TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

Telekomunikasi mempunyai kata dasar komunikasi yang merupakan proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem simbol bersama. Lalu Telekomunikasi memiliki pengertian yaitu proses komunikasi yang dilakukan melalui jarak jauh. Dalam kaitannya dengan komunikasi elektronika, telekomunikasi adalah ilmu, teknologi, dan cara-cara atau prosedur pemindahan atau penyebaran informasi berupa: sinyal listrik melalui suatu media transmisi dalam jarak jauh. Pertukaran informasi dalam bentuk apa pun (suara, data, teks, gambar, audio, video). Teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Bentuk-bentuk telekomunikasi terdapat 3 bentuk, yaitu:

  1. Komunikasi Satu Arah (Simplex). Pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh: Pager, televisi, dan radio.

  1. Komunikasi Dua Arah (Duplex). Pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh: Telepon, VOIP, Video Call.

  1. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.

Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room

Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan/mengintegrasikan beberapa komputer, printer dan peralatan komputasi lain yang terhubung melalui media fisik dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer dalam satu kesatuan. Jaringan komputer berguna untuk membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sebagai Sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda serta membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan terjadinya kerugian, seperti adanya ancaman keamanan data atau informasi dan juga ancaman virus dll.

Evolusi Jaringan Komputer

  • Mainframe pada era 1960-1970 an

Pada tahun 1940 an komputer adalah suatu alat dengan ukuran besar yang sangat rentan terhadap kesalahan. Pada tahun 1947, ditemukan transistor semikonduktor membuka banyak kemungkinan untuk membuat komputer dengan ukuran lebih kecil, dan tentunya lebih handal. Pada tahun 1950-an institusi-institusi besar mulai menggunakan komputer-komputer mainframe, dimana dijalankan dengan programprogram punched card. Pada akhir tahun 1950-an, Integrated circuit (IC) yang mengembangakan beberapa, dan sekarang jutaan, transistor pada satu semikonduktor yang kecil telah ditemukan. Pada tahun 1960-an, mainframe dengan terminal dan IC telah banyak digunakan.

  • LAN (Local Area Network) pada era 1970-1980 an

Pada akhir 1960-an dan 1970-an komputer-komputer yang lebih kecil dengan sebutan minicomputer telah diciptakan. Walau bagaimana-pun, minikomputer-minikomputer masih dalam ukuran yang sangat besar dibanding dengan standar modern saat ini. Pada tahun 1977, Apple Computer Company memperkenalkan minikomputer, dimana dikenal dengan sebutan MAC. Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan PC pertamanya. Mac yang user-friendly, IBM PC yang open-architecture, dan langkah lebih jauh dari proses “microminisasi” dari IC membawa penyebaran luas PC, baik di rumah maupun di kantor. Pada masa ini jaringan-jaringan lokal mulai dikembangkan dengan berbagai macam teknologi.

  • WAN (Wide Area Network) pada era 1980-1990 an

Pada pertengahan 1980 pengguna PC mulai menggunakan modem untuk berbagi file dengan komputer lain. Hal ini dikenal sebagai point-to-point, atau komunikasi dial-up. Konsep ini disebar oleh penggunaan komputer yang merupakan pusat dari komunikasi dalam koneksi dial-up. Konsep ini disebar oleh penggunaan komputer yang merupakan pusat dari komunikasi dalam koneksi dial-up. Komputer-komputer ini disebut bulletin boards. Para pengguna akan konek ke bulletin boards, meninggalkan dan mengambil pesan, sebagaimana upload dan download file. Kekurangan dari tipe ini adalah sangat sedikitnya komunikasi langsung dan selanjutnya hanya orang-orang tentunya yang tahu mengenai bulletin board. Pembatasan lain dari bulleting boards adalah satu modem per satu koneksi. Jika lima orang terhubung secara stimultan, hal ini akan memerlukan lima modem terkoneksi ke lima jalur telepon terpisah.

  • Internet pada era 1990 an

Dari tahun 1960-an ke tahun 1990-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) mengembangkan Wide-Area Networks (WANs) yang jauh lebih besar, dapat dihandalkan untuk militer dan alasan-alasan Sains. Teknologi ini berbeda dari komunikasi point-to-point yang digunakan dalam bulletin boards. Hal ini memungkinkan beberapa komputer untuk terhubung secara bersamaan melalui beberapa jalur berbeda. Jaringan itu sendiri akan bisa membedakan bagaimana memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain. Satu koneksi dapat digunakan untuk berhubungan dengan banyak komputer pada saat yang bersamaan. Jaringan yang diterapkan DoD nantinya akan menjadi jaringan yang mendunia pada saat ini ang disebut Internet.

Implementasi LAN. LAN merupakan Kumpulan perangkat komputer (komputer, printer dan perangkat lainnya) yang saling berhubungan dan dapat saling berkomunikasi. Dengan karaketeristik seperti: Keterbatasan area/lokasi geografi, Transfer data kecepatan tinggi, Koneksi terus-menerus ke servis lokal, dan Umumnya digunakan media kabel.

Prosesor/Pemroses Telekomunikasi dibagi atas dua jenis, yaitu: yang pertama ada Modem yang merupakan prosesor telekomunikasi yg mengubah sinyal digital ke analog atau sinyal analog ke digital. Dan yang kedua ada Multiplexer yang merupakan prosesor telekomunikasi yang memungkinkan saluran komunikasi tunggal utk melakukan transmisi data secara simultan dari banyak terminal.

Topologi Jaringan merupakan hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Suatu teknik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan topologi jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan. Terdapat 3 macam dari topologi jaringan yaitu:

  1. Topologi Bus. Memiliki karakteristik yang sederhana, kabel coaxial dengan penutup 50 ohm. Salah satu segment putus akan mengganggu seluruh jaringan. Kemungkinan collision lebih besar. Kabel coaxial lebih sulit dibentuk. Pada topologibus network dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC.
  2. Topologi Ring. Memiliki karakteristik lingkaran tertutup yang berisi node-node. Salah satu segment putus akan mengganggu seluruh jaringan. Aliran 1 arah, kemungkinan collision kecil. Implementasi dengan concentrator terlihat seperti topologi star. Topologi ring network adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  3. Topologi Star. Memiliki karakteristik Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node. Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node. Salah satu segment putus tidak mengganggu seluruh jaringan. Biasanya digunakan kabel UTP. Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Protokol Jaringan merupakan sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Macam Protokol jaringan: • TCP/IP, standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. • Domain Name System (DNS) • Internet Control Message Protocol (ICMP) • IPX/SPX • Appletalk • SNA