PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Apa sih yang membedakan Teknologi Informasi (TI) dengan Sistem Informasi (SI)? Secara umum, TI merupakan bentuk teknologi untuk menangani informasi yang diinginkan, contohnya seperti perangkat keras (PC, Unix Server, Router), perangkat lunak (e-mail, Windows, Internet, Word Processing) dan Consumer devices (mobile phone, token). Sedangkan SI merupakan integrasi komponen pemrosesan, penyimpanan dan diseminasi informasi dalam sebuah organisasi, contohnya seperti File systems, databases, e-mail servers/clients dan E-commerce. Dan Teknologi Informasi merupakan salah satu unsur dari Sistem Informasi.

Setelah sedikit menyinggung mengenai TI dan SI berlanjut kepada Komputer. Komputer merupakan serangkaian peralatan elektronika yang terpadu dan bekerja sama dengan koordinasi oleh suatu sistem operasi. Komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Dan kali ini akan membahas mengenai perangkat keras atau hardware. Perangkat keras adalah seperangkat alat-alat elektronika yang berupa mesin/komponen yang secara lahiriah ada dan dapat dilihat. Berikut akan dibahas mengenai macam-macam perangkat keras atau hardware.

  • Input Unit

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Input Unit terbagi menjadi dua, yaitu alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (mouse, touch screen, light pen), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader), sensor (digitizing camera), voice recognizer (microphone) dan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

  • Output Unit

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (kertas), softcopy (monitor), USB, disket ataupun berupa suara.

  • Processor

Merupakan otak sistem komputer, dan tempat pemroses instruksi-instruksi program. Memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. Berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

  • Aritmatik Logic Unit (ALU)

Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut juga adder.

  • Control Unit (CU)

Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. Menyimpan hasil proses ke memori utama.

  • Register

Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika. Ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu: Register, Main memory, dan Secondary storage.

  • Motherboard

Adalah bagian komputer yang paling utama (PCB utama) karena berisi sistem BIOS (Basic input output system), pengatur koneksi input-output (chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA). BIOS adalah bagian utama yang mengatur sistem input output pada komputer. Beberapa merk motherboard yang terkenal adalah Asus, Gigabyte, Albatron, Abit, PCchips, ECS, Biostar, dan Jetway. Yang perlu diperhatikan dalam memilih motherboard adalah jenis soket prosessor, Frekuensi BUS, Jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah soket RAM dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan dari sebuah merk.

  • Memori

Memori terbagi dua bagian: memori internal (ikut bekerja dalam unit pemroses) dan memori eksternal (bertindak sebagai penyimpan data/storage unit). Memori internal berupa: 1.RAM (Random Access Memory) yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pengolahan data dan sifatnya untuk sementara waktu 2.ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

  • Video Graphics Array (VGA)

VGA Card berfungsi mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor. Ukuran VGA Card ditentukan dari ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar yang dihasilkan. Perkembangan VGA Card dari waktu ke waktu:

  • VGA Card PCI (Peripheral Component Interconect)
  • VGA Card AGP (Accelerator Graphics Processor)
  • VGA Card PCI-E (PCI Express)
  • Soundcard

Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas. Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (Hi Fi = High Fidelity) atau Azalia. Contoh merk soundcard yang terkenal adalah Creative, Ess, Realtek, Cmedia, dll.

  • Storage Unit

Disebut juga sebagai memori eksternal. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama. Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd, dan flash disk.