Memilih digital wallet untuk ethereum

Ethereum

Digital wallet untuk ethereum

Anda tertarik untuk membeli etherium? Sebelumnya, Anda harus mempunyai tempat untuk bisa menyimpan mata uang etherium. Tempat atau wadah penyimpanan itu disebut digital wallet. Wallet digital ethereum tersebut tidak berisi etherium melainkan kode-kode private key yang dibutuhkan untuk mengakses. Jenis dompet digital sendiri ada beberapa macam. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya yaitu web wallets.

Web wallets merupakan salah satu jenis dompet digital yang berguna menyimpan private key secara online. Jenis dompet ini termasuk yang paling tidak aman, sebab private key disimpan secara online yang memungkinkan hacker dapat meretas private key Anda dengan mudah. Beberapa contoh web wallets yaitu Green Address, Coinbase, Myetherwallets, TPro, Triv dan lain-lain.

Khususnya untuk Bitcoin Indonesia, teman-teman bisa menggunakan Wallet Lokal seperti Tpro dan Triv. Selain bahasanya sama, pemiliknya juga masih orang Indonesia.

Selanjutnya ada dekstop wallets yang menyimpan private key ether pada dekstop laptop atau komputer. Untuk menggunakannya, Anda membutuhkan sandi untuk mengakses. Hanya saja untuk menggunakan dekstop wallet Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pada perangkat Anda. Contoh dekstop wallet yang bisa digunakan yaitu Exodus, Mist, Metamask dan masih banyak lagi.

Mobile wallets merupakan jenis dompet ether yang hampir sama dengan dekstop wallets. Hanya saja Cuma membutuhkan sedikit ruang penyimpanan. Dengan menggunaan mobile wallets, Anda juga bisa menyimpan private key tersebut pada smartphone Anda. Contoh mobile wallets yang banyak digunakan yaitu Coinomi, jAxx dan masih banyak lagi.

Baca : Tips bisnis Online tanpa SEO

Digital wallet selanjutnya adalah hardware wallets yang berbentuk penyimpanan fisik misalnya stik USB. Hardware wallets menjadi dompet digital yang sangat aman dan sulit diretas. Hanya saja perangkat ini tentunya tidak gratis, sebab Anda perlu membeli barang tersebut secara langsung. Resiko hilang tentu saja ada, apalagi jika Anda lupa meletakkannya atau malah barang tersebut dicuri oleh orang lain.

Beberapa contoh hardware wallet yaitu Trezor, Keepkey, Ledger Nano dan lain-lain. Terakhir ada paper wallet yang menjadi tempat penyimpanan ether paling kuno. Paper wallets ini terbuat pada secarik keras dengan kode private ket ditulis di atasnya. Hanya saja sama seperti hardware wallets, Anda harus berhati-hati menyimpannya.