Kenali Penyebab Sering Mengantuk Dalam Kelas dan Temukan Solusi Cerdasnya!

Ngantuk Dikelas

Merupakan rahasia umum bahwa belajar dalam kelas dapat menyebabkan kantuk dan tak jarang juga membosankan. hal ini kontras banget sama ketika kita melakukan aktivitas yang lain seperti jalan-jalan, main PES, nonton TV, dll. Sebenarnya apa sih penyebab dari rasa kantuk yang datang itu?

apa benar karena semalamnya begadang atau kurang tidur? coba cek salah satu penyebab kenapa kita sering merasa ngantuk dalam kelas.

Oke, mari kita simak apa aja sih penyebab kantuk didalam kelas itu?

Pertama, Kurang Tidur

Ini memanglah puncak utama ramai pelajar atau mahasiswa mengantuk ketika dosen mengajar di sekolah.  Ada sesetengah pelajar bahkan lebih yang tidur lewat tengah malam hingga pukul 1 pagi. Sedangkan esok hari ada kuliah pagi dan terpaksa bangun awal. Ada yang tidur lewat kerana memahami pelajaran. Ada pula pelajar yang tidur lewat kerana membuang masa dengan aktivitas yang tidak berfaedah seperti mendengar radio dan surfing di Internet hingga pagi.

Kedua, Tidur Berlebihan

Tidur yang terlalu lama dan kerap juga menjadikan kamu mengantuk. Tidur yang mencukupi ialah sebanyak 6-8 jam sehari. Pastikan kamu tidak tidur lebih dari tempo waktu ini.

Ketiga, Makan terlalu banyak.

Ini juga merupakan satu tabiat buruk. Apabila kamu kuat makan maka perut kamu terpaksa bekerja kuat memproses makanan tersebut. Proses ini memerlukan banyak oksigen dan mengerah banyak tenaga. Ini membuatkan kamu akan mudah mengantuk waktu dalam kelas dan ketika memahami pelajaran. makan terlalu banyak juga dapat memperbanyak frekuensi menguap sehingga otak akan bekerja lebih lamban dan mengantuk

Keempat, Badan Terlalu Lelah

ada kalanya kamu mengantuk disebabkan badanu terlalu letih dengan aktivitas sepanjang hari. misalkan pada malam harinya kamu bermain futsal atau bermain PES dengan teman kos. hal ini tentu akan lebih menyita energi dan membuat hari esokmu lemas.

Kelima, Tidak Ada Passion Untuk Belajar

Biasanya masalah ini timbul dari dalam diri sendiri sih, dimulai dari engga’ mood lantaran dosennya kurang sesuai atau dikarenakan memang mata perlajarannya yang membosankan dan diba

wakan dengan gaya yang membosankan juga.

Kemudian, apa kata para ahli akan fenomena ini?

Ahli Ingatan yang juga merupakan CEO dari Perusahaan Memrise, Ed Cooke, menjelaskan bahwa untuk mengatasi kebosanan yang dapat berujung kantuk dibutuhkan cara kreatif agar lebih mudah mengingat informasi yang dipelajari. Salah satu cara efektif yang sebenarnya sudah sering dilakukan adalah dengan menggunakan mnemonic atau metode menyingkat informasi penting menjadi kata yang menarik sehingga mudah diingat. seperti pada saat kita menghafalkan nama-nama alkalin pada waktu SMA dulu 🙂

“Orang lebih mudah mengingat suatu yang unik, nyata dan menyenangkan. Orang tentu saja lebih ingat saat ia dicium Scarlet Johansson daripada perbedaan antara alkana dan alkena,” kata Ed.

Dengan metode mnemonic ini, orang-orang yang selalu mengeluh bosan dalam belajar dan kesulitan menghapal sesuatu yang penting dalam ujian dapat teratasi. Biasanya metode ini bekerja dengan menggabungkan beberapa nama atau menghubungkannya dengan suatu hal atau lokasi yang berhubungan dengan informasi yang sedang dihapal atau yang biasa disebut sebagai jembatan keledai.

