Pengertian Notaris Tipe dan Contohnya

notaris tangerang ialah orang yang mendapatkan kuasa dari pemerintahan (dalam masalah ini Departemen Kehakiman) untuk menetapkan dan melihat beragam surat kesepakatan, surat warisan, akte, dan sebagainya.

DiKamus Besar Bahasa Indonesia

Pejabat yang berkuasa membuat akte autentik, terkecuali yang pembikinannya ditugaskan ke petinggi lain; misalkan, akte kelahiran dibikin oleh karyawan pencatatan sipil dan akte jual-beli tanah oleh petinggi pembikin akte tanah (PPAT) (notary public).

Apa Itu Notaris?

Notaris ialah sebuah karier untuk seorang yang sudah menuntaskan pengajaran hukum yang dilisensi oleh pemerintahan untuk lakukan beberapa hal hukum, terutamanya sebagai saksi penandatanganan sebuah document. Wujud karier seorang notaris berbeda bergantung pada mekanisme hukum.

Pekerjaan notaris sudah ada di era ke 2-3 periode romawi kuno, di mana pada periode itu dikenali sebagai tabellius, scribae, atau notarius yang bekerja untuk menulis sebuah pidato.

Istilah notaris diambil dari nama pengabdinya, notarius, yang selanjutnya jadi sebuah gelar untuk seorang penulis cepat atau stenografer. Notaris sebagai salah satu cabang karier hukum yang paling tua di dunia. Notaris tidak ditaruh di instansi eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Notaris diharap memiliki status netral, hingga notaris bisa memberi penerangan hukum dan perlakuan hukum atas keinginan client-nya. Saat lakukan perlakuan dan penerangan hukum itu, notaris pun tidak bisa berpihak client-nya, karena status netral dan pekerjaan sejati seorang notaris untuk menahan berlangsungnya permasalahan.

Tugas Notaris

Membukukan beberapa surat di bawah tanda-tangan dengan mendaftarkan dalam buku khusus (waarmerking).

  • Lakukan legitimasi kesesuaian foto copy dengan surat aslinya (legalisir).
  • Memberikan penerangan hukum hal pembikinan akte.
  • Membuat akte risalah lelang.
  • Membuat akte yang terkait dengan pertanahan.
  • Membuat kopi dari surat asli di bawah tanda-tangan berbentuk salinan yang berisi rincian seperti ditulis dalam surat yang berkaitan.

Membetulkan kekeliruan catat atau kekeliruan tulis yang ada pada minuta akte yang telah ditandatangan, dengan membuat informasi acara dan memberi catatan mengenai hal itu pada minuta akte asli yang mengatakan tanggal dan nomor informasi acara perbaikan, dan salinan itu dikirim ke beberapa faksi. Ini sesuai pasal 51 UUJN.

Wewenang Notaris

Berdasarkan Pasal 15 UU 2/2014, notaris memiliki kuasa untuk membikin akte autentik berkenaan semua tindakan, kesepakatan, dan penentuan yang diwajibkan oleh ketentuan perundang-undangan dan/atau yang diinginkan oleh yang memiliki kepentingan untuk dipastikan dalam akte autentik, jamin kepastian tanggal pembikinan akte, simpan akte, memberi grosse, salinan, dan cuplikan akte, semua itu sejauh pembikinan akte tidak ditugaskan atau dieksepsikan ke petinggi lain atau orang yang lain ditetapkan oleh undang-undang.

Tags: