Tips Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki dapat menimbulkan gangguan, hal ini dokarenakan bau yang tidak sedap, sekaligus menurunkan kepercayaan diri. Bagi Anda yang memiliki masalah ini, sangat penting mengetahui cara menghilangkan bau kaki.

Tips Menghilangkan Bau Kaki

Baca juga: Obat Herbal Patah Tulang

Menghilangkan bau kaki sebenaranya tidak sulit. Yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan kaki dengan baik. Selain itu, pastikan juga Anda rutin menjaga kebersihan alas kaki yang digunakan. Dengan mengetahui apa saja penyebab timbulnya bau kaki, akan membantu Anda untuk dapat menghilangkan bau kaki.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Apabila Anda memiliki masalah bau kaki, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau kaki, di antaranya adalah:

  • Cuci kaki tiap hari dan keringkan hingga ke sela-sela jari.
  • Selain mencuci kaki, disarankan merendam kaki ke dalam air garam atau air campuran cuka, selama 10- 20 menit. Air garam dan cuka mampu menghalau bakteri penyebab bau kaki.
  • Jaga kebersihan kuku kaki dengan baik, antara lain dengan rutin memotong kuku kaki.
  • Gunakan sepatu dari bahan kanvas atau kulit, karena lebih memungkinkan kaki untuk bernapas daripada sepatu berbahan plastik. Bila cuaca sedang panas, dapat memilih alas kaki yang lebih terbuka, seperti sepatu sandal.
  • Jangan menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Sepatu juga perlu dicuci secara rutin.
  • Simpan sepatu di tempat yang kering dan terang, agar bakteri tidak tumbuh subur.
  • Bungkus soda kue menggunakan kain kasa atau filter kopi, lalu masukkan ke dalam sepatu. Lakukan hal ini setiap habis menggunakan sepatu selama satu hari penuh.
  • Gunakan kaus kaki bersih tiap hari. Apabila cuaca sedang panas atau sedang berolahraga, disarankan untuk lebih sering mengganti kaus kaki. Hal ini dikarenakan kaki lebih mudah untuk berkeringat.
  • Pilihlah kaus kaki yang terbuat dari bahan katun atau wol, dibandingkan bahan sintetis seperti Tersedia jenis kaus kaki olahraga dengan lubang-lubang ventilasi yang dapat membantu menjaga kaki agar tetap kering.

Baca juga: Obat Herbal Patah Tulang

  • Gunakan deodoran khusus kaki, atau bisa juga menggunakan deodoran bentuk spray khusus ketiak untuk disemprot ke kaki.
    Pakailah sepatu dengan sol yang dibuat khusus untuk menghilangkan bau kaki.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda praktekan di rumah untuk mengatasi bau kaki. Meskipun terdengar sepele, namun jika bau kaki yang Anda alami berlangsung dalam waktu yang lama dan mengganggu, Anda harus segera mengatasi hal tersebut. Karena itu sangat berpengaruh terhadap penampilan dan kepercayaan diri Anda.