“Misalkan saja harus mengingat Riyadh adalah ibukota Saudi Arab

ia. Karena tidak ada detail jelas yang bisa memudahkan mengingat. Maka ada yang menghapalnya dengan cara menggubahnya menjadi reff lagu rehab milik Ami Winehouse yang sekali dinyanyikan mudah terngiang,” jelas Ed.

Atau misalnya dalam menghapal Malabo sebagai nama ibukota guinea katulistiwa, seseorang mengaitkannya dengan gambar seekor guinea-pig atau marmut yang sedang merokok Marlboro. Sehingga saat berjumpa dengan orang yang berasal dari guinea katulistiwa pada lain waktu, akan teringat gambaran marmut merokok Marlboro yang merujuk pada Malabo.

“Hal ini bisa dilakukan untuk menghapal banyak hal. Kata-kata yang dipilih setidaknya sesuai dengan definisi dan pengetahuan orang yang menghapal sehingga lebih mudah diingat,” ujar Ed. “Dengan cara ini, belajar dan menghapal akan lebih efektif dan menyenangkan,” tandasnya.

Lalu, bagaimana solusinya?

1. Berjemur beberapa menit di bawah terik matahari jika rasa nga

ntuk menyerang kamu. Karena dengan menyengatkan badan di bawah terik matahari bisa menghilangka perasaan ingin tidur.

 2. Melakukan aktivitas menggerakkan badan atau berolahraga ringan agar aliran darah berjalan dengan lancar. Karena aliran darah yang tidak beredar secara normal juga memicu rasa ngantuk itu muncul. kamu bisa berlari-lari kecil ditempat, atau mengayun-ayunkan tangan dan sebagainya.
3. berjalanlah. Jika rasa kantuk sudah menyerang, ada baiknya kita sedikit melemaskan otot dengan berjalan, baik itu hanya sekedar mengunjungi teman, ke toilet, atau sekedar mengambil air minum.
4. Meminum teh hijau. Kopi dan teh hijau adalah dua minuman yang sama-sama mengandung cafeine sehingga dapat mencegah rasa kantuk. Tapi dibandingkan dengan kopi, lebih disarankan meminum teh hijau karena teh hijau memiliki lebih banyak kandungan gizi dibandingkan kopi.

 

5. cuci muka. Cuci muka adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk.
6. merapikan hal di sekitar kita. Pada saat rasa kantuk menyerang, mungkin sebaiknya kita mencari pekerjaan untuk mengusir rasa kantuk tersebut, seperti merapikan meja atau lemari. Selain itu kita juga akan merasakan kesegaran di pikiran kita.

7. Pilih cemilan yang sehat

Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
– Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
– Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
–  Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.
8. Ngobrol dengan teman sebangku

Jika kamu tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran kamu rileks sejenak. “Bicaralah dengan teman sebangku tentang pelajaran, Gosip, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat untuk tidak kantuk.
9. Tarik nafas dalam

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.
Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. kamu dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :
* Dengan satu tangan di perut kamu tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dadamu, tarik napas dalam melalui hidung kamu dan biarkan perut kamu mendorong tanganmu keluar. Dada kamu tidak boleh bergerak.
* Tarik napas melalui bibir seolah-olah kamu bersiul. kamu bisa menggunakan tangan di perutmu untuk membantu mendorong udara keluar.
Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam y
oga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat cepat melalui hidung. Mulut kamu tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. kamu bisa melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.

10. Olahraga

Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur. Cobalah berolahraga selama 30 menit sehari. Jika kamu memutuskan berlatih keras dalam beberapa hari, kemungkinan tingkat energi kamu akan menurun dan baru pulih dalam beberapa jam kemudian. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah latihan berat untuk mengganti hilangnya energi di awal latihan.
nah, itu dia mulai dari permasalahan mengantuk sampai dengan solusinya biar ga ngantuk’an lagi di kelas. kalau aku sih biasanya kalau udah ngerasa ngantuk gitu sukanya ngobrol bareng temen atau ngejailin temen. itu mending karena paling engga’ rasa kantuknya itu akan cepet hilang daripada ga ngelakuin apa-apa sama sekali sampai akhirnya jatuh tertidur dan diomelin dosen. 🙂
Sources: