Apr 24

Reaksi kimia dalam tubuh manusia vs kuasa tuhan….

Orang yang kekurangan insulin dan memakan makanan mengandung gula akan terkena diabetes….

Itu hukum kimia di tubuh manusia

Orang yang minum racun akan mati… itu hukum kimia tubuh manusia…

Orang makan lemak,gorengan… akan gemuk… itu hukum kimia ditubuh manusia….

Bisakah hukum Tuhan yang tau ilmu kimia dan pencipta hukum kimia…melawan hukum kimia dalam tubuh manusia….dilakukan dengan doa??

Tak semua orang bisa….

Kalo bisa

Cukup doa

Makan lemak tapi tak gemuk

Minum racun tapi tak mati….


Semakin Berpengetahuan Semakin Bahagia

posted by universitas brawijaya
Apr 20

Penderitaan datang dari kekhawatiran, kekhawatiran datang dari ketidak-pastian dan ketidak-tahuan. Ketidak-tahuan adalah kata sifat negatif dari kata tahu. Kata benda tahu adalah Pengetahuan. Sama halnya dengan rasa takut seseorang terhadap kegelapan. Hal itu disebabkan bahwa ia tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang ada di dalam kegelapan tersebut.

Ini menunjukkan bahwa satu-satunya yang dapat menghantarkan manusia pada kebahagiaan adalah Pengetahuan. Dengan pemahaman ini tidak saja seseorang akan menjadi semakin mencintai kecerdasan dan pengetahuan, ia juga akan semakin bersemangat untuk memahami dan mengenali dirinya. Sebab, secara tidak langsung pengetahuan yang didapatkan atau dipahami oleh seseorang akan membentuk kejiwaan dan karakter orang tersebut. Ini juga akan membuat manusia semakin mengedepankan penemuan solusi dari setiap permasalahan yang ia hadapi dalam kehidupan. Bukankah mereka yang menyerah dari kehidupan dikarenakan tidak adanya semangat untuk menjalani kehidupan ini? Tidak punya harapan dan tidak punya kejelasan tentang masa depan?

Read More…


Memaknai Kembali Ideologi

posted by universitas brawijaya
Apr 19

Nah, kali ini kita akan mulai menengok bagaimana memahami suatu makna di balik istilah bahasa yang digunakan dalam kehidupan masyarakat kita yang dewasa ini.

Ideologi. Kata ini belakangan mulai ramai diperbincangkan karena isu PKI, Komunis, Sosialis dijadikan alat jual kampanye oleh segelintir orang berwajah garang. Mereka meneriakan penolakan terhadap aliran pemikiran yang katanya Ideologi Timur itu. Itu bukan Ideologi sayang, itu hanya paham. Paham adalah Isme. Sedangkan Ideologi adalah Sandaran Keyakinan berdasarkan pemikiran.

Mari, sayang. Kita tengok arti kata Ideologi lewat arti bahasanya. Ideologi berasal dari bahasa Yunani, Ideas dan Logos atau berarti Gagasan-gagasan yang Logis. Gagasan Logis ini berbeda dengan paham yang selalu diidentikan dengan blok tertentu. Semisal blok barat dan blok timur. Gagasan Logis ini bukanlah gagasan Non-Blok, melainkan ia adalah Gagasan yang sangat Universal dan Multi-Regional. Paham atau Isme sifatnya semu, dia hanya aktif di wilayah tertentu atau kelas sosial tertentu saja. Berdasarkan pahaman kelas sosialnya saja. Seumpama di kalangan borjuis mereka sangat kuat berpegang pada Isme Kapitalis Imperialis, sedangkan dalam kalangan proletar mereka kekeh menentang kaum borjuis dengan Isme Komunis Sosialis mereka.

Read More…



Ilmu adalah sebuah pengetahuan yang kita dapatkan sejak sekolah hingga perguruan tinggi. Pengetahuan itu dimulai dengan rasa ingin tahu. Suatu kepastian dimulai dengan rasa ragu. Sedangkan filsafat dimulai dengan keduanya. Berfilsafat digunakan untuk mengetahui apa yang kita ketahui dan yang belum kita ketahui. Dan juga untuk mengevaluasi seberapa luas pengetahuan kita.

Filsafat memiliki beberapa karakteristik. Pertama adalah menyeluruh. Maksudnya adalah mengenal dan melihat hakikat ilmu tidak hanya dari satu sudut pandang. Tetapi bagaimana hubungannya dengan ilmu-ilmu yang lain. Kedua adalah mendasar. Yang dimaksud di sini adalah tidak mudah percaya bahwa ilmu tersebut benar. Harus ada alasan yang rasional dan mendasar.

Ketiga adalah spekulatif. Artinya kita hanya menduga benar atau tidaknya sebuah ilmu dan teori-teori yang telah dipelajari. Untuk pembuktiannya kita harus bisa memisahkan antara spekulasi yang dapat diandalkan atau tidak. Dan itu merupakan tujuan utama dari filsafat. Dan perlu diketahui, sebuah ilmu pengetahuan yang sudah berkembang sekarang bermula dari spekulasi. Dan spekulasi merupakan titik awal dari penjelajahan pengetahuan.

Read More…