Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer

Perkembangan teknologi yang begitu cepat menjadikan masyarakat kini begitu dimudahkan dalam melakukan segala sesuatu.

Bahkan kini hampir setiap rumah di Indonesia terkoneksi dengan jaringan Internet, tapi sebenarnnya tau ngga si bagaimana perkembangan jaringan komputer ?

Hingga akhirnnya bisa begitu besar dan mengoneksikan berbagai orang di tempat yang berbeda beda ?

Pada artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai, sejarah perkembangan jaringan komputer itu sendiri, hingga bisa di terima dengan mudah seperti sekarang berikut ulasannya yang telah kami kutip di webite Ibnufirnas.com :

Sejarah Jaringan Komputer [LENGKAP]

Sejarah Jaringan Komputer [LENGKAP] 

Sejarah Jaringan Komputer [LENGKAP]

Jaringan Komputer ini ternyata sudah ada sejak tahu 1940, pada waktu itu di Universitas Harvard Amerika membuat sebuah penilitian dan proyek Komputer MODEL 1, di Laboraterium Bell yang kemudian dipimpin oleh Prof.Howard Alken. 

Tak lain dan tak bukan tujuan dari penelitian ini adalah agar komputer mudah di terima di masyarakat dan mudah pula dipergunakan oleh masyarakat.

Dari penilitian itu masih timbul banyak PR karena komputer yang diciptakan belum begitu memuaskan hati masyarakat, sehingga pada tahun 1950, di lakukan penelitian yang di haruskan untuk membuat komputer yang dapat melayani berbagai program secara sekaligus, masya allah.

Kenapa dari penelitian yang dilukan pada tahun 1940 itu komputer belum dapat memuaskan masyarakat ? Lengkapnnya bisa anda baca di artikel Sejarah Komputer

Dari penilitian itulah terciptannya sebuah konsep yang disebut Time Sharing atau lebih dikenal sebagai TSS.

Dimana pada konsep ini komputer-komputer yang ada akan dihubungkan dengan komputer yang lainnya menggunakan rangkaian seri.

Hal ini ternyata berfungsi dengan baik, dan sangat diterima oleh masyarakat, sehingga sejak saat itu perkembangan komputer dan jaringan komputer terus mengalami kemajuan hingga terakhir ditemukannya Jaringan Komputer yang kini dikenal sebgaia DNS atau Domain Name System.

Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan Komputer

Komputer ternyata jenisnnya tidak hanya satu hal ini yang membuat jaringan komputerpun mulai menyesuaikan sehingga terciptalah beberapa jaringan komputer yang dikelompokan sebagai berikut :

1. Jaringan berdasarkan Luas Jangkauan

 

  1. LAN : Local area network ada lebih dikenal sebagai jaringan LAN ini memiliki jangkauan yang tidak terlalu luas, namun jaringan LAN ini sangat cocok di gunakan untuk area Gedung, Sekolah, ataupun Jaringan Internet di Rumah Pribadi.
  2. MAN : Metropolitan Area Network , jaringan komputer ini jangkauannya lebih luas dari jaringan LAN bahkan jangkauan MAN ini bisa sampai 50km.
  3. WAN : Wide Area Network, jaringan WAN ini jangkauannya lebih luas lagi di banding LAN ataupun MAN karena jaringan WAN ini sudah bisa mencangkup antar Negara.
  4. INTERNET : Interconnected Network, yaitu sebuah jaringan terbesar saat ini, jaringan ini dapat menjangkau tanpa batas bahkan tidak hanya antar negara namun bisa juga antar benua.

2. Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi

 

  1. Client Server : Jaringan Komputer yang satu ini tidak sembarang bisa digunakan oleh semua komputer melainkan hanya komputer komputer yang memiliki spesifikasi yang cukup baik seperti HDD, RAM dan Kecematan Prosesor yang baik.
  2. Peer to peer : Jaringan ini adalah jaringan komputer yang diseluruh perangkat komputernnya memiliki basis yang sama dan dapat pula menjadi client ataupun server dalam waktu yang bersamaan.

3. Jaringan Komputer berdasarkan Tepologi

 

  • Jaringan Topologi Bus
    Jaringan ini menggunakan kabel coaxial yang tujuannya untuk menyambung antar komputer.Jaringan Topologi Bus ini juga harus menggunakan konektor seperti terminator, TNBC atau BNC atau juga bisa menggunakan kabel Coaxial yang terhubung ke komputer.
  • Jaringan Topologi¬† Star
    Topologi Star ini menggunakan hubungan antara shitch yang tujuannya untuk membentuk pola bintang yang menghubungkan antar komputer
  • Jaringan Topologi RIng
    Jaringan ini menggunakan rangkaian melingkar seperti cincin serta mengubungkan antar komputer baik kategorinnya sejenis ataupun tidak.
  • Topologi Mesh
    Jaringan Topologi Mesh ini dapat menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya tanpa menggunakan hub atau switch.

4. Jaringan Komputer berdasarkan Transmisi

 

  • Wired Netwoork
    Sesuai dengan namannya jaringan ini dapat digunakan dengan media transmisi yang berupa kabel agar dapat melakukan pertukaran data antar komputer.
  • Wireless Netwoork
    Jaringan inilah yang saat ini banyak sekali di gunakan karena dengan menggunakan jaringan ini dapat melakukan segala transaksi data tanpa menggunakan kabel dan tidak terpaut jarak.

Sedikitnnya itu sejarah perkembangan jaringan komputer yang saat ini sedang anda nikmati, sebelumnnya sudah tau belum mengenail hal tersebut ?

Jika belum semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman semua, demikian terimakasih.