Kesuksesan E-Commerce

April 18th, 2021

1 . BLI BLI . COM

Blibli.com didirikan sejak 2010 dan resmi diluncurkan pada tanggal 25 juli 2011. Blibli didirikan oleh PT.Global Digital Niaga(GDN) yang merupakan anak perusahaan dari PT.Global Digital Prima(GDP) yang merupakan bagian dari salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia Djarum Group. Selain blibli Djarum Group juga memegang beberapa bisnis online terkemuka seperti litasberita.com, krazymarket.com, dailysocoal.net, serta perusahaan incubator bisnis online bernama Merah Putih Inc. Blibli adalah marketplace hasil buatan PT Global Digital Niaga, anak perusahaan dari Djarum. Marketplace ini berhasil menduduki peringkat kelima dengan jumlah pengunjung sebesar 32.597.200 per bulan.

Berbeda dengan toko online lainnya seperti bukalapak dan tokopedia yang menggunakan model C2C (pelanggan untuk pelanggan) nampaknya blibli menggunakan model bisnis hibrid C2C (pelanggan ke pelanggan) dan B2C (Bisnis untuk Pelanggan), artinya blibli selain menyediakan lapak untuk para pedagang juga menjual produk sendiri. Bahkan untuk pengiriman biasanya dilakukan oleh pihak blibli. Penggambaran prosedurnya seperti ini, saat penjual mendapatkan order blibli akan mengirimkan notifikasi kepada seller untuk mengirimkan produk yang akan dikirimkan ke pelanggan ke kantor blibli, setelah itu pihak blibli yang akan mengirimkannya langsung kealamat pembeli

Mal online Blibli.com dinobatkan sebagai “The 1st Champion of Indonesia Original Brand 2017” untuk  kategori Online Shop pada ajang penghargaan “Indonesia Original Brands 2017” yang digelar di Jakarta, pada 18 Juli 2017.

Indonesia Original Brands 2017 diselenggarakan oleh majalah SWA bersama Lembaga Riset Business Digest berdasarkan survei atas empat indikator penilaian yaitu kepuasan, loyalitas, rekomendasi/advokasi, dan tingkat daya saing dari merek-merek asing (global). Survei ini melibatkan 5.144 responden di Jabodetabek, Medan, Bandung, Semarang, Makassar, dan Surabaya untuk 108 kategori industri.

Keberhasilan ini membuktikan Blibli.com merupakan Indonesia Original Brands (IOB) yang semakin terdepan dan terpercaya, serta menjadi salah satu merek lokal unggulan dalam Top 250 Indonesia Original Brands 2017 versi majalah SWA. Pencapaian ini melengkapi penghargaan lainnya yang diraih Blibli.com selama tahun ini yaitu Indonesia Most Admired Company (IMACO) 2017 untuk kategori Start-Up; Indonesia WOW Brand 2017 juara Bronze Champion untuk kategori E-Commerce; dan Indonesia Branding Campaign of the Year 2017 untuk kategori Above The Line (ATL) dari MarkPlus, Inc.

Setahun sebelumnya Blibli.com juga memperoleh gelar The Best Indonesia Original Brand (IOB) 2016 for Online Shop Category pada ajang penghargaan “Indonesia Original Brands 2016”.

“Sebagai brand e-Commerce asli buatan Indonesia, penghargaan ini memotivasi kami untuk memberi yang terbaik demi kepuasan konsumen, dan sebagai e-Commerce lokal kami memahami pasar dan karakteristik konsumen Indonesia,” kata Senior Vice President of Marketing Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar (Ayu).

Menurut Ayu, konsumen adalah prioritas utama sejak Blibli.com berdiri pada 25 Juli 2011. Inovasi dan pengembangan teknologi yang terus-menerus dilakukan agar konsumen semakin setia dan menjadikan e-commerce pilihan memenuhi kebutuhan sesuai gaya hidup mereka.

