Affiliate marketing salah satu jenis pemasaran, dimana pelakunya akan mendapat komisi setelah mempromosikan sebuah produk. Mungkin hampir sama dengan dropship dan juga reseller, namun diantara ketiganya tentu memiliki perbedaan? Apa saja perbedaanya dan berikut penjelasannya:

Mengenal Affiliate Marketing, Katanya Menguntungkan?

Pemasaran afiliasi diartikan sebagai salah satu jenis pemasaran, dimana jika seseorang berhasil merayu orang lain untuk menggunakan barang atau jasa, maka akan mendapat komisi. Tugasnya mudah hanya seperti konsultan produk untuk mengunjungi jasa atau memakai produk tertentu.

Mungkin hampir sama dengan dropshipping dan reseller. Tapi, ketiganya berbeda dalam menyetok barang. Kepemilikan toko dan produk juga berbeda.. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dropship dan affiliate marketing tidak memiliki stok produk sedangkan reseller memiliki stok produk. Selanjutnya dropship dan reseller bisa menjual produk atas nama sendiri sedangkan affiliate marketing menggunakan nama perusahaan penyedia affiliate.

Diantara ketiga yang akan dikupas terlebih dahulu yaitu mengenai Affiliate Marketing, karena pasti banyak yang belum tahu mengenai pemasaran yang satu ini. Sebenarnya hal ini harus diketahui, lantaran menjanjikan bila ditekuni khususnya bagi anak muda yang punya relasi yang banyak.

Cara Kerja Sistem Affiliate Marketing

Seorang affiliate marketer atau orang yang menjualkan, mempromosikan produk akan mendapat komisi yang berbanding lurus dengan usahanya. Semakin banyak orang yang tertarik atas promosi yang kamu lakukan, maka komisinya juga semakin banyak.

Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara kerja pemasaran ini, simak penjelasan berikut ini.

1. Daftar Program Menunjukkan

Sebelum memulai, kamu perlu menentukan atau memilih salah satu program yang ingin kamu ikuti, setelah itu kamu bisa mendaftar pada program tersebut.

Kamu harus mengikuti tahapan tahapan dengan baik karena setiap program memiliki kebijakan dan aturannya sendiri.

2. Promosikan Produk

Setelah kamu terdaftar, maka tugas selanjutnya yaitu mempromosikan produk yang ada dalam program yang dipilih. Promosi ini memakai berbagai platform sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Caranya yaitu membagikan link referral, banner atau kode kupon yang perusahaan berikan sebagai pemilik program penawaran. Biasanya semua aset yang dimiliki akan diberikan kepada afiliasi secara otomatis.

3. Orang Lain Melakukan Pembelian

Mulai menjual dan merekomendasikan produk. Contohnya yaitu membeli sebuah produk dengan cara menekan link website yang direkomendasikan. Hal ini menarik minat masyarakat, jadi kamu tidak usah khawatir tidak mendapatkan komisi.

4. Komisi

Selamat kamu mendapat komisi hasil dari referral yang sudah dibagikan. Untuk komisi juga perlu diingat, bahwa usaha berbanding lurus dengan besarnya komisi. Semakin besar usaha dalam mempromosikan produk, maka banyak yang akan tertarik.

Bagaimana, sangat mudah bukan dalam memulai bisnis tanpa modal? Jika tertarik maka bergabunglah dan mulai dulu. Affiliate marketing bisa jadi solusi bagi kamu yang punya banyak teman tapi minim modal.

 
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.