Pahami Dokter Specialist Kardiologi, Dimulai dari Pendidikan sampai Perannya

Jika Anda mempunyai permasalahan jantung atau pembuluh darah, misalkan penyakit jantung koroner atau tekanan darah tinggi, umumnya Anda akan dirujuk ke dokter specialist jantung dan pembuluh darah. Silahkan kita ketahui lebih jauh sekitar dokter specialist ini, dimulai dari pengajaran, penyakit yang diatasi, sampai pengecekan yang sudah dilakukan.

Kardiologi ialah studi dan penyembuhan pada penyakit yang berkaitan masalah jantung dan pembuluh darah. Dokter yang mempelajari dan bekerja dalam cakupan penyakit jantung dan pembuluh darah banyak memiliki panggilan, dimulai dari dokter specialist jantung dan pembuluh darah, dokter specialist kardiologi, dokter specialist jantung, dokter jantung, dokter kardiologi, atau kardiologis.

Dokter specialist kardiologi memiliki spesialis dalam menganalisis dan menyembuhkan penyakit pada mekanisme kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Mereka bisa melakukan rangkaian test dan lakukan beragam proses berkaitan pengatasan penyakit jantung, seperti kateterisasi jantung, angioplasti, sampai penempatan alat picu jantung.

Tingkatan pengajaran dokter specialist kardiologi

Bila Anda tertarik jadi seorang dokter jantung dan pembuluh darah, berikut beberapa tingkatan pengajaran yang penting dilewati.

1. Pendidikan sarjana kedokteran

Pendidikan sarjana kedokteran biasanya dilakukan dalam kurun waktu 3,5-7 tahun. Lamanya waktu pengajaran ini bergantung pada keterdisiplinan tiap mahasiswa dan ketetapan masing-masing lembaga pelaksana pengajaran kedokteran.

Sesudah menyelesaikan pengajaran sarjana kedokteran, Anda akan memperoleh gelar sebagai Sarjana Kedokteran (S.Ked).

2. Profesi kedokteran

Sesudah memperoleh gelar Sarjana Kedokteran, Anda harus jalani tahapan klinik. Dalam tahapan ini, Anda bekerja sebagai pendamping dokter (co-ass) di beberapa tempat servis kesehatan sepanjang minimal tiga semester.

Setelah lulus, Anda akan memperoleh gelar dokter (dr). Seterusnya, berikut ada dua tingkatan yang perlu dilewati saat sebelum bisa mempunyai surat ijin praktek.

Ikuti Uji Kapabilitas Dokter Indonesia untuk memperoleh Sertifikat Kapabilitas Dokter (SKD).
Ikuti program internship (magang) sepanjang setahun, dan Anda dapat memperoleh bayaran atas jasa yang diberi sepanjang ikuti program internship.

Setelah memperoleh sertifikat dan menuntaskan program magang, karena itu Anda bisa ajukan surat ijin praktek.

Anda dapat buka praktek sendiri atau bekerja di unit service kesehatan yang Anda meminati sebagai dokter umum.

3. Pendidikan karier dokter specialist jantung dam pembuluh darah

Sesudah mendapatkan gelar karier dokter, Anda harus ambil pengajaran karier dokter specialist jantung dan pemmbuluh darah.

Lama pengajaran dokter specialist ini biasanya dilakukan dalam 9-10 semester. Dokter yang tempuh PPDS dikenali dengan panggilan residen. Sesudah usai, residen akan mendapat gelar sebagai Specialist Jantung dan Pembuluh Darah (Sp.JP).

Opsi subspesialisasi dokter specialist kardiologi

Dokter spesialis kardiologi dapat ambil beberapa subspesialisasi, salah satunya:

  • Kardiologi Klinik
  • Kardiologi Pediatri
  • Elektrofisiologi
  • Kardiologi Interferensi
  • Pemulihan jantung
  • Vaskuler
  • Kardiologi Emergency
  • Kardiologi Intens
  • Cardiac Imaging.

Penyakit yang ditangani dokter specialist jantung dan pembuluh darah

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah mempunyai kemampuan dalam tangani beragam permasalahan kesehatan yang terkait dengan masalah pada organ jantung dan penyakit kardiovaskuler, yakni masalah kesehatan yang mempengaruhi jantung, pembuluh darah, atau ke-2 nya.

Sementara itu, berikut beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi seorang dokter specialist kardiologi.

  1. Penyakit serangan jantung
  2. Tidak berhasil jantung
  3. Aritmia
  4. Aterosklerosis
  5. Fibrilasi atrium
  6. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  7. Cholesterol tinggi dan trigliserida
  8. Penyakit jantung bawaan
  9. Penyakit jantung kongestif
  10. Penyakit jantung koroner
  11. Perikarditis
  12. Takikardia ventrikel.

Dokter kardiologi dapat membantu untuk memberi anjuran berkenaan beberapa langkah penangkalan penyakit jantung dan mempertahankan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Tags: