialah optimasi untuk mesin perayap tetapi yakinkan untuk mempunyai pola pikir jika kamu menulis untuk dibaca orang, dan bukan mesin.

SEO ialah sistem memaksimalkan efektifitas content untuk mesin perayap, untuk menolong posisinya semakin tinggi dibanding content dari situs yang lain menarget istilah penelusuran yang serupa. Adapun tingkatan simpel langkah menulis artikel yang SEO friendly ialah mempelajari keyword sebagai keyword topik yang hendak dibikin. Selanjutnya tentukan keyword. Pakai keyword itu untuk menulis content dengan aturan SEO dengan deskripsi dan isi yang terang dan singkat tetapi menarik.

Judul, kata, frasa, kalimat, dan paragraf yang dipakai dalam content harus memberikan keyakinan dan mengakibatkan pembaca ambil perlakuan tertentu. Seorang penulis artikel SEO harus juga pahami bagaimana trend keyword mesin perayap seperti Google berkenaan kata dan frasa tertentu, khususnya frasa dengan turunan panjang. Berikut ialah cara langkah menulis artikel yang baik dan benar buat kamu yang akan memulai menulis konten:

  1. Membuat headline yang menarik

Setiap hari, puluhan ribu artikel dari beragam topik keluar untuk menarik pembaca. Pembaca bahkan juga belum pasti buka artikel yang ada di situs intinya . Maka, disini headline berperanan penting untuk jual artikelmu. Headline tidak ubahnya sebagai skenario singkat dari artikel yang kamu bikin. Yakinkan jika headline artikelmu menarik dan berisi empat elemen, yaitu unik, detil, dibutuhkan, dan bermanfaat untuk pembaca.

  1. Menyusun paragraf pembuka yang menerangkan isi artikel

Paragraf pembuka akan menentukan apakah artikel yang kamu bikin mempunyai info yang diperlukan pembaca. Bila paragraf pembuka tidak berisi elemen itu, kemungkinan besar pembaca tidak meneruskan membaca artikelmu. Bikinlah paragraf pembuka yang terbagi dalam 2-3 kalimat, tetapi jaga supaya kalimatnya tidak begitu panjang. Masukkan keyword dan pokok ulasan artikelmu dalam paragraf itu supaya pembaca berasa jika artikelmu sesuai keperluan mereka.

  1. Menjadikan paragraf pendek pada artikelmu enak dibaca

Paragraf panjang yang padat akan hilangkan ketertarikan pembaca, terlebih bila mereka terhubung artikelmu dari telephone pegang dengan monitor yang terbatas . Maka, coba pisah satu paragraf panjang jadi beberapa kalimat yang lebih singkat. Merusak satu paragraf besar jadi beberapa ide yang lebih kecil akan menarik pembaca untuk mengeruk artikelmu lebih dalam. Janganlah lupa memberi penyambung antara dua kalimat supaya isi paragraf masih tetap berkaitan.

  1. Berikan pembaca isi artikel yang spesifik

Tidak sedikit artikel yang beredar di internet berisi beberapa kalimat kosong tanpa ulasan yang detil. Paragraf dalam beberapa artikel ini cuma membuat beberapa hal umum tanpa memberi contoh riil yang dapat diaplikasikan oleh pembaca. Supaya artikelmu makin disukai, beri pembaca info detil yang betul-betul mereka perlukan. Misalkan, bila kamu menulis artikel berkenaan langkah menangani depresi, karena itu beri contoh aktivitas nyata yang dapat dilaksanakan supaya pembaca berasa percaya jika artikelmu bermanfaat.

  1. Tinjau kembali kekurangan pada artikelmu

Sebelum merampungkan artikel, check kembali masihkah ada kekurangan dalam artikelmu. Kekurangan itu dapat berwujud salah pengetikan, pemakaian gaya bahasa dan pertanda baca yang salah, atau ulasan topik yang masih tidak cukup. Kamu dapat memakai feature gratis atau berbayar pada basis tempat mengupload artikel untuk ketahui kecocokan artikel dalam kata kunci. Memaksimalkan sejumlah fitur ini akan membuat artikelmu makin melesat dalam situs penelusuran.

Simak Juga : Sejarah

  1. Buatlah artikel yang kredibel

Cara membuat artikel seterusnya yang penting jadi perhatian yaitu memberi artikel dapat dipercaya yang dapat dipercayai. Apa lagi sekarang ini, info hoax banyak menyebar di mana saja. Oleh karenanya, untuk menulis artikel dengan mode semacam itu, diperlukan penelitian yang dalam untuk lengkapi beberapa data yang dibutuhkan. Gunakalah data dari sumber yang pantas untuk memberikan dukungan argument. Yakinkan sumber itu tertera untuk menghindar plagiarism. Akan lebih bagus jika kamu dapat masukkan beberapa data itu berbentuk infografis supaya gampang dimengerti pembaca.

  1. Akhiri artikel dengan kalimat yang mengajak

Selayaknya paragraf pembuka, paragraf penutup juga sangat penting. Peranan paragraf ini untuk menolong pembaca ambil ringkasan dari ulasan pada artikelmu dan membuat pembaca ‘menyatu’ dalam artikel itu. Sesudah kalimat ringkasan, coba untuk membikin paragraf ini berisi kalimat yang menggerakkan pembaca untuk mempratikan isi artikelmu atau call to action. Bila memungkinkannya, mengakhiri dengan kalimat bertanya yang bisa bermanfaat untuk tingkatkan engagement.

Tags: