RSS
 

Mengenal Hosting dan Rekomendasi Beli Hosting

25 Sep

Untuk Anda yang terjun ke dunia website dan blog, tentu saja Anda sudah mengetahui apa itu ‘hosting’. Bagi anda yang belum mengetahuinya, simak artikel berikut dan pastikan jangan ada sepatah kata yang terlewat agar tidak ada salah informasi, ya!

Apa itu hosting?

Hosting merupakan service online yang fungsinya mengelola data dari suatu web atau situs oleh pengguna yang kemudian ditampilkan di internet. Dalam sebuah website yang tersimpan di hosting biasanya berbentuk picture, script, aplikasi, basis data, email.

Dari sebuah bangunan, istilah hosting diibaratkan sebagai tanah bangunan dalam sebuah website, sedangkan IP address dan domain diibaratkan sebagai alamat rumah. Dari analogi ini, bisa diambil kesimpulan bahwasannya fungsi dari domain merupakan sebagai identitas dari suatu web agar mencegah terjadinya duplikasi.

Dari fungsi domain tersebut, tujuan digunakannya hosting ini adalah untuk menyimpan informasi beserta data dari website tersebut.

Apa fungsi penggunaan hosting?

Hosting memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk pengembangan website Anda. Berikut ini merupakan poin-poin yang akan menjelaskan secara singkat tentang fungsi hosting:

1. Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Fungsi ini merupakan fungsi utama dari sebuah hosting, yaitu menyimpan data website yang berupa picture, script, email, dan lainnya untuk bisa diakses oleh orang banyak menggunakan jaringan internet.

2. Keep Your Website Online

Fungsi ini akan memastikan dan menjaga website selalu online. Selama tidak ada problem, maka website Anda bisa diakses kapan dan dimana saja.

3. Agar Data Terlihat oleh Pengunjung

Fungsi penggunaan hosting selanjutnya yaitu agar data Anda terlihat oleh pengunjung yang mengunjungi website Anda. Setelah pengaksesan domain, maka pengunjung langsung bisa melihat data-data yang anda tampilkan dalam sebuah hosting.

Jenis-jenis hosting

berikut merupakan beberapa jenis hosting yaitu:

1. Shared Hosting

Pada hosting jenis ini, setiap situs akan saling share sumber daya dengan situs lainnya. Maksudnya adalah dengan berbagi biaya, sehingga bisa dipastikan jenis ini akan sedikit menghemat biaya.

Selain itu, persiapannya juga sangat mudah, sehingga para user dengan knowledge yang tidak mumpuni pun masih bisa mengelolanya.

2. VPS Hosting

Pada jenis VPS hosting, main server akan dibagi beberapa bagian menjadi server virtual. Masing-masing server yang sudah dibagi tersebut akan didedikasikan untuk situs individu dan disesuaikan sesuai kebutuhan users.

3. Dedicated Hosting

Berbeda dengan kedua jenis hosting sebelumnya, jenis hosting ini merupakan jenis hosting yang secara eksklusif disewa oleh satu pengguna saja. Pleh kare itu, sudah bisa dipastikan bahwa penggunaan jenis hosting ini dapat beroperasi secara optimal serta keamanan yang ketat.

4. Cloud Hosting

Seperti arti katanya yang jauh di awan, jenis hosting ini hadir melalui server jarak jauh. Jika ada server yang memiliki problem, maka other server akan mempertanggungjawabkan oleh server tersebut.

Kelebihan menggunakan hosting jenis ini adalah kinerja yang tinggi dan meminimalisir kesalahan.
Rekomendasi beli hosting

Berikut, penulis rekomendasikan untuk Anda yang akan membeli hosting dari beberapa sumber:

1. Niagahoster

Dengan 52.000 lebih pengguna, perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan hosting terbaik di negara kita. Perusahaan ini beroperasi pada 2014 lalu dibawah naungan perusahaan hosting international.
Perusahaan ini terus memberikan service terbaik dan harga yang terjangkau dari perusahaan lainnya

2. IdCloudHost

Perusahaan hosting yang mulai beroperasi pada 2015 lalu merupakan perusahaan yang memiliki pelanggan dari dalam negeri saja, tetapi banyak pelanggan mereka yang berdatangan dari luar negeri.

Dari hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa perusahaan ini layak berada di jajaran perusahaan hosting terbaik. Perusahaan yang masih tergolong pendatang ini sudah memiliki pelanggan sekitar 40.000 lebih.

3. Jagoan hosting

Bukan lagi termasuk dalam kategori pendatang baru, perusahaan hosting kali ini sukses mendatangkan pelanggan-pelanggan pebisnis besar, instansi pemerintah, dan lembaga-lembaga penting.
Mengandalkan jenis hosting VPS, perusahaan ini memberikan penawaran harga yang juga sangat terjangkau.

4. Qwords

Didirikan oleh alumni mahasiswa ITB, perusahaan ini diresmikan pada 2011 lalu. Perusahaan ini memberikan penawaran harga yang pada umumnya ada di pasaran lainnya.

Sekian artikel dari penulis tentang mengenal hosting dan rekomendasi beli hosting, semoga bermanfaat. Jika butuh penjelasan lebih, silahkan cari referensi dari berbagai sumber!

 
Comments Off on Mengenal Hosting dan Rekomendasi Beli Hosting

Posted in Uncategorized

 

Apa Itu Landing Page?

24 Sep

Landing page dapat membantu Anda untuk menambah pundi-pundi rupiah dari website online yang Anda miliki. Sebenarnya apa sih itu landing page? Dan manfaat apa yang dapat diambil dari menggunakan landing page ini.
Pada artikel ini, penulis akan menjelaskan lebih detail tentang landing page. Pertama pahami terlebih dahulu pengertian landing page dan setelah itu kita kupas tentang fungsi dan manfaatnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Landing Page

Apa itu landing page? Landing page adalah sebuah halaman website yang digunakan khusus menggunakan mindset dunia marketing. Halaman landing page ditampilkan ketika pengunjung mengakses halaman website dari hasil pencarian google yang berbayar (paid search).

Secara bahasa, landing berarti mendarat dan page adalah sebuah halaman. Seperti apapun bentuk halaman website yang di jumpai pertama kali oleh pengunjung, maka itu disebut landing page. Landing page ini halaman web yang mandiri yang dibuat untuk keperluan iklan.

Halaman ini sering muncul sebagai tanggapan terhadap hasil pencarian mesin google, promosi pemasaran, dan email pemasaran Tweet.

Karakteristik Landing Page

Landing page mempunyai karakteristik atau ciri khusus, antara lain :

1. Halaman yang mempunyai fungsi khusus dalam penggunaan website
2. Mendorong user untuk fokus dalam satu produk dan menyelesaikan transaksi terlebih dahulu.
3. Mengajak user untuk melakukan suatu aksi tertentu. Contohnya, membeli suatu produk, mempelajari materi, dan mengisi sebuah formulir.

Landing page ini berbeda dengan home page yang mempunyai tampilan utama pada sebuah website dan biasanya menggunakan navigasi dan URL untuk menuju ke halaman website.

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, landing page mempunyai 2 fungsi paling utama untuk website. Fungsi yang paling uatama adalah dapat digunakan dan dipakai untuk mengumpulkan dan menyimpan data pengunjung yang bersifat leads. Leads ini dapat digunakan dan dijaga oleh bisnis. Kemudian pengguna yang telah mengunjungi halaman tersebut, diharapkan dapat melakukan pembelian di masa yang akan datang.

Fungsi yang kedua adalah, landing page dapat mempercepat transaksi. Halaman ini juga dapat digunakan untuk distraksi dari menu dan tombol navigasi. Atau dapat memberikan akses khusus untuk pengunjung untuk mengunjungi produk atau layanan yang ingin dibeli.

Jenis Jenis Landing Page

Ada dua jenis landing page yang paling umum banyak diketahui orang. Yang pertama yaitu Lead generation landing pages ( biasanya disebut lead gen atau lead capture pages). Dan yang kedua adalah Click through landing pages.

Berikut penjelasan singkatnya mengenai dua jenis landing page.

1. Lead Generation Landing Pages, berfungsi sebagai mengumpulkan dan menyimpan data calon pelanggan. Yang paling utama adalah menyimpan data berupa alamat email dan username. Kedua data ini akan dijaga oleh bisnis dan biasanya disimpan untuk merawat hubungan bisnis dengan calon pelanggan.
Dengan menggunakan alamat email, pemilik bisnis biasanya akan mengirimkan sebuah informasi. Informasi yang dibagikan dapat berupa info promo, berita, artikel dan konten lainya. Hal semacam ini sering digunakan untuk bisnis dengan produk dan layanan tinggi atau berbayar.

2. Click Through Landing Pages, landing pages ini dapat dipakai dalam e-commerce atau model marketing yang modern. Halaman ini biasanya ditampilkan dengan menggunakan tombol sederhana. Tombol ini biasanya berisikan tulisan sederhana, misalnya “pilih sekarang”,”beli sekarang” dan lainnya.
Halaman ini dapat menunjukkan jalan bagi calon pengunjung untuk segera melakukan pembelian website. Tombol yang terbatas memungkinkan pengunjung akan melompati halaman website berikutnya.

Contoh Landing Page

Berikut ini penulis sertakan contoh landing page yang inspiratif. Berikut contoh contoh landing page :

1. Neil Patel

Neil patel adalah orang yang sangat berpengaruh dalam dunia marketing atau sering disebut marketer. Neil patel menyajikan berbagai macam tools, yang sering dipakai adalah tool untuk mengoptimasi tampilan website bisnis.
Landing page neil patel ini mengajak para pengunjungnya untuk mengisi formulir yang berisikan alamat email yang tertera di kolom. Kemudian dengan alamat email ini, pengunjung akan mendapatkan notifikasi yang dikirim langsung ke inbox.

2. Uniqlo

Uniqlo ini merupakan landing page yang banyak digemari anak muda. Landing page ini terkenal karena simple,bersih dan versatile. Konsep yang digunakan menggunakan nuansa simple. Dengan menggunakan latar putih, uniqlo menempatkan logonya di atas dan terdapat kolom email.

Uniqlo juga akan memberikan pilihan promo dan produk yang diinginkan. Uniqlo akan mendapat data dan notif pesan akan dikirimkan melalui alamat email.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai apa itu landing page, fungsi, karakteristik serta contoh landing page yang dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis. Dan masih banyak tool yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi website dan landing page. Hal yang paling penting adalah Anda dapat menggunakan landing page dengan baik untuk meningkatkan konversi landing page.

 
Comments Off on Apa Itu Landing Page?

Posted in Uncategorized