Manfaat Es Batu Yang Bukan Hanya Menyegarkan Dahaga

Selain nikmat dicampur dengan teh manis, jus buah dan yang lainya, es batu juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan atau penanganan sejumlah penyakit, seperti nyeri tumit, gigitan serangga, keracunan makanan, hingga radang sendi. Simak ulasan manfaat es batu dalam artikel berikut ini!

Manfaat Es Batu Yang Bukan Hanya Menyegarkan Dahaga

Baca juga: Obat Herbal Patah Tulang

Berikut manfaat es batu yang bukan hanya digunakan untuk campuran minuman. Diantaranya:

  • Nyeri Tumit (plantar fasciitis)
    Istirahat dan kompres es batu dapat membantu mencegah nyeri tumit menjadi lebih berat. Es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki dan menopang lengkung kaki).
  • Keracunan Makanan karena Bakteri Salmonella
    Keracunan makanan ini terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri Salmonella, biasanya makanan yang mentah, tidak dimasak dengan benar, atau minuman dan makanan yang tidak dipasteurisasi (sterilisasi kuman melalui pemanasan pada suhu 71 derajat Celcius selama 15 detik atau 63 derajat Celcius selama 30 detik).
  • Gigitan atau Sengatan Serangga
    Gatal, bengkak kemerahan, atau nyeri di kulit akibat gigitan nyamuk bisa diredakan dengan menaruh es batu pada benjolan. Atau jika Anda disengat serangga, kompres bagian yang sakit dengan handuk basah atau ice pack selama beberapa menit.
  • Gusi Bengkak
    Rasa sakit atau bengkak pada gusi atau jaringan mulut dapat dikurangi dengan memanfaatkan es batu. Setidaknya hingga Anda sampai ke lokasi praktik dokter gigi. Caranya dengan meletakkan es batu di dalam mulut (tepatnya di atas daerah yang sakit) atau pada pipi, tepat di bagian yang sakit.

Baca juga: Obat Herbal Patah Tulang

  • Cedera atau Radang Sendi
    Es batu dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan akibat cedera atau kondisi lain, seperti radang sendi. Caranya? Kompres daerah yang bengkak atau sakit dengan handuk basah atau es yang sudah dibungkus dengan handuk selama 15–10 menit. Lakukan pengompresan beberapa kali dalam sehari.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan es batu untuk berbagai keperluan di atas, selalu ingat untuk tidak menaruh es batu secara langsung pada kulit, terutama pada luka terbuka. Dianjurkan untuk meletakkan kain bersih di antara kulit dan es batu. Selain itu, jangan menaruh es batu pada kulit selama lebih dari 15-20 menit, dan jangan tertidur dengan es batu masih melekat pada kulit.