Pantai Bale Kambang, Salah Satu Wisata Pantai di Malang yang Eksotis

Pantai Balekambang berada di kawasan Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jatim. Jauh jaraknya sekitar 65 km dari pusat kota Malang. Pantai ini masuk dalam wilayah Pesisir Selatan Pulau Jawa dan juga terletak di tepian Samudra Indonesia. Pantai Balekambang ini mulai dikenal dan dihuni penduduk mulai tahun 1978, setelah akses jalan mulai bagus karena dibangun oleh Kepala Desa setempat. Nah, pada tahun 1985, Pantai ini menjadi tempat wisata Malang yang semakin populer di kalangan traveller. Kepopuleran Pantai Balekambang semakin meningkat setelah diresmikan oleh Bupati Malang saat itu yang bernama Bpk. Eddy Slamet pada tahun 1983. Mulai saatt itulah, pembangunan dan perbaikan infrastruktur terus dilakukan demi kenyamanan pantai.

pantai balekambang

pantai balekambang

Pantai Balekambang kini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling asyik di Malang. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai. Pantai ini ombaknya tenang, jadi aman-aman saji bagi para pengunjung. Pengunjung dapat bersantai dan bermain air di tepi pantai. Tetapi, pengunjung tetap harus memperhatikan batas keamanannya, jangan sampai berenang terlalu ke tengah. Terdapat bebatuan karang yang besar di sana, dan ketika air laut mulai surut, maka akan nampak jelas batu karang yang berwarna hijau tersebut. Batu karang yang hijau itu dikarenakan banyaknya semak belukar yang tumbuh di sekitarnya. Pengunjung juga dapat menyaksikan ikan-ikan yang berenang, sangat bagus, dan tak sedikit warga sekitar yang memancing ikan di kawasan pantai tersebut. Momen yang paling spesial adalah pada saat sore hari, kamu dapat menyaksikan indahnya panorama sunset.

Jika dilihat sekilas nampaknya pantai Balekambang mirip dengan tanah lot Bali. Persamaannya adalah kedua pantai tersebut memiliki pulau yang khas. Tetapi di Balekambang terdapat 3 Pulau, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Itulah sedikit informasi seputar pantai Balekambang yang merupakan salah satu aset wisata bagi Malang. Buat kamu yang pensaran, bisalangsung berkunjung ke sana pada saat liburan. Kunjungi explorewisata.com untuk mendapatkan update informasi tentang wisata yang lebih banyak lagi.