Comments Off on Kegunaan Sistem Persamaan Linear

Kegunaan Sistem Persamaan Linear

2010
03.29

untuk menyelesaikan sistem persamaan linear.
kita perlu memahami operasi dasar matriks, tipe-tipe matriks, determinan, matriks ekivalen, matriks invers.

Adapun persamaan linear adalah sebuah persamaan aljabar, yang tiap sukunya merupakan konstanta, atau perkalian konstanta dengan variabel tunggal. Persamaan ini dikatakan linear sebab mereka digambarkan dalam garis lurus di koordinat Kartesius. Bentuk umum untuk persamaan linear adalah y = mx + b.

Berikut diagram permodelannya:

¨Pemodelan dengan fungsi linear adalah contoh pemodelan yang paling sederhana.
¨Variabel adalah sesuatu yang berubah-ubah di dalam pemodelan kita.
¨Konstanta adalah sesuatu yang nilainya tetap/tidak berubah dalam model kita.
¨Ekspresi Aljabar adalah ekspresi dalam bahasa matematis yang mengandung variabel.
¨Dalam menerjemahkan kejadian sehari-hari menjadi bentuk ekspresi matematis, cari kata kuncinya.

Di samping itu, problem-problem di bidang rekayasa dan sains dapat dimodelkan menggunakan persamaan diferensial biasa ataupun persamaan diferensial parsial. Pada umumnya, menentukan solusi eksak persamaan diferensial biasa/persamaan diferensial parsial tidak dapat ditemukan dengan mudah. Di sinilah sistem persamaan linear (SPL) memegang peranan penting dalam menentukan solusi pendekatan persamaan diferensial biasa ataupun persamaan diferensial parsial.

Pada umumnya, menentukan solusi eksak persamaan diferensial biasa/persamaan diferensial parsial tidak dapat ditemukan dengan mudah. Di sinilah sistem persamaan linear (SPL) memegang peranan penting dalam menentukan solusi pendekatan persamaan diferensial biasa ataupun persamaan diferensial parsial. Dimana dalam aplikasi suatu pemrograman dapat dimanfaaatkan lebih lanjut, sehingga sistem persamaan linear merupakan langkah awal untuk menyelesaikan dasar problem-problem rekayasa dan sains dalam aplikasinya terhadap pemrograman.

contohnya:

KONSEP PERSAMAAN LINEAR

DUA VARIABEL

Ilustrasi:

Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier :

x – 3y = 9

5x +2y = 11

Tentukan:

  1. a. Himpunan penyelesaiannya
  2. b. Nilai 2x + 3y

Jawab:

a.

x – 3y = 9 ´5

5x +2y = 11 ´1

5x–15y = 45

5x + 2y = 11

–17y = 34

y =

y = –2

x – 3y = 9

x – 3(–2) = 9

x +6 = 9 maka x = 3

maka Hp = {(3, -2)}

b. Nilai

2x + 3y=2(3) + 3(-2)

= 6 – 6 = 0

Comments Off on Adobe Flash

Adobe Flash

2010
03.21

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.Adobe Flash merupakan sebuah program aplikasi pembuat animasi yang popular untuk saat ini, dimana semua pekerjaan yang berhubungan dengan animasi 2D bahkan 3D pada Flash versi terbaru saat ini, dapat dilakukan dengan mudah melalui program aplikasi ini.

Berikut merupakan kegunaan program aplikasi Adobe Macromedia Flash.

Flash untuk membuat animasi

Animasi telah berkembang sebegitu pesatnya, demikian halnya dengan interaksi di dalam animasi (movie). Animasi ini merupakan bagian dari dunia hiburan. Hal ini membuat animasi dan interaksi bukan menjadi masalah yang sulit dikerjakan. Contoh dari animasi 2D ini yaitu pada beberapa film kartun seperti Avatar, Doraemon, Crayon Sinchan. Selain itu juga dapat terlihat di beberapa bumper iklan berdurasi singkat seperti pada MTV AMPUH, SCTV, serta video klip seperti SAMSONS, GORILLAZ, PADI, dll.

Flash untuk e-card

Kartu ucapan Happy B’day, Tahun Baru serta selamat Idul Fitri saat ini sudah dapat Anda kirimkan melalui email dengan desain yang lucu dan menarik. Sekarang sudah tidak zamannya lagi mengirimkan kartu ucapan dalam bentuk kertas. Kelebihan e-card (electronic card) selain desainnya yang menarik dan interaktif, juga mengurangi pemakaian kertas.

Flash untuk presentasi

Presentasi dengan program aplikasi Microsoft Powerpoint. Uh sudah tidak zaman lagi. Saat ini presentasi dengan Flash lebih menarik. Kebutuhan media yang semakin meningkat serta semakin banyaknya kemudahan dan kecanggihan yang diberikan oleh program multimedia dan grafis saat ini, khususnya flash, mulai membuat banyak orang beralih menggunakan untuk membuat presentasi dan company profile agar terlihat lebih profesional.

Flash untuk web

Para pengembang web profesional saat ini juga sudah memulai mengembangkan web berbasis animasi dengan flash sehingga tampilan web menjadi lebih interaktif dan menarik. Hampir semua web saat ini sudah terintegrasi dengan animasi flash karena plug-in untuk flash player juga sudah terintegrasi dengan browser internet pada umumnya. Untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa juga menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi

Flash untuk CD Pembelajaran Interaktif

Banyak cara untuk menyampaikan materi di dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya dengan CD Pembelajaran Interaktif. Saat ini CD PI bukanlah suatu alat yang susah di dapat. Dengan CD PI, diharapkan peserta didik ataupun pelatihan dapat dengan mudah memahami materi yang akan disampaikan. Selain itu pula, CD PI dapat menekan biaya pengadaan materi. Karena biaya CD tidak begitu mahal bila dibandingkan dengan harga kertas.

Kelebihan Program Aplikasi Adobe Macromedia Flash

©             Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.

©             Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.

©             Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.

©             Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone.

©             Dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.

©             Adanya Actionscript. Dengan actionscript anda dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file. Karena adanya actionscript ini juga Flash dapat untuk membuat game karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dsb. yang berguna dalam game. Selain itu, Flash adalah program berbasis vektor.

Kekurangan dari program aplikasi Flash, salah satunya adalah komputer yang ingin memainkan animasi flash harus memiliki flash player. Anda harus menginstallnya, biasanya secara online. Satu lagi, program adobe flash bukan freeware.

Comments Off on

2010
03.18

Ubahlah masing-masing bilangan berikut menjadi tiga bentuk bilangan yang lain (Desimal, Biner, Octal atau Hexa). Jelaskan proses perubahannya!

  1. 10011012
  2. 3F16
  3. 778
  4. 5916
  5. 1516
  6. A12B16
  7. 1110012

Jawaban dari soal diatas bisa dilihat di link di bawah ini:

Sistem Bilangan

Comments Off on Persamaan Diferensial Eksak

Persamaan Diferensial Eksak

2010
03.16

Sehingga jika menjadi persamaan differensial akan didapat :

(2)

Seperti penjelasan sebelumnya, ada fungsi turunan M yang terhadap x dan fungsi turunan N terhadap y dan jika dijumlah akan sama dengan nol. Hal ini dikarenakan semua fungsi di pindah ke ruas kiri.

PD eksak adalah suatu kondisi dimana F suatu fungsi dari dua variabel real dan F kontinyu pada turunan pertama pada domain D maka jumlah difrensial dF didefinisikan sebagai :

(3)

Setelah didapatkan persamaan seperti di atas, maka persamaan di atas dapat dipecah menjadi persamaan di bawah ini:

(4)

Dan

(5)

Dikatakan PD eksak jika persamaan (4) dan (5) bernilai sama, sehingga penyelesaian suatu PD eksak seperti di bawah ini:

  1. Mengintegralkan persamaan (4) terhadap x, kemudian turunkan persamaan tersebut terhadap y sehingga kita memperoleh suatu persamaan baru (1).
  2. Persamadengankan persamaan baru (1) tersebut dengan persamaan (5), sehingga menemukan suatu penyelesaian.
  3. Mengintegralkan penyelesaian tersebut sehingga mendapatkan suatu persamaan baru (2)
  4. Memasukkan persamaan baru (2) ke dalam integral persamaan (4).
  5. Maka didapatkan suatu persamaan yang disebut PD eksak.