Blibli.com adalah e-Commerce pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 dengan berkantor pusat di Jakarta telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kini Blibli.com telah memiliki 15 kategori produk yaitu; Handphone, Tablet & Wearable Gadget; Kamera; Komputer & Laptop; Peralatan Elektronik; Ibu & Anak; Fashion Wanita; Kesehatan & Kecantikan; Fashion Pria; Kuliner; Olahraga & Aktivitas Luar Ruang; Tiket & Voucher; Home & Living; Mainan & Video Games; Otomotif; dan Galeri Indonesia dengan memiliki 4 warehouse yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Medan.

Dalam perjalanan bisnisnya, Blibli.com hadir sebagai satu-satunya eCommerce yang berkomitmen turut aktif dalam mendukung dan memberdayakan creativepreneurs lokal mulai dari pengembangan usaha hingga menjadi market channel bagi mereka. Blibli.com memiliki +1.5 juta produk, memasarkan +15.000 brand lokal maupun internasional.

Blibli.com selalu mengedepankan customer focus, dengan menghadirkan produk – produk yang relevan, akses yang lengkap dan layanan Customer Care 24×7.  Kelebihan utama kami adalah melayani konsumen di seluruh Indonesia dengan gratis biaya pengiriman (free shipping) ke destinasi pilihan di seluruh Indonesia, beragam cara pembayaran, Cicilan 0% dari 18 bank, program pengembalian barang hingga 15 hari, dan pengadaan program poin Blibli Rewards. (*)

Blibli.com selalu mengedepankan customer focus, dengan menghadirkan produk – produk yang relevan, akses yang lengkap dan layanan Customer Care 24×7.  Kelebihan utama kami adalah melayani konsumen di seluruh Indonesia dengan gratis biaya pengiriman (free shipping) ke destinasi pilihan di seluruh Indonesia, beragam cara pembayaran, Cicilan 0% dari 18 bank, program pengembalian barang hingga 15 hari, dan pengadaan program poin Blibli Rewards. (*)

 

Sumber : https://www.blibli.com/page/news-events/blibli-com-juara-1-indonesia-original-brand-2017/

 

  1. ZALORA

ZALORA Indonesia didirikan pada tahun 2012. Saat ini, ZALORA Indonesia merupakan retail online fashion dengan perkembangan paling pesat di Asia. Situs di setiap negara memastikan bahwa produk fashion disesuaikan dengan selera negara masing-masing dan mengadaptasi preferensinya. Dengan pilihan lebih dari 500 brand lokal dan internasional, kami membawa fashion ke dalam dimensi yang lebih baik dari sebelumnya. Kami menawarkan pakaian wanita, pakaian pria, sepatu, aksesoris, perlengkapan olahraga, busana muslim, dan banyak lagi! Hal inilah yang membuat kami menjadi tujuan utama fashion online di Indonesia. Hanya dalam beberapa tahun, kami telah merevolusi skena mode di Asia, dimulai dari kebiasaan berbelanja Anda hingga membentuk gaya personal Anda. Lebih dari 30.000 produk online dan ratusan produk baru setiap minggunya, kami sangat ambisius dan akan terus berkembang. Kabar baiknya adalah, kami memberikan Anda banyak sekali pilihan untuk tetap menjadi seseorang yang stylish. Kami adalah sarana penyedia fashion yang diimbangi dengan teknologi terkini yang akan memberikan Anda pengalaman berbelanja online yang tak tertandingin. Mengapa berbelanja di tempat lain ketika ZALORA adalah toko fashion online yang melayani segala keperluan fashion Anda. Hubungi kami melalui Facebook, ikuti Twitter atau Instagram untuk informasi terbaru seputar fashion dan tren terkini. Temukan ribuan brand lokal dan internasional original dan berkualitas untuk melengkapi kebutuhan fashion Anda. Jika nanti pesanan tidak memuaskan Anda, nikmati gratis 30 hari pengembalian dengan mudah di seluruh Indonesia.

