PERANGKAT KERAS ( HARDWARE )

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

 

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

  1. input divice (unit masukan)
  2. Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
  3. alat yang digunakan untuk memasukkan input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input ataupun maintenance input.
  4. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data (diketikkan) yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program (di-klik) yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
  5. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
  6. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).
  7. Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut
  8. Process device (unit Pemrosesan)
  9. Unit yang terdiri dari komponen elektronik terkoordinasi secara sistematis mengolah perintah dari input menjadi output.
  • Processor
  • Mainboard/Motherboard
  • Memori
  • Video Graphic Accelerator
  • Power Supply

b.) Processor : Merupakan otak sistem komputer, dan tempat pemroses instruksi-instruksi program

  • Memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
  • Berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
  • Mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register
  1. Output device (unit keluaran)
  2. Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
  3. Keluaran dapat berupa hard-copy (kertas), softcopy (monitor), USB, disket ataupun berupa suara.
  4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
  5. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi
  6. digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.
  7. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
  8. Ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:
  • Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
  • Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.
  • Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permane
  1. Memori terbag iduabagian: memori internal (ikut bekerja dalam unit pemroses) dan memori eksternal (bertindak sebagai penyimpan data/storage unit)
  • Memori internal berupa:

1.RAM (Random Access Memory) yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pengolahan data dan sifatnya untuk sementara waktu.

2.ROM (Read Only Memory) yaitumemori yang hanya bias dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat computer pertama kali dinyalakan

  1. f) Generasi RAM dari waktu ke waktu :
  • Static RAM (SRAM)
  • Non Volatile RAM (NV-RAM)
  • Dynamic RAM (DRAM)
  • Syncronous DRAM (SDRAM)
  • DDR RAM (Dual data rate RAM)
  • DDR II RAM (DDR generasi kedua)
  • DDR III RAM (DDR generasi ketiga)
  1. Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Hard disk diibaratkan dengan lemari
  2. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan.
  3. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari
  4. 5. Periferal ( unit tambahan)
  5. Modem

Pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog

  1. KartuSuara( Sound Card )

Kartusuara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan kekomputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
  1. Kartugrafis( VGA card )

Kartugrafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, Fire Wire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

VGA card dibagi 2:

  • VGA Card Onboard, yaitu  VGA Card  yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • VGA Card  Offboard, yaitu  VGA Card  yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

Komputer sebagai peralatan TIK memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai media :

  • Informasi
  • Komunikasi
  • Transaksi
  • Hiburan

Komputer sebagai system infirmasi    :

  • Sebagai infrastruktur utama Sistem Informasi
  • Sarana untuk mengolah data menjadi
  • Sarana untuk memberikan/menyebarkan informasi
  • Sarana memperoleh informasi dengan cepat
  • Memberikan pengaruh yang cukup besar dalam penghematan dan efisiensi waktu