6 Pertanda Umum Ibu Hamil akan Melahirkan

Memasuki masa kehamilan di trimester akhir, menjadi peristiwa yang perlu disiapkan secara baik karena ibu hamil akan hadapi persalinan. Saat lagi menanti kelahiran, ada banyak hal yang harus dipahami ibu hamil, satu diantaranya ialah pertanda melahirkan.

Perlu persiapan khusus saat menunggu kelahiran sang kecil . Maka, apa sebetulnya pertanda bila kamu siap melahirkan. persiapan melahirkan ini sekian pertanda akan melahirkan.

1. Turunnya perut atau kandungan akan merosot

Proses turunnya kandungan saat melahirkan ialah pertanda umum yang dapat dirasa saat bayi telah waktunya dilahirkan. Turunnya perut bisa terjadi sepanjang beberapa minggu atau beberapa saat saat sebelum melahirkan. Ibu hamil akan rasakan kantung kandungan kemih tertekan hingga semakin lebih kerap buang air kecil.

2. Rasa sakit perut atau kram perut seperti saat sebelum menstruasi

Kram perut dapat dituruti dengan ngilu punggung sisi belakang dan akan makin menyakitkan bersamaan turunnya perut dan kontraksi perluasan serviks. Kram perut ini berasa seperti saat menstruasi.

3. Keluarnya cairan atau lendir kental bersatu darah

Keluarnya cairan atau lendir kental dibuat pada bagian serviks selama saat kehamilan. Saat serviks alami perluasan, lendir ini bersatu darah hingga warnanya kemerahan atau merah muda.

4. Adanya kontraksi

Kontraksi perut disertai dengan kerasnya perut dan ngilu di tempat bawah perut dan punggung sisi belakang.

5. Air ketuban pecah

Air ketuban pecah terjadi saat ada tekanan karena turunnya perut. Kontraksi tekan air ketuban hingga membuat air ketuban pecah.

6. Penipisan atau melebarnya serviks

Karena tubuh ibu menyiapkan diri untuk melahirkan. karena itu dengan alami bakal ada perluasan serviks untuk jalannya bayi yang hendak keluar. Sering ini sebagai ukuran ‘bukaan’ kapan bayi dapat dilahirkan atau dikeluarkan dari perut ibu.

Terkadang hari melahirkan tidak dapat diperhitungkan dan ibu hamil dan keluarga paling dekat harus bersiap kapan hari persalinan tiba. Selainnya pertanda di atas, siapkan hati dan psikis supaya masih tetap tenang saat persalinan.

Tags: