Tips Cara Meningkatkan IP atau IPK

Untuk kalian yang belum kuliah, IP (indeks prestasi) adalah nilai mata kuliah selama satu semester dalam skala 4, jadi semacam raport semester gitu. IPK sendiri adalah IP yang diakumulasikan dari semester satu sampai semester akhir yang telah kalian ikuti. Meski IP tidak menunjukkan pintar atau tidaknya seorang mahasiswa, IP yang tinggi bisa mempermudah kalian lolos tes kerja karena sebagian besar perusahaan mencantumkan kriteria IP yang tinggi sebagai prasyaratnya dan juga berguna untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
Dulu, waktu semester satu IP saya adalah 3,3 dan pada semester dua 3,1 jadi IPKnya yaitu 3,2. Sekarang saya duduk disemester tiga. Menurut pengalaman saya banyak sekali cara-cara untuk menaikkan IP atau IPK kalian diantaranya :
1. Rajin belajar
Ya iyalah, rajin belajar merupakan hal yang wajib kalian lakukan agar bisa menguasai mata kuliah yang diajarkan juga supaya tidak bergantung pada teman (maksudnya nyontek bro).
2. Berdoa
Setelah belajar kalian wajib berdoa, kalian punya tuhankan?. Andalkan doa untuk menenangkan hati dan dilancarkan jalannya supaya IPnya naik.
3. Tidak bolos atau titip absen
Bolos banyak ruginya daripada kesenangan yang ditawarkan seperti tidak tahu kalau ada pengumuman secara tiba-tiba, menyumbang UKT secara sukarela untuk kampus, dan seringkali informasi verbal yang diajarkan dosen lebih mudah dipahami dibandingkan belajar sendiri.
4. Sering bertanya
Bertanyalah kepada dosen, kalau tidak berani atau sungkan tanya keteman kalian entah itu pintar atau yang kurang pintar. Selain menambah wawasan dari berbagai sudut pandang juga meningkatkan softskill kalian.
5. Ingat saat susah
Dengan mengingat kesusahan diri sendiri atau orang lain maka kalian akan termotivasi untuk giat belajar misalnya kalian mengingat orang tua yang tidak bekerja tapi masih mengupayakan kalian untuk tetap bisa kuliah.
6. Tidak telat saat ujian
Selain tidak mendapat tempat strategis, juga akan mengakibatkan kalain tidak diperbolehkan mengikuti ujian jika melebihi batas telat seperti saya pada waktu semester dua, alhasil nilai mata kuliah tersebut menjadi D. Jika kalian terlanjur tidak diperbolehkan mengikuti ujian kalian harus minta surat dokter pada hari itu juga dengan alasan sakit supaya bisa mengulang ujian.
7. Cari teman yang pintar dan yang kurang pintar
Dengan dekat dengan teman yang pintar baik pada angkatan yang sama atau berbeda, kalian akan mengetahui pola pikir mereka dan cara-cara agar bisa menguasai suatu mata kuliah tertentu, sedangkan dengan yang kurang pintar dalam hal pelajaran kalian bisa mempelajari bagaimana cara copas dan nyontek dengan baik dan benar (serius).
8. Jangan meremehkan UTS dan UAS
Meskipun cuma 2 hari akan tetapi prosentasenya kurang lebih 50 persen dari keseluruhan nilai suatu mata kuliah, rajinlah belajar, dan gabungkan dengan mencontek kalau bisa (situasi, tempat dan waktu mendukung).
Nah, masih banyak lagi tips-tips dan cara jitu lainnya untuk menaikkan IP atau IPK kalian, jika ada silahkan corat-coret komen dibawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.