 Sepengalaman saya menggunakan aplikasi ini adalah sangat sangat lengkap dalam bidang fashion dikarenakan , mereka menawarkan official produk produk fashion terkenal seperti : Zara , H&M , Pull &Bear dll , hal ini sangat memudahkan saya yang suka membeli barang fashion khusunya jaket , kaos dll

Bagi mereka yang suka berbelanja online, nama Zalora pasti sudah tidak asing lagi. Situs yang menyediakan kebutuhan fashion dan aksesoris bagi pria dan wanita yang berdiri sejak awal 2012 ini memang berhasil menarik perhatiaan netizen (pengguna internet) lewat strategi marketing yang agresif. Dengan fitur menarik dan kemudahan pembayaran semakin memanjakan pelanggan. Bahkan pelanggan bisa melakukan pengembalian barang jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Seperti apa sepak terjang Zalora dan apa saja kelebihannya? Berbelanja online sudah menjadi tren di masyarakat saat ini. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, fasyen, hingga makanan semua bisa dipesan lewat toko online. Melihat besarnya potensi jual beli online (e-commerse) tersebut, maka tidak heran bila banyak pelaku usaha yang tertarik membuka toko online, salah satunya adalah Zalora Indonesia. Zalora Indonesia yang didirikan oleh Hadi Wenas dan Catherine Sutjahyo sejak Februari 2012 menawarkan aneka keperluan fasyen untuk pria dan wanita. “Zalora selalu berusaha untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang terbaik bagi setiap pelanggan,” ujar Wafi Dirayanti, Public Relation Zalora. Zalora Indonesia yang berada dibawah naungan PT Fashion Eservices Indonesia yang tergabung dalam Zalora Group Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Hong Kong, Zalora Thailand, dan Zalora Filipina yang masih merupakan anak perusahaan dari Lazando yang juga merupakan toko online terbesar di Eropa yang semuanya merupakan proyek dari Rocket Internet Jerman. Sebagai pendatang baru kala itu Zalora Indonesia memilih fokus pada marketing dengan gencar melakukan promosi ke segala channel baik secara ATL (Above The Line) maupun BTL (Below The Line) agar Zalora Indonesia cepat dikenal masyarakat. Dengan mencoba semua channel promosi, Zalora Indonesia jadi mengetahui channel promosi mana yang menghasilkan. Channel promosi yang kurang efektif dihentikan, sehingga budged-nya bisa dialihkan ke channel promosi yang lebih berpotensi. “Strategi marketing yang kami lakukan secara aktif melalui ATL dan BTL, sehingga semuanya terintegrasi satu sama lainnya termasuk dengan sosial media yang terus kami manage,” jelas Dira. Tidak heran bila dalam waktu singkat Zalora sudah dikenal masyarakat, dengan order yang masuk kepada Zalora Indonesia tercatat 2000-3000 order setiap harinya dan berasal dari seluruh Indonesia. Dengan semakin banyaknya penjualan, Zalora Indonesia yang pada awalnya hanya mempekerjakan 100 karyawan, kini berkembang menjadi 600 karyawan. Fasyen and Aksesori Zalora Indonesia menawarkan aneka fasyen dan aksesori untuk pria dan wanita seperti Pakaian, Celana Panjang, Jeans, Jaket, Busana Muslim, Kebaya, Batik, Pakaian Olahraga, Tas, Sepatu, Ikat Pinggang, Jam Tangan, Perhiasan, Kacamata, hingga produk kecantikan dari 650 brand terkemuka dengan persentasi 70% brand lokal dan sisanya brand internasional. Melihat banyaknya brand yang ditawarkan, Dera mengaku ada beberapa metode stok barang yang dilakukan Zalora Indonesia mulai dari beli putus, hingga konsinyasi. Bahkan Zalora Indonesia  sendiri meluncurkan produk sendiri mulai dari pakaian hingga aksesoris yang ekslusif dan limited edition dengan brand Zalora. Zalora Indonesia juga bekerja sama dengan beberapa desainer untuk menjual beberapa rancangannya hanya di Zalora