Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wifi Untuk Smartphone

di era global ini, sudah banyak yang menggunakan smartphone seperti Android, WP7, iPhone, Blackberry, dan lain sebagainya. biasanya sih dari sekian banyak pemegang smartphone itu dari kalangan mahasiswa (termasuk aku). dan agar stay up to date dengan segala hal baik itu di jejaring sosial maupun yang lainnya. biasanya mahasiswa akan membeli paket khusus untuk smartphonenya itu, padahal dia sudah punya modem laptop yang biasanya digunakan untuk browsing ngerjain tugas. jadi semacam pemborosan lah! padahal itu sama sekali tidak perlu! setelah ini akan aku share tutorial menjadikan laptop kamu sebagai hotspot agar bisa diakses oleh smartphone kamu dengan menggunakan wifi. tapi sebelumnya kamu harus meng-connect-in laptop kamu ke internet. berikut ini tutorialnya, simak baik-baik ya!

Pertama kali, setelah kamu pasang modem portable kamu ke laptop dan meng-connect-innya, kamu download dulu software yang satu ini, namanya mHotSpot. ukurannya kecil kok. ga sampe 1 mb. jadi silahkan di download dulu ^^

1. download Mhotspot installer [DISINI] : (gunakan direct download link agar lebih cepat)

2. Setelah terdownload, install mHotSpot.

3. Jika sudah terinstall, jalankan mHotSpot.

4. Atur mHotspot

mhotpsot

  • Masukkan nama hotspot (terserah kamu mau dikasih nama apa, punyaku CASUALITY)
  • Masukkan Password hotspot (biar aman, kamu kasih password hotspotmu, minimal 8 karakter)
  • Pilih Koneksi yang akan dishare, disini aku pake modem (wireless terminal)
  • Isi Max Clients, sesuai keinginanmu. biar koneksi ga lemot, ga usah banyak2 ngisinya. kalau aku cukup satu aja (pake sendiri)

5. Start Hotspot dengan mengklik start Hotspot..

6. Jika ada error, klik ok, kemudian restart dulu laptopmu.

7. Langkah terakhir adalah Scan wifi di smartphonemu (Smartphone atau tablet), trus koneksiin ke wifi yang udah kamu buat.

Gimana? udah bisa kan? simple kok! dan HEMAT tentunya 🙂
mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. amin!