Sumber :

http://dafik.blog.unej.ac.id/files/2009/05/persdefrensial1b1.pdf

http://zaki.web.ugm.ac.id/kuliah/Persamaan_Diferensial_Elementer/Bab2.pdf

Comments Off on Analog vs Digital

Analog vs Digital

2010
03.07

Sinyal analog

Analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirimkan melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebutlah yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.

Sinyal analog adalah istilah yang digunakan dalam ilmu teknik (terutama teknik elektro, teknik informasi, dan teknik kendali), yaitu suatu besaran yang berubah dalam waktu atau dan dalam ruang, dan yang mempunyai semua nilai untuk untuk setiap nilai waktu (dan atau setiap nilai ruang). Digunakan juga istilah Sinyal Kontinyu, untuk menggambarkan bahwa besaran itu mempunyai nilai yang kontinyu (tak terputus).

Contoh Sinyal Analog yang paling mudah adalah suara,seperti pada teknologi telepon atau radio konvensional, sinyal gambar (foto) pada kamera konvensional, sinyal video pada televisi konvensional.

Sinyal Digital

Digital berasal dari kata Digitus, dalam Bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

Contoh Sistem Digital misalnya,jam digital,komputer,handphone,aplikasi pengolahan suara pada kanal telepon, pemrosesan citra serta transmisinya, dalam bidang seismologi dan geofisika, eksplorasi minyak, deteksi ledakan nuklir, pemrosesan sinyal yang diterima dari luar angkasa, dan lain sebagainya.

 

Perbedaan Analog vs Digital

Perbedaan dari Analog dan Digital salah satunya adalah bentuk gelombang sinyal. Sinyal Analog mempunyai bentuk sinus atau setengah lingkaran,sedangkan sinyal digital mempunyai bentuk gelombang persegi atau kotak . Bentuk gelombang sinyal listrik bisa dilihat dengan alat bernama Osiloskop .

Data analog : Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu , yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang . Dua parameter / karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi . Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar , yaitu amplitude , frekuensi dan phase .

· Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.

· Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.

· Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.

Data Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus , yang banyak dipengaruhi oleh factor  ”pengganggu” . Analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik yang merupakan proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik dan bersifat variable yang berurutan . Jadi sistem analog merupakan suatu bentuk sistem komunikasi elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada gelombang elektromagnetik.

Kecepatan gelombang ini disebut dengan Hertz (Hz) yang diukur dalam satuan detik . Misal dalam satu detik gelombang dikirim sebanyak 1000 , maka disebut dengan 1000 Hertz . Kekurangan sistem analog ini adalah pengiriman sinyal agak lambat dan sering terjadi error . Hal-hal seperti ini tidak terjadi pada sistem digital . Oleh karenanya saat ini banyak peralatan maupun aplikasi yang beralih dari sistem analog menjadi sistem digital .

Data digital : Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1 . Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan , yaitu 0 dan 1 , sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau , tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat . Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret . Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit . Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital . Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum , jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah .

 

Teknologi digital memiliki beberapa keistimewaan unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog , yaitu :

  • Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  • Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
  • Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
  • Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.

Ada beberapa alasan mengapa digunakan pemrosesan sinyal digital pada suatu sinyal analog. Pertama, suatu sistem digital terprogram memiliki fleksibilitas dalam merancang-ulang operasi-operasi pemrosesan sinyal digital hanya dengan melakukan perubahan pada program yang bersangkutan, sedangkan proses merancang-ulang pada sistem analog biasanya melibatkan rancang-ulang perangkat keras, uji coba dan verifikasi agar dapat bekerja seperti yang diharapkan.

Masalah ketelitian atau akurasi juga memainkan peranan yang penting dalam menentukan bentuk dari pengolah sinyal. Pemrosesan sinyal digital menawarkan pengendalian akurasi yang lebih baik. Faktor toleransi yang terdapat pada komponen-komponen rangkaian analog menimbulkan kesulitan bagi perancang dalam melakukan pengendalian akurasi pada sistem pemrosesan sinyal analog. Di lain pihak, sistem digital menawarkan pengendalian akurasi yang lebih baik. Beberapa persyaratan yang dibutuhkan, antara lain penentuan akurasi pada konverter A/D (analog ke digital) serta pengolah sinyal digital, dalam bentuk panjang word (word length), floating-point versus fixed-point arithmetic dan faktor-faktor lain.