Indonesia. Sebagai fashion store online, tampilan website Zalora Indonesia sangat eye catching. Selain itu setiap fitur juga dilengkapi dengan keterangan yang mudah dipahami oleh pengunjung yang ingin berbelanja. Agar lebih dekat dan mudah di akses pelanggan, Zalora Indonesia menggembangkan Zalora Mobile App yaitu aplikasi smartphone yang dapat diunduh di iPhone dan Android dengan OS versi 2.2. Bahkan dikatakan Dira 25% dari total pendapatan Zalora saat ini diperoleh dari pengaksesan melalui perangkat mobile. Retur Barang Bicara soal fasyen, tentu tak lepas dari size atau ukuran. Tidak bisa dipungkiri salah satu alasan orang enggan belanja pakaian di toko online salah satunya karena tidak bisa mencoba pakaian yang diinginkan, apakah sudah pas di badan atau tidak. Untuk itu Zalora Indonesia mengembangkan fitur Fit Virtualizer yang dapat membantu pelanggan memilih ukuran yang cocok. “Dengan Fit Virtualizer pelanggan bisa tahu ukuran lebar dan panjang dari pakaian yang dipilih. Jika pelanggan sebelumnya pernah berbelanja di Zalora, maka pelanggan bisa juga membandingkan ukuran pakaian tersebut dengan yang ada di web secara Virtusize,” terangnya. Namun jika pelanggan terlanjur membeli produk di Zalora Indonesia dan ternyata tidak sesuai dengan ukuran dan selera yang diinginkan, Zalora memberikan layanan pengembalian barang (retur). Jangka waktu pengembalian barang maksimal 30 hari sejak barang diterima pelanggan, dengan catatan produk masih sama seperti saat barang diterima mulai dari kondisi produk (tidak kotor, rusak, telah digunakan, atau dicuci), dus kemasan, hingga label dan barcode masih tertera diproduknya. Menariknya, pelanggan bisa memilih apakah ingin menukar dengan barang sejenis, atau produk yang lainnya dengan nominal yang sama, atau pelanggan juga bisa refund uang kembali dengan lama proses sekitar 1–3 hari kerja. “Dengan begitu pelanggan tidak akan merasa kecewa berbelanja di Zalora, karena jika mereka tidak puas dengan barang yang dipesan bisa langsung memilih apakah ingin tukar barang atau refund uang kembali,” ujarnya. Pembayaran Tak jauh berbeda dengan online store umumnya, setelah pelanggan memilih produk lalu bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Yang menarik dari Zalora selain menerima pembayaran secara transfer bank, Zalora Indonesia juga melayani pembayaran Cash On Delivery (COD). Dengan metode COD maka pelanggan yang awam berbelanja online tidak perlu takut tertipu karena pembayaran dilakukan ketika pelanggan menerima barang yang dipesan. “Kita sadar salah satu kekhawatiran pelanggan adalah takut ditipu seperti uang sudah di transfer tetapi barang tidak dikirim. Sedangkan dalam jual beli online faktor yang terpenting adalah trust (kepercayaan), makanya kita menerima pembayaran secara COD,” terangnya. Hebatnya lagi jika memilih metode COD pelanggan bisa membayar dengan menggunakan kartu debit dan kartu kredit di tempat setelah menerima barang dengan menggunakan mobile EDC (Electronic Data Capture). Namun tidak mudah bagi Zalora Indonesia untuk menerapkan metode pembayaran COD. Pasalnya Zalora Indonesia harus melakukan kerja sama dengan layanan pengiriman barang seperti First Logistic, RPX, atau JNE. “Awalnya hanya First Logistic saja yang bersedia, tidak heran bila layanan COD awalnya hanya melayani pelanggan di Jabodetabek saja. Tapi kini semua jasa pengiriman sudah bersedia kerja sama, akhirnya kita bisa melayani pembayaran COD di 57 kota di Indonesia,” ujarnya.

 

Sumber : https://berempat.com/bisnis/startup/8133/kunci-sukses-zalora-indonesia-rebut-ribuan-pelanggan-tiap-hari/

Hello world!

April 18th, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!