SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH

Apa sih Sistem Informasi Manajeman itu? Sistem Informasi Manajemen (SIM) didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama. Dapat juga didefinisikan sebagai sistem informasi manajemen sebagai suatu satuan komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kendali dalam suatu organisasi.

Fungsi diterapkannya Sistem Infomasi Manajemen

  1. Mempermudah pihak manajemen untuk melakukan suatu perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja kepada semua departemen yang mempunyai hubungan komando atau koordinasi dengannya.
  2. Untuk meningkatkan sebuah efisiensi dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu.
  3. Untuk meningkatkan suatu produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi.
  4. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinir dan sistematis.

Tujuan dari adanya Sistem Informasi Manajemen

  1. Untuk menyediakan suatu informasi dalamĀ pengambilan suatu keputusan.
  2. Untuk menyediakan suatu informasi yang digunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan juga perbaikan berkelanjutan.
  3. Untuk menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.

Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah

Penerapan SIM disekolah berupa fasilitas-fasilitas dan layanan-layanan yang diberikan dari pihak sekolah kepada peserta didik dimana fasilitas dan layanan ini digunakan untuk menunjang pendidikan di sekolah tersebut. Fasilitas-fasilitas dan juga layanan yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

  1. Finger Print.

Absen sidik jari adalah suatu metode baru yang saat ini telah berkembang menggunakan mesin dengan bantuan software untuk mengisi data kehadiran suatu komunitas,kelompok meupun instansi yang menggunakannya. Di salah satu SMA di kota Malang telah menerapkan absen fingerprint tidak hanya untuk guru ataupun karyawan tetapi juga diperuntukkan untuk siswa. Siswa diwajibkan untuk absen fingerprint terlebih dahulu. Dan apabila siswa absen melebihi pukul 06.45 maka sistem akan memberitahukan kepada orang tua siswa bahwa siswa tersebut tidak hadir ke sekolah melalui SMS.

  1. Laboratorium Komputer

Sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kita juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk membantu proses pembelajaran di berbagai bidang ilmu, bukan hanya TIK, namun juga IPA, IPS, Bahasa dan sebagainya. Apabila fungsi Komputer ini dijalankan secara optimal oleh lembaga pendidikan sebagai media pembelajaran, sangatlah menarik dan penyampaian pembeljaran tidak akan membosankan. Serta apa yang dipelajari dapat terupdate secara baik.

  1. HotsPot area

Dalam rangka memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa untuk mengakses informasi dan materi pembelajaran lewat dunia maya, maka sekolah memerlukan HotSpot area untuk mempermudah guru dan siswa dalam mengakses internet. Yang tentunya dengan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi penyalahgunaan fasilitas.

  1. Cctv di setiap Ruangan sekolah

CCTV digunakan untuk pengawasan baik untuk siswa peserta didik maupun untuk guru dan karyawan. Hasil rekaman dari kamera CCTV bisa berguna sebagai media evaluasi yang tepat guna memaksimalkan bagaimana cara yang terbaik dalam penyampaian informasi kepada murid di dalam ruang kelas, serta bisa mengetahui kegiatan para murid serta bisa membedakan murid malas serta murid rajin.

  1. Digital Library

Digital Library dibagi dua, yaitu Digital e-book (Semua buku bisa diakses/dibaca lewat komputer) dan Digital Otomasi (Buku-buku yang ada telah teregistrasi lewat computer), sehingga dalam pelayanan peminjaman buku bisa langsung mengakses semua buku yang ada di perpustakaan lewat computer OPAC (Online Public Access Catalog) dan untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia

  1. Ujian atau ulangan harian Online

Dengan menggunakan server dan aplikasi yang sudah dibuat dari pihak sekolah dengan prosedur sangat sederhana guru hanya perlu mengupload soal untuk siswa dan memberikan waktu yang sudah ditetapkan, guru tidak perlu merasa khawatir apabila siswa akan mencari jawaban dengan cara browsing dan lain sebagainya karena didalam aplikasi iniĀ  sudah di atur sebaik mungkin dan siswa jika sudah membuka laman tersebut maka bisa dipastikan siswa tidak bisa untuk membuka laman yang lain jadi siswa sama sekali tidak bisa melakukan kecurangan.