Hello world!

March 19th, 2010

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

>Tugas 1

March 11th, 2010

>

Definisi E-commerce

Terdapat dua jenis perusahaan yang melakukan bisnis di internet. Jenis yang pertama adalah perusahaan yang semata-mata hanyaberada di internet. Perusahaan jenis ini tidak mempunya toko atau melakukan bisnis secara tradisional. Sebagai contoh : amazon.com dan cdnow.com. Sedangkan jenis kedua perusahaan yang menggunakan e-commerce di internet sebagai pengganti kegiatan bisnis yang ada. Contoh Barnes dan Noble. Selain menjual buku-buku di tokonya ke negara lain, Barnes dan Noble mengoperasikan website-nya dimana konsumen dapat mencari buku-buku yang menarik baginya untuk dibeli, dan kemudian mereka dapat memesannya melalui website tersebut.


Perdagangan elektronik
atau e-dagang (E-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Menurut Kalakota dan winston , Dari beberapa prespektif E-commerce dapat didefinisikan sebagai berikut :

  1. Dari Prespektif komunikasi ,e-commerce adalah Pengiriman informasi, produk atau jasa atau pembayaran melalui jaringan telepon atau jalur komunikasi lainya.
  2. Dari prespektif proses bisnis , e-commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomasasi bisnis dan workflow.
  3. Dari Prespektif pelayanan, e-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
  4. Dari Prespektif on-line, e-commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

Menurut Robert E. Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama. Pada website ECARM (The Society For Electronic Commerce And Rights Management) dijelaskan bahwa e-commerce secara umum menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data dijital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual (OECD, 1997
Sedangkan menurut yuan Gao dalam Encyclopedia of information science and Technology (2005) menyatakan bahwa e-commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi . Sedangkan di website e-commerce Net, e-commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktik diaplikasikan di sini seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran , jaminan atas produk yang dijual , cara promosi dan sebagainya.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

RUANG LINGKUP E-COMMERCE

Gambar 1. Ruang Lingkup E-Commerce

ELECTRONIC BUSINESS, merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara

elektronik dalam arti luas.

ELECTRONIC COMMERCE, merupakan lingkup perdagangan yang dilakuka

secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk :

– Perdagangan via Internet (Internet Commerce)

– Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)

– Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik

(Electronic Data Interchange/EDI).

Peluang E-commerce di Indonesia

Sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggaraka e-commerce di Indonesia adalah isTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan rototipe layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online.

Lisensi Dokumen:

Copyright © 2010 firman-hermawan.blogspot.com


Seluruh dokumen di mohamad-muhdin.blogspot.com bukan merupakan hasil plagiatisme, dan referensi yang digunakan merupakan dokumen yang copyrigtnya sah dan diijinkan untuk mengunduh informasi tersebut

Sumber data (Diunduh tanggal 11 maret 2010)

http://www.balinter.net/news_184_Pengertian_E-commerce_dan_Teknologi_Informasihtml

www.wikipedia.org

www.balinter.net/news_184_Pengertian_Ecommerce_dan_Teknologi_Informasihtml –

wiwied.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/…/slide_ECommerce.pdf