Comments Off on Implementasi data base pada sistem penjualan “ Hardware Komputer”

Web ini adalah e-comerce yang bergerak dalam bidang jual beli hardware komputer.

Desain Rules Database

System database yang saya buat adalah untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan skenario berikut:

  1. User/customer mengunjungi web kami
  2. User melihat-lihat barang berdasarkan category
  3. Tertarik dan melihat detail barang
  4. Memasukkan barang dalam shopping cart
  5. Memilih lagi atau langsung ke tahap berikutnya yaitu checkout
  6. Checkout (memasukkan info pemesanan dan pembayaran)
  7. Meninggalkan website kami.

ER-Diagram

Class Diagram

Keterangan :

  • Entity Admin : Merepresentasikan tentang tabel admin yang memiliki attribut ID (PK) dan Password
  • Entity Toko : Menjelaskan tentang tabel Toko yang memiliki attribut Ip (PK) , Nama dan E-mail
  • Entity Barang : Merepresentasikan tabel Barang yang memiliki attribut ID (PK), Nama, Harga  dan Stock
  • Entity Cart : Merepresentasikan tabel Cart yang berisi oerder dari customer memiliki attribut ID Barang (FK), Nama, Harga ,jumlah  dan Total
  • Entity Customer : Merepresentasikan tabel Customer yang memiliki attribut Rekening (PK), Nama, Alamat dan Tlp dan Email.

Use Case

Customer

Admin

Data Flow Diagram



Mulai dari E-bay!!!!

Posted: 6th March 2010 by kcandrabrata in Kapita
Comments Off on Mulai dari E-bay!!!!

Jenis Usaha :  Penjualan barang khususnya tshirt di e-bay

Usaha ini bergerak dibidang penjualan barang. Komoditas yang diprioritaskan adalah kaos.Usaha ini memanfaatkan store online yang sudah populer dan biaya administrasinya relatif sangat murah yaitu e-bay.

Dalam usaha ini, kita tidak memerlukan modal dan tempat yang luas untuk menyimpan barang dagangan kita. Kita hanya cukup membuat design dari kaos kemudian mempostingnya di e-bay, jika ada pesanan maka kita tinggal mengirimkan order ke konveksi online yang sudah bekerjasama dengan kita. Usaha ini pada awalnya hanya digunakan sebagai sampingan (side job) yang bersifat part time dan dan ditujukan untuk para customer dari luar negeri. Kita memperoleh keuntungan dari selisih harga yang kita pasang di e-bay dan biaya order ke konveksi online kerjasama kita.


Analisa Usaha

Strength :

  1. Hanya membutuhkan ketrampilan design
  2. Tidak membutuhkn modal yang besar, hanya cukup jaringan internet.
  3. Resiko mengalami kerugian finansial sangat kecil
  4. Tidak membutuhkan gudang penyimpanan barang
  5. Usaha ini tidak menyita waktu
  6. Proses transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan internet.

Weaakness  :

  1. Harga yang berstandart internasional ( rata-rata 1 kaos seharga $19 ) membuat customer lokal kurang bisa menjangkau
  2. Harus selalu mengetahui trend mode design yang diminati di luar negeri
  3. Modal kepercayaan customer dan rating di e-bay yang sangat berpengaruh

Oppurtunity :

  1. Merupakan usaha yang tidak bermodal tapi menghasilkan keuntungan yang relatif besar
  2. Banyak sekali konveksi online yang menawarkan harga miring tapi kurang diketahui oleh customer awam
  3. Gaya hidup jaman sekarang yang cenderung memanfaatkan E-commerce dalam proses jual beli

Thread :

  1. Ada beberapa konveksi online yang kadang-kadang berbuat nakal (menipu). Jadi kita harus sangat berhati-hati dalam memilih partner konveksi online.
  2. Lama waktu pengiriman (Shiping)ke setiap negara berbeda-beda
  3. Usaha ini sangat mudah ditiru, jadi kita harus terus mengembangkan kreatifitas dan inovasi agar bisa tetap eksis di bisnis ini.

Entrepreneurship

Posted: 27th February 2010 by kcandrabrata in Kapita

Untuk menjadi entrepreneur tidak cukup jika hanya berbekal modal uang saja. Kita harus memiliki kecerdasan entrepreneur sebagai bagian dari managemen dari yaitu bagaimana kita dapat mengemdalikan kehidupan kita secara finansial, emosional, sosial, dan spiritual.

