Tutorial Suara Google Translate dan Fitur Terbaru 2022

Layanan dari Google yaitu Google Translate sudah menjadi sebuah alat yang sangat membantu dan memudahkan aktivitas sehari-hari. Bahkan, sekarang Anda juga bisa menggunakan Google Translate secara offline dengan mudah dan cepat lewat aplikasinya

Layanan Google Translate secara offline dari aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang sering membutuhkan terjemahan ketika tidak ada sinyal internet. Dengan begitu, bahasa asing tetap bisa diterjemahkan tanpa harus menghubungkan dulu ke internet.

Apa itu Text To Speech?

Text To Speech merupakan sistem yang dapat mengubah suatu teks menjadi ucapan secara otomatis. Uniknya, cara merubahnya dengan cara fonetasi atau beberapa kata disusun menjadi sebuah ucapan yang lebih mudah untuk dimengerti.

Fitur ini bisa dibilang salah satu inovasi atau penemuan yang berguna banget untuk masyarakat modern seperti kita sekarang ini. Jika untuk orang dewasa sudah pasti Text To Speech akan mempermudah kita dalam bekerja.

Sedang untuk anak –anak, Text To Speech dapat membantu dalam proses belajar. Contohnya saja, anak – anak lebih mudah saat mengenal kata, membantu menajamkan ingatan dari kata – kata yang didengar dan terakhir bisa meningkatkan konsentrasi.

Cara menggunakan aplikasi Text To Speech

Kabar baiknya, Text To Speech sekarang sudah tersedia di Android. Dan cara penggunaannya juga gampang banget. Dibawah ini, mari kita bahas secara mendalam dan tutorial lengkapnya.

  1. Kamu bisa aktifkan Android Text To Speech lewat menu pengaturan. Nah, kalau sudah aktif baru deh bisa dipakai.
  2. Setelah itu, masuk ke panel bahasa trus tekan panel Text To Speech yang ada di bagian bawah layar.
  3. Klik dibagian text yang kamu pilih, terus kamu akan menemukan Google Text to Speech engine.
  4. Selanjutnya sesuaikan tingkat speechnya, kamu juga bisa mengubah bahasa ke status default.
  5. Asiknya lagi, kamu bisa memilih berbagai bahasa yang didukung oleh sistem TTS di smartphone Android.

Selain fitur Google text to speech di Hp Android, fitur ini juga tersedia di aplikasi Google lainnya yaitu Google Translate. Berikut ulasan mengenai fitur suara Google di aplikasi Translator terpouler saat ini:

Aplikasi Google Translate dan Fitur Terbarunya

Umumnya, orang-orang mengenal layanan Google Translate sebagai penyedia terjemahan secara online dengan berbagai fitur. Tanpa menghubungkan perangkat ke internet, maka tidak bisa menikmati semua fiturnya.

Padahal saat ini Anda tetap bisa menggunakan berbagai fitur Google Translate meski tidak terhubung ke internet. Oleh karena itu, layanan ini memang akan sangat membantu sekali dalam segala kondisi yang tidak bisa diprediksi.

Layanan versi aplikasi ini juga akan lebih memudahkan dalam hal pengoperasian dan penggunaan sehari-hari. Berikut beberapa fitur aplikasi Google Translate dan fitur saat offline yang bisa kamu pakai di hp Android maupun iPhone (suara google iphone):

  1. Terjemah Gambar

Fitur pertama yang biasanya hanya bisa digunakan saat online pada Google Translate website adalah menerjemahkan kalimat dalam format gambar. Namun, saat ini Anda bisa menggunakan fitur ini pada aplikasi Google Translate.

teknologi google translate dapat terjemahkan tulisan pada gambar secara otomatis
teknologi google translate dapat terjemahkan tulisan pada gambar secara otomatis

Penerjemahan gambar sendiri sangat penting sekali terutama ketika Anda mendapatkan dokumen dalam bentuk hardcopy. Agar memudahkan proses pengartian maksud dari dokumen tersebut, Anda bisa mengambil foto dokumen dan memasukkannya ke aplikasi Google Translate.

Untuk cara kerja fitur ini hampir mirip dengan proses pemindaian pada aplikasi scanner. Jadi semua yang ada di dalam foto tersebut akan dipindai dan diambil semua objek berupa tulisan. Setelah itu, semua tulisan akan diterjemahkan sesuai yang Anda inginkan.

Usahakan agar foto yang Anda ambil tersebut cukup jelas dan tidak blur agar bisa dipindai dengan lancar tanpa masalah oleh aplikasi Google Translate.

