Kapan Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Rumah?

rumah bersih

Rumah Bersih

Rumah sehat diawali dengan sirkulasi udara yang bagus di dalamnya. Udara segar akan selalu mengalir memenuhi setiap sudut rumah untuk menghidupi penghuninya. Kemudian rumah menangkap cahaya alami agar mendapat penerangan yang cukup. Hal-hal itu yang perlu dilakukan para arsitek sebelum membangun suatu rumah. Jika Anda sendiri yang merancangnya, poin-poin tersebut menjadi faktor utama untuk dipikirkan.

Namun setelah menghuni rumah, menciptakan suasana nyaman adalah tugas Anda. Rumah nyaman dapat diartikan bahwa rumah tersebut bersih dan rapi. Sehingga Anda dapat beristirahat untuk melepas penat dan berkumpul bersama keluarga dengan bahagia. Rumah yang bersih dapat mengurangi resiko sakit, seperti flu misalnya. Kadang Anda tidak memiliki waktu untuk mengepel lantai. Bagaimana jika itu dilakukan seminggu sekali? Mungkin itu tidak memberatkan. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dipaparkan pengaturan waktu untuk membersihkan rumah Anda.

Harian

Kegiatan kecil yang selalu diajarkan orang tua kepada anak-anaknya adalah melipat selimut sesaat setelah bangun tidur. Tindakan ringan yang mudah dilakukan anak kecil sekaligus menanamkan kepedulian akan kerapian dan kebersihan. Tentu kegiatan membersihkan rumah lebih banyak daripada sekedar melipat selimut. Oleh karena itu, pilihlah kegiatan bersih-bersih yang ringan untuk dilakukan setiap hari. Kegiatan ini berlangsung pada sudut-sudut yang sering kita gunakan, antara lain menyapu lantai, membersihkan dapur (khususnya bagian meja dan wastafel), dan buang sampah.

Lantai yang bersih akan menjadi tempat yang nyaman untuk duduk kapanpun Anda ingin bersantai. Kemudian beranjak ke dapur. Dapur merupakan titik pusat membuat sajian untuk keluarga. Jangan pernah meninggalkan dapur Anda dalam kondisi berantakan. Setelah menggunakan alat-alat makan atau peralatan dapur segeralah mencucinya. Setidaknya sebelum Anda tidur, dapur sudah bersih dari tumpukan piring-piring kotor dan peralatan memasak lainnya. Selanjutnya, bersihkan tempat sampah setiap hari atau Anda memilih menimbun kuman di dalam rumah.

Mingguan

Kegiatan mingguan ini memiliki daftar yang cukup panjang. Anda dapat melakukannya saat akhir pekan. Mulailah dari kamar tidur Anda yaitu dengan mengganti sprei tempat tidur. Terkadang saat tidur, tubuh juga mengeluarkan keringat, kecuali pendingin udara di kamar Anda tetap menyala. Lalu berpindahlah untuk membersihkan debu dari perabot di rumah Anda seperti; meja, kursi, rak, karpet, televisi, komputer dan cermin.

Selanjutnya, bersihkan area kamar mandi. Sikatlah lantai kamar mandi secara rutin agar sisa busa sabun atau sampo tidak membuatnya licin. Kuras bak mandi jika kamar mandi tidak memakai shower. Kegiatan mencuci baju dapat dilihat dari jumlah anggota keluarga Anda. Jika Anda masih tinggal berdua dengan suami/istri, mencuci baju mungkin dapat dilakukan seminggu sekali. Tetapi jika jumlah kepala yang tinggal di rumah lebih dari dua, Anda harus memcuci pakaian kotor lebih sering, bisa dua hari sekali. Terlebih jika Anda baru memiliki bayi, itu bisa jadi kegiatan harian untuk mencuci pakaian kotor bayi Anda.

Bulanan

Frekuensi bulanan ini untuk barang-barang atau sudut-sudut rumah yang sangat jarang menjadi perhatian, tetapi perlu untuk dirawat. Jika Anda memiliki oven atau microwave, bersihkan secara berkala sekaligus memeriksa kondisinya. Peralatan elektronik memang sangat rentan, jadi berhati-hatilah dan ikuti petunjuk perawatan. Untuk kulkas, Anda dapat menyingkirkan bunga es dan makanan-makanan kadaluarsa di dalamnya. Kemudian, bersihkan juga kotak obat di rumah Anda. Dalam kurun waktu sebulan, rumput-rumput di halaman sudah cukup tinggi dan Anda dapat merapikannya.

Artikel ini berisi informasi dasar yang diharapkan dapat membantu Anda mengendalikan kekacauan di rumah. Karena tidak ada satu rumah pun yang sempurna. Tapi dengan melakukan salah satu dari hal-hal di atas, itu akan membuat suasana di rumah Anda lebih nyaman. Banyak benda di dalam rumah yang menunggu untuk dibersihkan. Ada baiknya kegiatan bersih-bersih ini tidak selalu dibebankan kepada asisten rumah tangga (jika Anda memilikinya). Karena kegiatan membersihkan rumah ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama anggota keluarga yang lain. Rumah bersih, keluarga sehat dan bahagia.