Hal pertama yang harus kita miliki adalah keyakinan dan keberanian untuk memulai langkah pertama kita yaitu keluar dari zona kenyamanan kita dan mulai mengubah diri dengan kebiasaan-kebiasaan sukses menjadi entrepreneur yang perlu kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu:

1. Find Your Purpose and Dream All the Time

Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Setiap saat kita mencapai target, goal atau impian kita, maka segeralah membuat impian-impian baru yang dapat memacu kita dan memberi semangat serta antusiasme untuk mencapainya. Biasakanlah untuk memiliki target, baik harian, bulanan maupun tahunan

2. Never-ending Innovation

Seorang entrepreneur harus segera menerjemahkan impian-impiannya menjadi inovasi untuk pengembangan bisnisnya. Jika impian dan tujuan hidup kita merupakan fondasi bangunan bisnis kita, inovasi dapat diibaratkan pilar-pilar yang menunjang kokohnya bisnis kita.

3. Learn – Change and Grow

Seorang entrepreneur harus senantiasa belajar, belajar dan belajar. Kehidupan ini penuh dengan berbagai peluang dan kesempatan untuk kemajuan, penyempurnaan dan pertumbuhan

4. Accumulate Your Assets

Tujuan akhir menjadi seorang entrepreneur bukanlah menjadi business owner maupun investor. Tujuan akhirnya adalah mencapai kebebasan finansial serta dapat meraih impian-impian kita. Entrepreneur bukanlah profesi ataupun pekerjaan. Cara yang paling mudah bagi kita untuk mulai memiliki kebiasaan ini adalah dengan menabung. Karena yang penting bukan berapa jumlah yang kita tabung, melainkan kesadaran bahwa setiap bulan kita menjadi lebih kaya. Balance sheet pribadi maupun usaha yang kita miliki harus senantiasa menunjukkan penambahan aset kita.

5. Use Leverage Concept To Build Your Business

Seorang entrepreneur yang cerdas harus mampu menggunakan tenaga dan waktu orang lain untuk mencapai impiannya. Contoh yang menarik adalah konsep pemasaran dengan sistem jaringan (network marketing).

6. Nurture-Equip-Develop Your People

Untuk dapat mampu menggunakan waktu dan tenaga orang lain mengelola dan mengembangkan bisnis kita, seorang entrepreneur harus memiliki kemampuan dan passion untuk mengembangkan orang-orang di sekelilingnya. Seorang pemimpin yang baik tidak diukur dari berapa banyak pengikutnya atau pegawainya, tetapi dari kualitas orang-orang yang mengikutinya serta berapa banyak pemimpin-pemimpin baru di sekelilingnya

7. Systemize Your Business

Sebuah usaha baru dapat dikatakan established ketika sudah dapat membangun sistem bisnis yang efektif dan efisien. Seperti halnya tubuh manusia adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa sistem, perusahaan adalah sebuah sistem juga yang terdiri dari beberapa system. Sebagai entrepreneur atau pemimpin bisnis, salah satu tugas utama kita adalah menyiapkan dan menyempurnakan sistem-sistem tersebut sehingga pada akhirnya organisasi tidak tergantung pada orang semata, tetapi sistem yang dijalankan oleh sumber daya manusia yang berkualitas.

8. Build Network & Alliances

Keberhasilan kita menjadi entrepreneur sejati sangatlah tergantung pada jaringan dan mitra bisnis kita. Oleh karena itu membangun jaringan dan mengembangkan aliansi dan kemitraan bisnis merupakan kebiasaan yang harus senantiasa kita kembangkan.

9. Be A Smart Investor

Menjadi entrepreneur yang cerdas dan sukses bukanlah sekedar memiliki usaha sendiri namun juga mampu mengelola portofolio aset kita dan mengembangkan bisnis secara vertikal dan horisontal.

10. The Power of Giving: Give and Be Grateful

Berdoa dan bersyukur adalah usaha terakhir yang dapat dilakukan karena anda yang berusaha, Tuhan YME yang menentukan. Perbanyaklah amal dan ibadah untuk meningkatkan rasa syukur.

11. Take the Risk

Seorang entepreneur bersedia menanggung segala resiko atas segala yang dilakukannya, baik itu resiko Finansial ( rugi) maupun resiko mental( kegagalan ).

Salam Sukses dari Saya,….

”  Semua berawal dari mimpi, tergantung bagaimana kita memimpikannya “,..