Apa itu cPanel? Pengertian dan Fitur cPanel

Di zaman serba digital ini, banyak hal yang berpindah dari analog ke digital. Mulai dari buku, metode pembayaran, hingga berjualan banyak yang berpindah ke bentuk digital. Khusus untuk berjualan sendiri, saat ini ada jalur yang banyak dipakai oleh banyak orang, yaitu adalah landing page.

Jadi landing page ini merupakan sebuah website yang berisi informasi dari produk yang kita jual mulai dari deskripsi produk hingga ke cara pemesanan produk tersebut. Tentunya hal ini membuat kita perlu belajar cara untuk mengelola website dengan baik sehingga kita dapat menjalankan usaha dengan lancar tanpa terkendala masalah teknis yang berkaitan dengan website.

Pada saat kita belajar tentang pengelolaan website pasti banyak yang bingung tentang tata cara pengelolaan yang benar. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah aplikasi yang digunakan untuk mengatur website kita sendiri.

Pengertian cPanel

Mungkin kalian pernah mendengar aplikasi bernama cPanel. Apa itu cPanel? Jadi, cPanel atau memiliki kepanjangan control panel adalah alat untuk mengontrol pengaturan website melalui PC atau laptop kita sendiri. Hal ini meliputi pengelolaan manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya.

Kalau kita berpikir cPanel mengharuskan kita jago coding atau sejenisnya, maka jauhkanlah pikiran tersebut karena di cPanel kita diberikan tampilan user interface yang menarik dan mudah dioperasikan. Namun tentunya tetap harus dipelajari lebih dalam.

cPanel sendiri biasanya dipasang pada perangkat seperti dedicated server, VPS, shared hosting dan lain-lain, untuk mengetahui berbagai jenis hosting kalian bisa menyimak di artikel apa itu hosting? Kita juga dapat mengakses cPanel secara remote menggunakan browser kita sendiri dari manapun kita berada. cPanel sendiri mendukung beberapa aplikasi database seperti Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

Fitur cPanel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi cPanel adalah untuk mengatur website yang berada dalam akun hosting kita. CPanel berfungsi untuk mengatur website kita, mulai dari tampilan hingga performa seperti kecepatan loading website kita. Pada dasarnya, cPanel berguna untuk menyederhanakan tampilan admin website dari teks menjadi visual sehingga memudahkan pengguna awam yang tidak paham coding. Secara umum, cPanel memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Mempermudah Pengelolaan File Website

Seperti halnya pengelolaan file di Windows atau Android, cPanel menyediakan fitur pengelolaan file yang dapat kita gunakan untuk menghapus, menyunting, dan menyalin file website yang ada di hosting. Selain itu, terdapat juga pengaturan FTP yang bisa kalian gunakan untuk mengakses file website dari aplikasi FTP Client tanpa harus login cPanel terlebih dahulu.

2. Pengaturan Website yang Mudah

Dalam hal ini, cPanel memudahkan kita untuk mengatur SEO website kita karena memiliki fitur mengenai Search Engine Optimization (SEO). Fitur ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas SEO di website. Fitur tersebut meliputi:

  • Get in Google
  • SEO Tools
  • Increase Website Traffic
  • Link Building
  • SEO for Resellers & Webmasters
  • SEO Optimized WordPress Themes
  • WordPress Social Media Optimization
  • Drag & Drop Visual Page Builder

3. Pengaturan dan Manajemen Email

Pernahkan kalian melihat alamat email dengan nama domain custom? Dengan cPanel kalian akan disediakan berbagai fitur yang berhubungan dengan email, salah satunya adalah membuat email baru dengan nama domain kalian sendiri.

4. Pengelolaan Domain yang Lengkap

Salah satu fungsi utama cPanel adalah untuk mengelola atau mengatur pengelolaan Domain website kalian. Ada menu-menu yang berisi fitur addon domain, subdomain, redirect, dan lain sebagainya.

5. Mengelola Database dengan Leluasa

Dengan adanya cPanel ini, kalian akan dimudahkan untuk mengelola database website kalian dengan memanfaatkan fitur untuk membuka phpMyAdmin.

6. Mempermudah Konfigurasi Modul PHP yang Dipakai.

cPanel mampu memberikan kemudahan untuk menjalankan fungsi website dengan baik dengan menyediakan fitur pemilihan versi PHP yang ingin digunakan.

7. Pengaturan Keamanan Pada Hosting

cPanel memungkinkan kalian untuk mengatur keamanan pada website. cPanel menyediakan fitur keamanan seperti SSH Access, IP Blocker, SSL/TLS, Hotlink Protection, Leech Protection, SSL/TLS Status, dan Let’s Encrypt SSL.

8. Backup dan Restore yang Sederhana

Dengan adanya kemampuan melakukan backup dan restore, kalian dapat meminimalisir terjadinya kehilangan data penting yang ada di website kalian. Kalian dapat menikmati fasilitas full backup yang langsung mem-backup seluruh data termasuk database yang tentunya sangat berguna apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sekian penjelasan singkat mengenai pengertian dan fitur cPanel. Jika kalian mengetahui fitur lain yang ada pada cPanel beritahu kami di kolom komentar ya!