  1. Terjemah Suara

Cara lain yang sangat mudah dalam proses penerjemahan tulisan asing adalah dengan menggunakan media suara. Jadi Google Translate akan menerima suara dalam bahasa asing dan kemudian menuliskannya kembali dalam bentuk hasil terjemahan.

cara pakai terjemah otomatis lewat fitur suara google
cara pakai terjemah otomatis lewat fitur suara google

Mekanisme ini sangat memudahkan sekali bagi Anda yang bertemu dengan warga asing. Untuk bisa memahami apa yang mereka ucapkan, Anda bisa memasukkan rekaman suaranya ke Google Translate. Dengan begitu, hasil terjemahannya akan muncul.

Bagian terpenting dari fitur ini adalah usahakan menyampaikan bahasa asing dengan ucapkan yang jelas dan tidak ada kesalahan. Hal ini diperlukan agar sistem di dalam aplikasi Google Translate bisa mendeskripsikannya dengan benar.

Baca selengkapnya: Cara Membuat Suara Google di WA

  1. Transcribe

Jika Anda memilih menggunakan aplikasi Google Translate, maka juga bisa menikmati fitur yang bernama Transcribe. Sekilas mungkin Anda akan menilai jika fitur ini sangat mirip dengan fitur penerjemah suara.

Memang secara fungsi dan kegunaan keduanya hampir sama. Tapi bedanya untuk fitur Transcribe ini akan menerjemahkan suara secara langsung atau real-time. Ini akan sangat membantu sekali ketika Anda sedang mengobrol secara langsung dengan orang asing.

Setiap kata yang disampaikan orang asing akan diterjemahkan oleh layanan Google ini agar bisa diketahui maksudnya. Sayangnya, fitur ini belum begitu mendukung penerjemahan ke bahasa Indonesia. Namun, untuk bahasa asing lainnya sudah cukup bagus.

  1. Terjemah Secara Offline

Fitur yang sangat membantu dan memudahkan pengguna berikutnya adalah kemampuan menerjemahkan setiap kata secara offline dengan mudah dan cepat. Fitur offline akan memungkinkan Anda melakukan penerjemahan kata ketiak tidak terhubung ke internet.

Beberapa fitur online akan menjadi tersedia dan bisa digunakan saat perangkat tidak terhubung ke internet. Ini sangat membantu sekali ketika Anda sedang berada di kawasan yang tidak terjangkau internet atau sedang kehabisan paket data.

Namun untuk bisa menikmati fitur ini dengan maksimal, Anda harus tahu bagaimana cara pakainya. Sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan cara bikin suara Google dan  memanfaatkan fitur transcribe jika menggunakan fitur offline.

Cara Download Google Translate Offline

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika memang ingin dan membutuhkan fitur terjemah offline dari aplikasi Google Translate ini. Berikut beberapa langkahnya:

aplikasi google terjemahan di google play
aplikasi google terjemahan di google play

  • Pertama, pastikan dulu Anda sudah mendownload dan menginstal aplikasi Google Translate.
  • Setelah itu, buka dan jalankan aplikasinya. Jika masih baru, biasanya akan diminta untuk login ke akun Google yang Anda miliki. Lakukan saja proses loginnya seperti biasa.
  • Kemudian setelah berhasil login dan berada di Beranda aplikasi Google Translate, Anda bisa memilih pada simbol garis tiga tumpuk. Lokasinya ada di pojok kiri atas.
  • Saat muncul tab baru, bisa pilih pada opsi yang tulisannya Offline Translation.
  • Berikutnya pilih saja bahasa mana saja yang dibutuhkan dan tekan tombol panah arah bawah untuk mendownload bahasa tersebut.
  • Tunggu proses penyimpanan data bahasa selesai dan sekarang Anda bisa mencobanya dengan memasukkan kalimat yang ingin diartikan.

 

Hal terpenting dalam proses cara pakai Google Translate offline ini adalah Anda harus terhubung dulu ke internet. Hal ini dikarenakan Anda harus mendownload berbagai macam data bahasa terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi secara offline.

Cara Pakai

  • Pertama, bisa ke halaman utama aplikasi Google Translate.
  • Kemudian, tap pada gambar panah biru di samping bahasa utama Anda dan pilih bahasa.
  • Setelah itu, pilih pada Bahasa yang sering Anda terjemahkan dan cari bahasa yang ingin diartikan.
  • Tap pada gambar kotak kecil di samping tulisan berupa Terjemahkan secara offline dan pilih Selesai.
download file google terjemahan secara offline tanpa koneksi internet
download file google terjemahan secara offline tanpa koneksi internet

Jika masih ada bahasa yang belum Anda download agar tersedia offline, bisa kembali ke cara download yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Google Translate versi aplikasi ini memang sangat berguna sekali. Apalagi layanannya juga tersedia dalam versi offline yang sangat membantu saat tidak ada jaringan internet sama sekali. Untuk bisa menerjemah ke dalam beberapa bahasa, Anda perlu download bahasa tersebut terlebih dahulu.

Referensi terkait: