PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Seperti yang kita tahu bahwa komputer terdiri atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kali ini akan membahas mengenai perangkat lunak (software), software memiliki sifat yang berbeda dengan hardware. Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung oleh manusia, maka software  tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, namun bisa untuk dioperasikan.

Software yakni perintah (program komputer) yang dieksekusi memberikan fungsi dan petunjuk kerja seperti yang diinginkan. Fungsinya adalah membantu para pengguna untuk memanfaatkan sumber daya komputasi yang disediakan perangkat keras. Orang atau ahli pembuat software (program komputer) ini disebut sebagai programmer.

Cara Kerja Software : Garis besar sistem operasi dasar software

  • Langkah pertama setelah kita memberikan perintah untuk mengeksekusi suatu program adalah mentransfer file tersebut ke dalam memori.
  • Setelah transfer selesai, eksekusi program dimulai.
  • Pada saat eksekusi program mencapai titik dimana file data diperlukan, maka program meminta sistem operasi untuk mentransfer file data dari disk ke memori.
  • OS menjalankan tugas ini dan mengembalikan kontrol eksekusi ke program aplikasi, yang kemudian melanjutkan melakukan komputasi yang diminta.
  • Pada saat komputasi telah selesai dan hasilnya telah siap dioutputkan.

Perangkat lunak sangat diperlukan untuk sistem komputer apa pun. Sistem perangkat lunak diperlukan untuk input, perhitungan, dan output, pada seluruh proses sistem Informasi. Aplikasi perangkat lunak membantu dalam produktivitas, termasuk dalam kegiatan sektor publik. Bahkan tugas pribadi juga menggunakan software. Software juga digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti tugas administrasi dalam melayani dan memasukkan database, menjaga anggaran, riset di internet menyebarkan informasi, dll.

Secara garis besar, dibagi menjadi dua macam:

  1. System Software Piranti lunak komputer untuk menggunakan/menjalankan komputer.
    1. Operational System (sistem operasi)

Merupakan sebuah program yang mengatur/mengoperasikan perangkat keras komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras (menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain dengan pengguna). Bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: 1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory 2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi 3. Shell atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input dari pengguna 4. Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain 5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

  1. Utilities Program (program utilitas)

Merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer. Contoh:

  • driver perangkat keras, yakni perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan kinerja dari senuah perangkat keras. Biasanya driver diperoleh dari vendor sebuah perangkat keras. Contoh perangkat yang membutuhkan instalasi driver yaitu SoundCard, VGA Card, dan LAN Card.
  • anti virus, misal: McAfee, AVG, Kaspersky, Avira, Komodo, Panda, Symantec, dll.
  • manajemen hardisk (partisi), misal: partition magic, Disc Genius, dll
  1. Application Software Piranti lunak komputer yang digunakan untuk memproses data dan perintah pengguna.
    1. Software Program Aplikasi

Merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh: aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll. Software Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti:

  1. Pengolah kata/editor naskah: Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll;
  2. Pengolah angka/lembar kerja: Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll;
  3. Presentasi: MS PowerPoint, dll;
  4. Web browser: Internet Explorer, Netscape, dll;
  5. Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, dll;
  6. Multimedia: Macromedia flash, Media Player, dll;
  7. SIG (Sistem Informasi Geografis): Mapinfo, ArcInfo, ArcGis.

Menurut McLeod Dibagi menjadi: 1. Peranti lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software/peranti lunak off the shelf), yakni software siap pakai telah langsung tersedia dengan biaya lebih murah. 2. Peranti lunak aplikasi khusus (custom application software), yakni software yang dibuat oleh programmer dan konsultan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan organisasi tertentu. 3. Peranti lunak yang ditulis oleh pengguna, yakni software aplikasi yang dibuat oleh pengguna akhir dalam jumlah yang signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya. Contoh: memodifikasi lembar kerja Excel dan Access dengan pemrograman sederhana untuk membuat laporan pekerjaan sehari-hari.

  1. Software User-Friendly

Peranti lunak yang sederhana dan penggunaannya intuitif. Userfriendly (aplikasi telah dibuat seksama sehingga berbagai bakat dan keahlian yang dimiliki rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi). Karakteristik: Dialog box berfungsi sebagai panduan untuk mengarahkan user; Tersedia menu dan daftar perintah dengan menggunakan menu drop down box serta ikon; Menyediakan pola formulir isian ketika akan memberikan perintah; Bantuan yang sensitif pada konteks/bagian tertentu yang mungkin membingungkan pengguna; dan Menyediakan antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol/ikon yang terstandarisasi.