game Facebook

7 Game Facebook Terbaik Sepanjang Masa

Jauh sebelum platform-platform game menjadi sepopuler sekarang dan game-game online merajai pasar industri game, Facebook pernah mencuri hati para gamers dan pengguna internet. Bagaimana tidak? Salah satu media sosial paling ramai dan terbesar ini tidak hanya berfungsi layaknya media sosial biasa, melainkan penggunanya juga bisa bermain game di dalamnya.

Walaupun game Facebook hanyalah sebatas mini games, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua pernah merasa ketagihan untuk memainkannya. Pasalnya, selain tidak perlu diinstal dan bisa dimainkan cukup di web browser saja sama seperti game Google Doodle populer, game yang ada di platform Facebook juga memungkinkan kita untuk bermain bersama teman Facebook. Dengan begitu permainan terasa jadi lebih seru dan menyenangkan. Gameplay dan kualitas grafisnya juga cukup memuaskan di zamannya kala itu.

Nah, bagi kamu yang ingin kembali bernostalgia main game Facebook bersama teman-teman, berikut pilihan game Facebook terbaik sepanjang masa.

1. Dragon City

Dragon City menjadi salah satu game Facebook terpopuler  hingga saat ini. Laman The Geek Page bahkan menyatakan bahwa Dragon City menjadi salah satu game Facebook yang paling laku keras di masa jayanya dulu. Hal ini tidak aneh jika mengingat bahwa game naga ini dulu memiliki hingga 10 juta pengguna setiap bulannya.

Sesuai dengan namanya, di game ini kamu akan memiliki misi untuk mengembangbiakkan dan melatih naga di sebuah pulau. Ketika naga kamu sudah cukup kuat dan naik ke level yang cukup tinggi, maka kamu bisa mengikutsertakannya ke pertempuran. Jika menang, kamu akan memperoleh hadiah berupa uang yang bisa digunakan untuk memberi makan naga tersebut.

Menariknya lagi, kamu juga bisa melakukan ekspansi pulau tambahan apabila pulau pertama kamu sudah tidak cukup untuk menampung naga-naga peliharaanmu. Yang lebih kerennya lagi, kamu bahkan bisa mengadu kekuatan naga kamu dengan naga teman Facebook kamu yang lain. Seru, kan?

2. Ninja Saga

Kamu suka nonton anime ninja Naruto? Kalau begitu, kamu pasti juga pernah kan main game Facebook Ninja Saga? Game ini memiliki latar dan desain karakter yang kurang lebih mirip seperti anime Naruto.

Genre-nya sendiri adalah MMORPG dengan misi utama menaikkan level ninja karakter yang kamu mainkan. Selain bisa menjalankan misi utama dan terus menaikkan level, kamu juga bisa mengajak teman Facebook yang lain untuk mengadu kekuatan ninjanya.

Ninja Saga memberikan kamu kebebasan seluas mungkin untuk membuat karakter ninja sesuai dengan yang kamu mau. Mulai dari jenis kelamin, penampilan, hingga jenis elemen yang menjadi kekuatannya seperti petir, angin, air, atau api.

Hingga saat ini, game Ninja Saga masih tersedia di Facebook dan bisa kamu mainkan. Yuk login setiap hari untuk mendapatkan token gratisnya!

3. 8 Ball Pool

8 Ball Pools merupakan salah satu game Facebook paling legendaris dengan pengguna yang hampir menyentuh angka 10 juta per bulannya. Game billiard online ini bisa kamu mainkan secara gratis.

Benar-benar menjadi solusi bagi kamu yang ingin bermain billiard tanpa harus datang ke tempat billiard di dunia nyata atau ingin mencari tantangan dengan melawan pemain billiard dari seluruh dunia di Facebook.

Aturan bermainnya cukup sederhana dan animasi bermainnya juga cukup keren. Selain bisa menantang orang lain di Facebook dari seluruh belahan penjuru dunia, kamu juga bisa menantang teman Facebook kamu sendiri untuk bermain 8 Ball Pool. Kini, selain tersedia di Facebook, 8 Ball Pool juga sudah dirilis di platform Android dan iOS.

4. Hay Day

Suka main game simulasi jadi petani? Kamu fans dari game Harvest Moon yang melegenda itu? Rasakan sensasi bermain yang sama di Hay Day. Hay Day adalah game Facebook berbasis simulasi pertanian virtual.

Layaknya seorang petani sungguhan, di Hay Day kamu akan memelihara hewan ternak, membesarkan mereka, menjaga kebersihan peternakan kamu, hingga membudidayakan berbagai macam jenis tanaman.

Apabila kamu tertarik pada dunia pertanian dan ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang petani, maka game ini cocok banget buat kamu. Selain bisa dimainkan di Facebook, kini Hay Day juga sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

5. FarmVille 2

Masih dengan genre yang sama seperti game Facebook sebelumnya, di urutan kelima ada game Farmville 2. Farmville 2 adalah game simulasi pertanian 3D dengan grafis yang cukup memuaskan.

Laman Tech In Asia bahkan menyatakan bahwa game ini merupakan game Facebook farm building dengan kualitas grafis terbaik. Sistem crafting yang diusungnya terbilang cukup detail tapi tetap simpel dan tidak akan membuat pemainnya pusing.

Di dalam Farmville 2, kamu akan berperan sebagai seorang petani yang mencari uang dengan cara beternak hewan, bercocok tanam, dan merawat peternakan. Di FarmVille 2, selain bisa langsung menjual hasil ternak secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya lebih lanjut untuk dijadikan sebagai produk yang lebih berharga dan dijual dengan keuntungan yang lebih baik.

6. Farm Heroes Saga

Masih dengan game yang bertemakan pertanian, hanya saja dengan genre yang berbeda. Tidak seperti game Facebook peternakan sebelumnya yang mana mengusung genre simulasi, Farm Heroes Saga adalah game yang sangat mirip seperti Candy Crush Saga, di mana kamu akan bermain untuk memecahkan semacam puzzle dengan mencocokan tiga atau lebih objek yang tersedia, hanya saja temanya adalah dunia peternakan.

Objek-objek yang ada di game ini tentunya objek yang ada kaitannya dengan dunia pertanian seperti sayur-sayuran, matahari, air, dan lain sebagainya. Seiring kenaikan level, jumlah objek yang perlu kamu pecahkan akan terus naik, seperti 20 matahari dan 30 wortel, dan seterusnya.

Selain bisa dimainkan di media sosial Facebook, Farm Heroes Saga juga bisa kamu download dan instal baik di perangkat Android maupun iOS.

7. Coasterville

Dan game Facebook terbaik sepanjang masa yang terakhir adalah Coasterville. Game ini memiliki konsep yang sama ala Roller Coaster Tycoon (RCT), yaitu taman bermain. Namun, fitur dan gameplay yang ditawarkan oleh Coasterville cenderung lebih sederhana daripada RCT. Meski demikian, Coasterville memiliki sistem permainan yang lebih seru dan menarik dibandingkan game building pada umumnya.

Sistem atau fitur-fitur tersebut salah satunya adalah kamu bisa memodifikasi track roller coaster yang kamu bangun dengan berbagai bentuk seperti melengkung, spiral, dan lain-lain. Di game ini kamu juga bisa membuka beragam macam “tema” taman bermain seperti tema sci-fi, fantasi, hewan, dan lain sebagainya sehingga taman bermain buatan kamu akan terlihat lebih kerne dan unik.

Game dengan usia yang bahkan lebih tua daripada Farmville 2 ini masih rutin memperoleh update-update menarik dari developernya, Zynga.

Demikain ulasan mengenai beberapa rekomendasi game Facebook terbaik sepanjang masa yang masih bisa dimainkan hingga sekarang untuk bernostalgia ria. Game mana yang paling sering kamu mainkan? Atau kamu punya rekomendasimu sendiri? Coba beritahu di kolom komentar ya.