Cara Membuat Grafik di Microsoft Power Point

Cara Membuat Grafik di Microsoft Power Point – Microsoft Power Point merupakan sebuah software dari microsoft yang tergabung satu paket dengan word, excel dan lainnya dalam Microsoft Office. Power Point berfungsi untuk membuat sebuah dokumen presentasi.

Selain untuk membuat dokumen presentasi, power point juga bisa digunakan untuk membuat grafik untuk presentasi. Tapi apakah teman-teman tau cara membuat grafik di power point. Kalau teman-teman sering membuat presentasi untuk tugas sekolah atau kantor pasti sobat tau, tapi bagi teman-teman yang belum terbiasa dengan power point akan bingung bagaimana cara membuat grafik di microsoft power point. sebelum melangkah membaca artikel lebih lanjut alangkah lebih baiknya teman teman bisa baca dulu dasar dasar  microsoft power point di situs gurukece.com

Sebenarnya membuat grafik di power point sama caranya dengan membuat grafik di word dan excel, cuma berbeda pada penempatan menunya saja. Tetapi kadang masih saja ada teman-teman yang masih bingung membuat grafik di power point karena belum terbiasa. Untuk itu saya disini akan memberitahukan cara membuat grafik di microsoft power point.

Oke langsung saja teman-teman simak artikel berikut ini.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Power Point

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah buka microsoft power point pada komputer atau laptop teman-teman.

Setelah power point terbuka, sobat masuk ke menu Insert, pilih kolom Illustrations, lalu pilih Chart. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Pada menu Chart terdapat berbagai jenis grafik yang bisa dipilih antara lain :

ColumnColumn merupakan jenis grafik yang paling umum dan sering digunakan. Grafik ini berbentuk persegi panjang vertikal baik yang 2D maupun 3D.

Line – Grafik line berbentuk garis-garis yang menunjukan data-data tertentu, kadang ada yang bertitik.

Pie Grafik ini mempunyai bentuk seperti kue pie yang berbentuk lingkaran.

Bar – Grafik ini kebalikan dari Column, bila pada Column vertikal pada grafik Bar horizontal.

Area – Grafik ini menyerupai sebuah area.

Dan jenis grafik yang lainnya yang jarang digunakan seperti XY (Scatter), Stock, Surface, Radar, Treemap, Sunburst, Histogram, Box & Whisker, Waterfall dan Combo.

Oke, kali ini saya akan menggunakan jenis grafik yang umum digunakan yaitu grafik Column. Setelah pilih grafik Column, lalu klik OK. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Lalu masukan data yang akan dibuat grafik.

Seperti contoh diatas, saya membuat data tentang nilai dari empat siswa pada tiga mata pelajaran yaitu Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.

Setelah selesai untuk menghilangkan data excel tersebut, teman-teman tinggal klik tanda silang pada excel tersebut. Maka tabel excel tersebut akan hilang.

Seperti gambar diatas, judul pada grafik tersebut masih Chart Title. Untuk mengganti judul tersebut sobat tinggal klik judul tersebut lalu ubah sesuai data yang teman-teman buat.

Seperti contoh dibawah ini saya membuat judul Rata-Rata Nilai Tiga Mata Pelajaran Pada Empat Siswa.

Bila teman-teman ingin mengubah model grafik Column, teman-teman klik grafik yang teman-teman buat, lalu pilih menu Design. Pada menu Design terdapat beberapa model grafik Column yang bisa teman-teman pilih.

Seperti contoh dibawah ini model grafik yang saya pilih.

Setelah mengubah model grafik, teman-teman ingin mengubah warna grafik agar terlihat lebih menarik, teman-teman tinggal klik saja warna grafik yang ingin diubah. Setelah itu masuk ke menu format, lalu pilih warna yang diinginkan.

Seperti contoh dibawah ini saya mengubah warnanya agar terlihat lebih berwarna dan menarik.

Akhir Kata

Mudah bukan teman-teman… Semoga setelah membaca artikel ini, teman-teman bisa membuat grafik di microsoft power point untuk presentasi dan bisa mengedit grafik tersebut agar lebih menarik lagi. Cukup sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih.