Perbandingan HPL Dan Decosheet

High Pressure Laminate (HPL)

Meruapakan salah satu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan sebuah salah satu finishing umum yang dipergunakan oleh produk mabel dan permukaan interior, walaupun terbilang cukup pasaran karena banyak para vendor yang menyediakan jenis finishing ini.

Namun ketahanan yang diberikan  untuk menutup permukaan cabinet, meja, kitchen set, wardrobe dan lain – lain, tidak perlu diragukaan lagi sudah bisa membuat perumkaan finishing menjadi lebih indah dan kuat karena hpl sendiri sudah anti gores, dan juga serta tahan terhadap air, tahan bukan berarti “Anti” Terhadap air, dan tidak 100% tahan juga terhadap goresan.

Yang membuat bahan ini kuat berkat bahan utamanya yang menggunakan plastic keras PVC dengan memiliki permukaan yang bertekstur. Karena Material ini lebih uat dari yang biasanya di gunakan untuk melapisi furniture dengan price list yang lebih murah dengan penegerjaan yang cukup cepat Karena material yang di butuhkan lem pada multiplex.

HPL sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan aku berikan penejelasan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki finishing jenis ini.

  • Proses Finishing yang praktis (tidak seperti finishing semprot seperti duco yang memakan waktu agak lama).
  • Biaya yang dikeluarkan lebih rendah
  • Furniture yang menggunakan HPL tidak perlu memerlukan tukang khusus finishing, namun ketalatenan tukang disini di uji untuk merakatkan kayu ke finishing agar tidak mudah copt
  • Ketahanan terhadap panas, goresan dan zat kimia
  • Harga relative murah
  • Cocok untuk digunakan pada kitchen set modern maupun minimalis
  • Memiliki banyak motif seperti motif kayu, marmer, warna solid, metalik hingga motif marmer atau maupun granit.

Kekurangan

  • Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan ketebalan dan kerapihan sudut – sudutnya menjadi kurang rapih.
  • Lapisan HPL sering lepas jika proses lem tidak merekat sempurna
  • Warna Yang di tampilkan tidak semewah Cat Duco yang memakan waktu lebih lama

Decosheet

Pelapis bentuk lembaran lainnya yaitu decosheet, Pelapis lembaran ini terbuat dari bahan plastic lebih tipis dari HPL karena bentuknya yang tipis decosheet sangat mudah untuk di bentuk, decosheet meruapkan pilihan yang bagus untuk kitchen set yang bertype kering.

Meski demikian terdapat perbedaan signifikan antara decosheet dengan HPL. Salah satu yang mencolok adalah soal hal keawetan, berdasarkan aspek tersebut HPL jelas lebih tahan lawan lama dan awet di bandingkan dengan decosheet tak mengeherankan Harga HPL menjadi lebih mahal di bandingkan decosheet, Deco sheet sendiri lebih rentan robek pada bahan ini juga tak tahan terhadapa paparan udara paans dan maupun solvent

Kelebihan

  • Jauh lebih tips dari HPL sehingga lebih fleksibel ketika menggunakannya
  • Salah satu pelapis yang tiadk mudah untuk mengelupas
  • Harga yang diberikan relative terjangkau bila di bandingkan dengan bahan finishing tempel yang terjaual banyak di pasaran.
  • Memiliki panjang yang tidak terbatas sehingga cocok untuk finishing perabot yang juga panjang.
  • Harga yang di tawarkan lebih ralatif murah di bandingkan HPL

Kekurangan

  • Tidak cukup kuat terhadap paparan panas sehingga rawan apabila digunakan untuk pelapis yang dekat dengan kompor ataupun tungku

Kesimpulan

Setalah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari ke 2 bahan ini balik lagi ke kamu, untuk memilah dengan baik dan menyesuaikan budget yang anda punya untuk memilih ke 2 finishing yang bagus untuk di aplikasikan di kitchen set yang akan kalian buat dengan harga yang relative murah.

Leofurniture.net akan membantu mewujudkan impaian kamu membuat kitchen set idaman dengan harga yang relevan dengan menggunakan bahan yang berkualitas yang di kerjakan oleh tukang yang berpengalaman di dalam bidang kitchen agar lebih awet dan tahan lama walaupun harga relative murah.

Dengan menggunakan ke 2 bahan tersebut atau menggunakan bahan finisihing yang lebih mahal seperti cat duco atau yang mau lebih awet dan anti rayap kami siap menyediakan kitchen set alumunium, sekian aritkel pada kali ini semoga dapat membantu kamu dalam mendapatkan gambaran dari ke 2 jenis finishing ini.