Sinyal-sinyal digital dapat disimpan pada media magnetik (berupa tape atau disk) tanpa mengalami pelemahan atau distorsi data sinyal yang bersangkutan. Dengan demikian sinyal tersebut dapat dipindah pindahkan serta diproses secara offline di laboratorium. Metode-metode pemrosesan sinyal digital juga membolehkan implementasi algoritma-algoritma pemrosesan sinyal yang lebih canggih. Umumnya sinyal dalam bentuk analog sulit untuk diproses secara matematik dengan akurasi yang tinggi.

Implementasi digital sistem pemrosesan sinyal lebih murah dibandingkan secara analog. Hal ini disebabkan karena perangkat keras digital lebih murah, atau mungkin karena implementasi digital memiliki fleksibilitas untuk dimodifikasi.

Namun implementasi digital tersebut memiliki keterbatasan, dalam hal kecepatan konversi A/D dan pengolah sinyal digital yang bersangkutan.

Comments Off on

2010
02.28

 

SEJARAH PERKEMBANGAN DIGITAL

Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :

a. Sebelum tahun 1940.

b. Setelah tahun 1940.

Sebelum tahun 1940

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia

juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam

penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.

Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan –  penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini

komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan

pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar

perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket

yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan

panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan

berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba

sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.

1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan

                faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan

                manusia

2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang

                digerakkan dengan tangan secara manual

3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara

                 otomatis oleh motor elektronik

4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya

komputer :

  1. Abacus.

Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa

tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini

memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian

geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan

abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil

dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.

  1. Kalkulator roda numerik

Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada

tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,

menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel

calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda

putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini

merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah

hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

3. Kalkulator roda numerik 2

Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von

Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat

mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan

menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar

yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

4. Kalkulator Mekanik.

Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikanpendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut  dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya,arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi

mekanikal.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor

matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage

memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik

sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang

matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu.

Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai

alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk

menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin

untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin

Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan

program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.

Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama,

yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842)

memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana,

mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi

Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang

mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan

juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980,

Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman

dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu

perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara

yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.

Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun

untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut

memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan

perhitungan sensus.

Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan

differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial

kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut

sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk

melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry

mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit

elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa

sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat

dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke

dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat

komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena

kehilangan sumber pendanaan.

Setelah tahun 1940

Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.

1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).

Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses

dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu

beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer.

Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di

kawasan sekitarnya.

Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam

menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer

generasi pertama :

a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )

               dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

KOMPUTER ENIAC

Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep

penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von

Neuman.

b. EDVAC Computer.

KOMPUTER EDVAC

Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses

perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

c. EDSAC COMPUTER

EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan

raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

KOMPUTER EDSAC

d. UNIVAC 1 Computer.

Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal

Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data

perdagangan.

                                                        

2. Komputer generasi kedua ( 1959 1964 )

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan

komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer.

Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu

pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat

diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang

memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat

komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk

laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Mesin

tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi

bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah

dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan

yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa

assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan

untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer

generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.

Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya

menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat

diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,

memory, sistem operasi, dan program.

KOMPUTER DEC PDP-8

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang

diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis

besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di

dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan

kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer

dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk

atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada

saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan

Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini

menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula

matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang

untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan

(programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai

bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3. Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 80an )

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun

transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak

bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.

Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi

(IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik

dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan

kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu

chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil

karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer

generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang

memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara

serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori

komputer.

4. Komputer generasi keempat ( awal 80an – ??? )

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran

sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat

ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale

Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang

berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran

komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan

komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC

dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,

memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya,

IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah

mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh

kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga

seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi

dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk

menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan – perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit

komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer – komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang

mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu

adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game

seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih

canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC)

untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak

dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun

kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran

yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi

komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang

dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar

komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada

komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.

Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan

pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial

dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam

golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara

baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya

suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara

bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi,

dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer

jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik

untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung

(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat

berkembang menjadi sangat besar.

5. Komputer generasi kelima ( masa depan )

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain

memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang

terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non

Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu

mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah

teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan

apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek

komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)

juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek

ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer

generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Hello world!

2010
02.24

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!