Pentingnya Memilih Alat Berat

Dalam suatu proyek konstruksi yang terjadi dapat dipastikan kalau ada berbagai alat yang berguna untuk mempermudah proses pengerjaan. Berbagai alat ini tentunya memiliki peran penting guna membantu mengelola waktu dan tenaga supaya lebih efisien digunakan. Tapi pemilihan alat berat tidak boleh sembarangan, karena ada faktor memengaruhi alat berat ini bisa digunakan untuk proyek konstruksi apa tidak.

Pentingnya Memilih Alat Berat

Ditambah lagi dengan banyaknya alat berat tentu memerlukan ruang yang luas, dan dari sini tidak semua alat berat dapat digunakan karena disebabkan fungsi dan faktor yang berbeda-beda. Dan apabila kita terlanjur memilih dan salah pilih alat berat, dapat dipastikan nanti akan muncul berbagai persoalan yang tidak hanya alat tersebut. Hingga persoalan ini dapat dirasakan secara langsung atau bisa juga nanti setelah beberapa saat kemudian. Dari sini dapat disimpulkan seberapa pentingnya memilih alat berat supaya tidak terjadi kesalahan saat proses pembangunan. Terus apa saja faktor yang memengaruhi pemilihan alat berat tersebut? Maka temukan jawabannya dibawah ini.

Faktor Faktor Pemilihan Alat Berat

1. Tipe Alat Berat Tersebut
Alat berat merupakan mesin yang dirancang untuk melakukan konstruksi supaya tugas yang dilakukan oleh manusia dapat lebih ringan dan tenaganya dapat efisien untuk digunakan. Dengan kata lain alat berat dapat mempermudah proses perencanaan seperti pembuatan jalan serta pembangunan bangunan.

Dalam jenis alat berat terdiri dari 5 komponen yang saling berhubungan untuk melakukan pengerjaan berat. Disini yaitu alat itu sendiri memiliki tugas atau fungsi yang setiap jenisnya berbeda satu sama lain. Dan dari fungsi alat berat tersebut menjadi salah satu faktor penting untuk bisa digunakan-nya dalam berbagai pengerjaan, diantaranya untuk melakukan galian tanah, mengangkut material berat, hingga ada alat yang dapat meratakan permukaan.

2. Kapasitas Peralatan Pemilihan
Setelah mengenal fungsi dari setiap jenis alat berat, meskipun digunakan untuk mengangkut benda yang ukurannya tidak memungkinkan untuk manusia. Tapi alat berat juga memiliki kapasitas maksimum untuk mengangkut muatan. Dan selain dihitung dari total benda yang memengaruhi fungsi alat berat supaya bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal. Nah dalam hal ini, kapasitas dari muatan menjadi pertimbangan untuk kita menggunakan alat berat yang mana. Dari segi kapasitas dan alternatif untuk digunakan, alat berat memiliki level yang dapat menjadi pilihan. Jadi kapasitas pemilihan alat berat jadi salah satu faktor penting memilih alat berat, jadi kalau mau menyewa alat berat perhatikan dahulu kapasitas yang dimiliki.

3. Batas Gerak Alat Berat
Sama halnya dengan kapasitas, pergerakan dan tingkat efesien penggunaan dari alat berat juga memiliki batas yang memengaruhi dari pemakaian alat berat itu sendiri. Disini alat berat memliki batas pergerakan dari kecepatan, frekuensi, dan jarak yang dapat ditempuh.

Dan selain itu, pada hal pergerakan perlu diketahui bahwa kebanyakan gerak angkut dari alat berat berdasarkan arah horizontal atau vertical. Jadi karena ini anda bisa melakukan riset terlebih dahulu seperti apa alat gerak yang mau digunakan dan jangan lupa untuk mencari tahu daftar harga alat berat 2021.

4. Pembatasan dari metode yang dipakai
Meski pun alat berat hampir semua dapat berjalan sendiri tapi diantaranya ada batas tapi buka batas gerak seperti sebelumnya. Pembatasan ini memengaruhi pemilihan alat berat dalam peraturan lalu lintas, biaya operasional, dan bongkar alat berat. Selain itu, konstruksi dengan metode berbeda juga dapat memengaruhi penggunaan alat berat.

