Taman Sari Adalah Bekas Taman Keraton Zaman Dahulu

Siapa yang tidak mengenal keraton Yogyakarta, ya salah satu keraton yang berjaya pada masa lampau di Indonesia. Banyak bekas peninggalan keraton ini yang kita jumpai dialih fungsikan sebagai tempat wisata untuk domestik maupun mancanegara. Taman sari adalah bekas taman keraton zaman dulu yang menjadi salah satu sasaran pemindah fungsian menjadi tempat wisata. Mari baca selengkapnya.

taman sari jogja

taman sari jogja

Karena taman sari adalah bekas taman keraton zaman dulu, maka pembangunan taman ini tak lepas dari masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuono I pada tahun 1758-1765. Salah satu bagiannya yaitu kanal air, danau buatan, pulau buatan, lorong bawah air dan lain – lain yang dibagi menjadi empat bagian di bawah ini:

Bagian-bagian Taman Sari
1. Bagian pertama yakni danau buatan yang lokasinya di bagian barat
2. Bagian kedua antara lain pemandian bernama umbul binangun yang terletak di selatan danau buatan
3. Pasarean Ledok Sari beserta kolam garjitawati terletak di selatan bagian kedua
4. Dan bagian terakhir dari wisata ini pada sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas hingga arah timur dan tenggara kompleks. Yakni danau beserta pulau buatan.

Menurut informasi yang tersedia di website http://www.wisatajogja.org/, jarak tempuh dari Keraton Yogyakarta kurang lebih 1 km, serta dekat dengan Alun – alun. Anda dapat menggunakan becak dari Alun – alun dengan tarif Rp. 10.000,-. Pukul 08.00 – 14.00 tempat wisata ini mulai dibuka dengan harga tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp. 3000,- dan wisatawan mancanegara Rp. 7000,-. Fasilitas yang Anda dapatkan di seputar tempat wisata antara lain tempat parkir yang luas, pemandu wisata dengan ongkos Rp. 10.000 – Rp. 20.000 tentunya aman dan mempunyai izin, tempat penginapan, tempat makan dan toko cenderamata.

Taman sari adalah bekas taman keraton zaman dulu memang menarik untuk dikunjungi, terdapat sisi sejarah yang dapat dipelajari dan juga terdapat keindahan alam yang terdapat dalam objek wisata ini. Dengan fasilitas yang menunjang di sekitar objek wisata, Anda dapat menginap atau sekedar bersantai bersama keluarga, teman, maupun kekasih Anda.