PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak (Software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, didalamny termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai bagian system komputer yang tidak berwujud. Istilah ini digunakan untuk menonjolkan perbedaannya dengan Hardware (perangkatkeras) komputer.

Karena disebut sebagai perangkat lunak (software), maka sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), jika hardware merupakan perangkat yang nyata yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata dan dipegang secara langsung, maka software tidak dapat dipegang dan dilihat fisik bentuknya. Software memang tidak Nampak secara fisik / berwujud benda, namun software dapat dioperasikan  dan dijalankan.

Perangkat lunak (Software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, didalamnya termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai bagian system komputer yang tidak berwujud. Istilah ini digunakan untuk menonjolkan perbedaannya dengan Hardware (perangkatkeras) komputer.

Karena disebut sebagai perangkat lunak (software), maka sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), jika hardware merupakan perangkat yang nyata yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata dan dipegang secara langsung, maka software tidak dapat dipegang dan dilihat fisik bentuknya. Software memang tidak Nampak secara fisik / berwujud benda, namun software dapat dioperasikan dan dijalankan.

 

Cara kerja Software adalah seperti berikut :

  1. Langkah pertama setelah kita memberikan perintah untuk mengeksekusi suatu program adalah mentransfer file tersebut ke dalam memori.
  2. Setelah transfer selesai, eksekusi program dimulai.
  3. Pada saat eksekusi program mencapai titik dimana file data diperlukan, maka program meminta sistem operasi untuk mentransfer file data dari disk ke memori.
  4. OS menjalankan tugas ini dan mengembalikan kontrol eksekusi ke program aplikasi, yang kemudian melanjutkan melakukan komputasi yang diminta.
  5. Pada saat komputasi telah selesai dan hasilnya telah siap dioutputkan

 

Klasifikasi Software  :

  • Secara garis besar, dibagi menjadi dua macam:
  1. System Software Piranti lunak komputer untuk menggunakan/menjalankan komputer.
  2. a) Operational System (sistem operasi)
  3. b) Utilities Program (program utilitas)
  4. Application Software Piranti lunak komputer yang digunakan untuk memproses data dan perintah pengguna.
  5. a) Software Program Aplikasi
  6. b) Software Program Paket

 

Sistem oprasi Software :

  • Merupakan sebuah program yang mengatur/mengoperasikan perangkat keras komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras (menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain dengan pengguna).
  • Bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna.
  • Macam Sistem Operasi untuk komputer konvensional: ü MS DOS & MS Windows (95, 98, ME, 2000, XP, Vista, 7, 8), ü Linux (Ubuntu, sabily, SuSE, Fedora, Mandriva, Knoppix, dll), ü Mac OS X, khusus untuk komputer Macintosh keluaran Apple
  • OS lain: Haiku, Unix (berkembang à GNU/Linux, Mac OS, dll)
  • Macam Sistem Operasi untuk Small Computer, Embedded Computers, and Special-Purpose Devices: Palm OS, Windows Embedded, Windows Mobile, Android, Symbian, IOS, Haiku (OpenBeOS).

Ada juga system oprasi Software yang secara umum terdiri dari beberapa bagian  :

  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory kernel. Kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Shell atau Command Interpreter, yang bertugas membaca input perintah dari pengguna dan menyediakan fungsi standar & fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari pemanfaatan bagian shell (kekerang) adalah COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows Explorer, Command Prompt/cmd.exe, PowerShell dalam Microsoft Windows, Bourne shell, C shell, Korn shell dan masih banyak lainnya khususnya dalam keluarga sistem operasi UNIX. Sistem
  • Resource Allocator, yaitu bagian sistem operasi yang bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware, sekaligus untuk mengontrol kinerja hardware.
  • Handler, berperan dalam mengendalikan sistem agar terhindar dari error dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Platform

Platform merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (termasuk kerangka kerja aplikasi). Kombinasi tersebut memungkinkan sebuah perangkat lunak, khusus perangkat lunak aplikasi, dapat berjalan. Platform yang umum sudah menyertakan arsitektur, sistem operasi, bahasa pemrograman dan antarmuka yang terkait (pustaka sistem runtime atau antarmuka pengguna grafis) untuk komputer.

Platform adalah unsur yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak. Penyelenggara platform menyediakan pengembang perangkat lunak dengan kesepakatan serangkaian kode logika yang akan berjalan secara konsisten sepanjang platform ini berjalan di atas platform yang lainnya. Kode logika ini mencakup bytecode, kode sumber, dan kode mesin. Dengan demikian, pelaksanaan program tidak dibatasi oleh jenis sistem operasi yang tersedia. Platform telah menggantikan sebagian besar bahasa mesin independen.

Contohnya :

Java adalah platform, karena Java memiliki mesin virtual yang memungkinkan aplikasi Java berjalan di berbagai sistem operasi.

Sedangkan operating system (OS) atau yang sering disebut sistem operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer . Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Contohnya :

sistem operasi modern adalah : LinuxAndroidiOSMac OS X, dan Microsoft Windows.

Jadi perbedaan dari keduanya adalah :

  • Platform memungkinkan untuk sebuah perangkat lunak (software) dapat bekerja dan berjalan dalam sebuah sistem operasi, sedangkan
  • Sistem operasi ,perangkat lunak yang berperan mengoperasikan komputer dengan perintah-perintah yang sudah di setting di dalamnya, dan hanya dapat menjalankan sebuah aplikasi tertentu yang support dengan sistem operasi tersebut.