5. Biaya Alat Berat
Karena mampu mengangkat beban yang sangat berat, sudah wajarnya kalau harga dari alat berat dapat mencapai harga ratusan juta hingga miliaran. Dengan begitu juga banyak investor yang memerlukan perhitungan biaya yang diperlukan untuk sewa alat berat. Jangan menyepelekan, biaya operasional dan pemeliharaan dalam alat berat juga menjadi faktor pemilihan yang perlu dipertimbangkan. Dan kalau mau kalkulasi harga jual alat berat sangat besar dengan nominal yang sudah saya sebutkan.

Untuk biaya alat berat itu sendiri tergolong menjadi 2, yaitu biaya kepemilikian alat dan biaya pengoperasian alat. Biaya kepemilikian alat merupakan tanggungan yang mengharuskan kontraktor menanggung alat berat. Dan juga saat digunakan atau dioperasikan, ada biaya pengoperasian terhadap alat berat.

6. Jenis proyek
Dalam pembangunan dengan skala proyek, alat berat akan selalu menjadi alat yang dibutuhkan untuk membuat pengerjaan lebih cepat dilakukan. Dari proyek itu sendiri, alat berat dapat digunakan kalau dalam segi fungsi masuk kedalam kategori. Karena fungsi dari setiap alat berat itu berbeda satu sama lain, jadi ini menjadi faktor penting pemilihan alat berat pada jenis proyek.

Diantara kebanyakan proyek yang menggunakan alat berat seperti proyek gedung, jalan, jembatan, irigasi, pembukaan hutan, pelabuhan, dan sebagainya. Pemilihan dengan mempertimbangkan berbagai hal sangat penting dilakukan, karena kalau salah pilih tentu alat berat tidak digunakan. Rugi sudah pasti, karena biaya yang diperlukan untuk sewa atau membeli alat berat sangat menguras anggaran.

7. Lokasi proyek
Sama halnya dengan jenis proyek yang sudah disebutkan berbagai proyek itu apa saja. Kalau diperhatikan lagi tentu keberadaan proyek tidak hanya berada didalam satu zona yang sama. Dimana ada proyek pelabuhan yang secara otomatis lokasinya di tepi laut, ada proyek bangunan yang ada di kota, hingga pembukaan hutan dan jembatan. Dalam faktor pemilihan alat berat tentu sudah berbeda pilihannya, alat berat yang mampu berada di lokasi proyek tentu menjadi pertimbangan penting. Terlebih alat berat yang digunakan di dataran rendah berbeda dengan alat berat di daerah tinggi.

Tentu dalam hal ini alat berat yang akan digunakan harus ada pemilihan kecocokan selain dengan fungsi juga faktor lain. Biasanya proyek yang ada diantara dataran tinggi itu seputar wisata yang bisa saja tentang pembangunan tempat wisata baru, pembangunan villa, atau bisa juga dalam segi industri seperti perkebunan dan pertanian. Disini penggunaan alat berat memiliki prospek untuk kepentingan pembangunan supaya dapat selesai dengan cepat.

8. Jenis dan daya dukung tanah
Seperti lokasi dari proyek, karena beda lokasi beda kondisi dari tanah yang ada disana dan disini. Dengan begitu alat berat untuk digunakan dalam proyek sudah berbeda dan perlu memilih alat berat yang tepat untuk digunakan. Dimana ada alat berat yang bisa menggali yang beroperasi di tanah padat, ada juga di tanah basah, serta berbagai jenis tanah lainnya.

9. Kondisi lapangan
Ini yang banyak menjadi perhatian sejumlah kontraktor proyek pembangunan, akses medan atau kondisi lapangan yang terkadang mudah dilalui, dan sulitnya minta ampun menjadi faktor penting memilih alat berat. Selain tanah yang berbeda dari satu tempat ke tempat lain, kondisi wilayah sekitar juga bisa memungkinkan untuk dipertimbangkan. Disini harus ada pengukuran matang supaya kondisi lapangan yang akan dilalui alat berat dapat lancar dan tidak merusak kondisi semula.