Manfaat Ketimun Untuk Tubuh

Ketimun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya bisa mencegah dehidrasi dan baik untuk kulit. Selain mengandung banyak air, tumbuhan ini juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Manfaat Ketimun Untuk Tubuh

Mengetahui banyaknya kandungan gizi yang bisa didapat dari sepotong ketimun, mulai sekarang jangan lagi abaikan kehadirannya di piring karena kandungannya sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh kita.

Baca juga: Obat Herbal Patah Tulang

Manfaat Ketimun Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat ketimun begitu banyak. Di antaranya, sayuran ini kaya akan beta karoten, mangan, vitamin C, serta beberapa antioksidan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat mengundang sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, penurunan daya penglihatan, serta penyakit Alzheimer.

Selain itu, kandungan cucurbitacin dan lignan pada ketimun dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian menemukan, salah satu manfaat ketimun kemungkinan bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat, karena mengandung flavonoid fisetin.

Risiko terkena radikal bebas bisa meningkat bila terkena paparan polusi, asap rokok, serta sinar matahari. Begitu juga ketika sedang berolahraga. Sehingga, penting untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan, seperti ketimun.

Selain beberapa hal di atas, masih ada beragam manfaat ketimun yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  1. Mencegah Dehidrasi
    Kebanyakan orang minum enam hingga delapan gelas air per hari dengan tujuan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tetapi jika Anda merasa bosan dengan air putih, Anda bisa memasukkan potongan ketimun ke dalam air untuk membuat infused water, yang akan memberikan tambahan rasa dan mendorong Anda untuk minum lebih banyak.
  2. Menurunkan Tekanan Darah
    Meminum infused water ketimun juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, karena ketimun mengandung kalium yang dapat mengatur jumlah garam pada ginjal.
  3. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, maka mulai sekarang kurangi minum minuman bergula dan soda, ganti dengan jus atau air mentimun untuk membantu Anda mengurangi kalori tubuh Anda.
  4. Merawat Kulit
    Bila kulit berjerawat, Anda dapat mengonsumsi ketimun atau menggunakan masker ketimun. Baca juga: Obat Herbal Patah Tulang Ketimun mengandung vitamin B5 (asam pantotenat), yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat. Di samping itu, irisan ketimun juga membantu mengurangi kantung mata karena mengandung asam kafeat dan kaya akan air.

Ketimun juga dapat menyehatkan tulang. Menurut penelitian, kandungan vitamin K dalam ketimun dinilai dapat menyehatkan tulang karena membantu membentuk protein yang dibutuhkan tulang.