Petrichor, wangi hujan yang menyenangkan!

2161733_20121204034916

Siapa disini yang tak suka hujan? setelah sekian lama kemarau kemudian hujan turun. itu rasanya adheeeeem banget! ketika hujan turun biasanya suka ada wangi-wangi atau bau tanah orang-orang bilang. wangi itu sangat menyenangkan! mau tau apa penyebab munculnya wangi itu? simak ulasan berikut ini ūüôā

Petrichor, atau wangi tanah setelah hujan merupakan bau yang tercium di udara ketika hujan turun setelah kemarau panjang. Petrichor ini terjadi karena beberapa tumbuhan mengeluarkan minyak selama periode kering. Lantas ketika hujan, minyak tersebut terlepas ke udara. Reaksi kedua, yang menciptakan petrichor, terjadi ketika zat kimia yang dihasilkan oleh bakteri tanah Actinomycetes terlepas ke udara. Senyawa aromatik ini berkombinasi untuk menghasilkan aroma petrichor yang menyegarkan ketika hujan menyentuh tanah.

Bau lain yang diasosiasikan dengan hujan adalah ozone. Selama hujan petir, kilat dapat memecah molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer yang akhirnya berekombinasi kembali menjadi nitrit oksida. Substansi ini berinteraksi dengan zat kimia lain di atmosfer untuk membentuk ozone, yang memiliki bau tajam yang mirip klorin.

Istilah¬†petrichor¬†sendiri diciptakan oleh dua ilmuwan Australia, yakni Isabel Joy Bear dan R. G. Thomas, pada 1964 ketika mempelajari bau iklim basah.¬†Petrichor¬†berasal dari kata¬†petra¬†yang berarti ‘batu’ dalam bahasa Yunani dan¬†ichor¬†atau ‘darah dewa’ dalam mitos kuno Yunani.

ya, itulah ulasan singkat bagaimana terjadinya bau tanah setelah hujan. bau itu serasa seperti aromatherapy yang dapat menenangkan pikiran. apalagi pas bau itu tercium ketika suntuk di dalam kelas (lagi kuliah), rasa-rasanya semangat kembali berkobar! inilah salah satu kuasa alam dan bukti kebesaran ALLAH SWT.

source:

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/26/061491420/Mengapa-Bau-Hujan-Itu-Enak