4 Kelebihan Browser Chromium yang Jarang diketahui

Chromium merupakan salah satu browser open source yang dikembangkan oleh Google. Penasaran dengan penjelasan lebih lanjutnya? Silakan baca apa itu chromium?. Karena merupakan browser open source atau terbuka sehingga lebih mudah terkena virus. Karena itulah banyak yang menganggap jika Chromium tidak memiliki kelebihan.

Sehingga banyak yang menganggap jika Chromium hanyalah sebuah sebuah virus atau malware yang mengganggu perangkat semata. Hal ini membuat banyak orang mencari cara menghapus Chromium dari perangkat masing-masing.

Padahal jika dilihat kembali, belum tentu Chromium yang digunakan merupakan virus. Jika Chromium yang kalian gunakan berasal dari situs resminya, maka bisa dibilang jika Chromium tersebut aman.

Selain itu juga jika kalian perhatikan lebih jauh, maka Chromium pun memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihan Chromium bisa kalian simak di bawah ini:

Kelebihan Chromium Browser

1. Instalasi

Kelebihan yang pertama adalah Chromium dapat diinstal dengan mudah di berbagai perangkat. Hal ini karena Chromium dihandle secara langsung oleh komunitas distro linux. Karena itulah Chromium bisa diinstal dengan mudah, baik itu di Windows, Mac, maupun Linux.

Kalian bisa menginstal Chromium dengan sangat cepat. Dengan menggunakan paket standar distro untuk melakukan proses instalasi, membuat proses instal tidak memakan banyak waktu.

2. Ukuran File Kecil

Kelebihan lainnya adalah ukuran Chromium yang terbilang kecil sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Dengan ukuran file yang kecil, maka space memori komputer tidak akan menjadi penuh.

Sehingga kita bisa menggunakan Chromium tanpa khawatir tiba-tiba komputer menjadi lemot karena ruang penyimpanan RAM sudah penuh.

3. Unduh Gratis

Kelebihan lain dari Chromium adalah dapat diunduh secara gratis. Kalian bisa tidak perlu keluar biaya untuk dapat menggunakan Chromium. Selain itu pula kalian dapat mengunduhnya di berbagai situs penyedia aplikasi.

Hanya saja kami sarankan untuk mengunduh Chromium di situs resminya saja. Mengapa harus situs resminya? Hal ini karena ada kekhawatiran jika Chromium yang bukan dari situs resminya sudah dimodifikasi dan ada kekhawatiran sudah disusupi oleh virus atau malware.

Nah karena merupakan aplikasi gratis maka tidak heran jika dari waktu ke waktu, jumlah pengguna chromium di Indonesia terus meningkat.

4. Tampilan Sederhana

Kelebihan lainnya dari Chromium adalah tampilan yang sederhana atau minimalis. Dengan tampilan yang sederhana, maka browser ini bisa dibilang sangat cocok buat pemula yang baru masuk ke dunia komputer maupun orang-orang yang tidak suka ribet.

Selain itu, walaupun Chromium merupakan browser open source, akan tetapi Chromium juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah dirusak oleh virus. Disamping itu juga kalian tidak memerlukan perangkat tambahan untuk menjalankannya.

Dengan mengetahui kelebihan di atas, kalian kalian bisa menggunakan Chromium tanpa khawatir membebani perangkat masing-masing.

Kalian pun tidak perlu buru-buru menghapus Chromium selama Chromium tersebut diinstal dari situs resminya. Selain itu juga Chromium juga tidak menunjukkan tanda-tanda seperti tiba-tiba terbuka sendiri atau tiba-tiba terinstal di perangkat, padahal kalian tidak menginstalnya.

Jika Chromium menunjukkan tanda-tanda di atas, maka sebaiknya kalian menghapus Chromium dari perangkat kalian.

Nah itu tadi kelebihan Chromium yang yang perlu kalian ketahui. Jika kalian masih kebingungan, maupun memiliki pendapat yang lain terkait kelebihan Chromium, kalian bisa menyampaikannya di kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat!