browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Apa itu TELUR PIDAN?

Posted by on October 24, 2012

Itik atau bebek lokal di Indonesia umumnya dipelihara sebagai penghasil telur. Sumbangan telur bebek menduduki urutan kedua setelah telur ayam ras. Telur bebek memiliki bau yang khas dan rasa yang berbeda dengan telur ayam. Oleh karena itu pengolahan pada telur bebek butuh bumbu yang banyak seperti rempah-rempah atau bahan lainnya supaya dapat menyamarkan bau khas yang dihasilkan dari telur bebek tersebut. Namun hingga saat ini pemanfaatan telur bebek di Indonesia mash terbatas pada pembuatan telur asin. Pada negara lain, di China misalnya, ada pemanfaatan telur bebek dijadikan menjadi telur pidan.

Telur pidan adalah masakan cina yang dibuat dari telur bebek, ayam, atau telur puyuh dalam campuran abu, garam, kapur, sekam padi, dan tanah liat selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung metode pengolahan.Telur pidan awalnya dibuat dengan menambahkan telur pada 3 pon teh dalam air mendidih, serta 3 pon kapur atau 7 pon ketika musim dingin, 9 pon garam, dan 7 pon abu dari kayu oak yang dicampur menjadi pasta halus. Lumpur perlahan mengering dan mengeras menjadi kerak selama beberapa bulan, dan kemudian telur siap untuk dikonsumsi.

Sejarah pembuatan telur ini disebabkan karena kebutuhan untuk melestarikan telur di China. Hal ini diperkirakan terjadi sekitar 600 tahun yang lalu di Hunan, selama Dinasti Ming, ketika pemilik rumah menemukan telur bebek di kolam dangkal kapur yang digunakan untuk mortar selama pembangunan rumahnya, dua bulan sebelumnya. Setelah mencicipi telur, ia mengembangkan telur ini dengan menambahkan garam untuk meningkatkan rasa, sehingga selanjutnya resep ini dikenal sebagai telur pidan pada beberapa abad hingga kini.

 

Source :

Kurniawati, Dewi. dkk .2012. Makalah Teknologi Pengolahan Hewani ” Fermentasi Telur Pada Pembuatan Telur Pidan”. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang