Wajib Tahu! Inilah Masa Kecil dan Remaja Soekarno

1. Wajib Tahu! Inilah Masa Kecil dan Remaja Soekarno

Tahukah Anda tentang masa kecil dan remaja Soekarno? Sebelum mengetahui lebih banyak tentang kisah kecil dan remajanya, Anda pasti sudah mengenal sosok Soekarno.  Soekarno adalah tokoh yang sangat berpengaruh Indonesia. Soekarno salah satu tokoh sang sangat dikagumi di Indonesia. Soekarno dikenal dengan sebutan bapak proklamator, karena beliau orang yang pertama kali memproklamirkan kemerdekaan Indonesia yang pertama kalinya, oleh karena itu ada baiknya kita mengetahui Biografi Soekarno untuk menambah pegetahuan.

Bapak proklamator Indonesia ini merupakan pesohor di Indonesia dengan isi pidato yang membakar dan menginspirasi semangat anak-anak muda pada masanya sehingga tak heran jika beliau diberi julakan Singa Mimbar. Semasa hidupnya ia selalu berjuang memerdekakan Indonesia. Berkat perjuangannya dalam memerdekakan Indonesia maka tak heran jika sosoknya dikenang oleh seluruh mayarakat Indonesia hingga saat ini.

Tak hanya di Indonesia, namanya juga harum dan dikenal hingga macam negara. Mengapa? Bukan tanpa alasan melainkan karena kehebatan perannya di dunia Internasional bahkan namanya sampai dijadikan sebagai nama jalan pada negara seperti Maroko dan Mesir. Lalu bagaimana kisah masa kecil dan remaja Soekarno? Daripada Anda semakin penasaran, maka simak informasinya berikut ini.

Kelahiran Sang Proklamtor Indonesia, Soekarno

Soekarno dilahirkan pada tanggal 6 Juni tahun 1901. Beliau dilahirkan dari seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo dan seorang ibu yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno lahir pada pukul setengah enam pagi pada saat fajar mulai menyingsing. Ibunya percaya bahwa anak yang dilahirkan pada saat matahari terbit akan mempunyai nasib yang lebih baik.

Soekarno lahir di Surabaya Jawa Timur. Dan diberi nama Koesno Sosrodiharjo. Namun Karena sering sakit  maka namanya diubah menjadi soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bhatara Yudha yaitu Karna. Karena dalam bahasa jawa huruf “a” berubah jadi “o” jadi  “Karna” menjadi “karno” sedangkan “Su” memiliki arti “baik”.

Soekarno diahirkan dari keluarga pejuang. Dari leluhur ibunya adalah para pejuang kemerdekaan yang gugur dalam perang puputan di Bali pada saat melawan kolonialisme Belanda. Sedangkan dari keluarga leluhur ayahnya pejuang-pejuang yang turut berjuang bersama pangeran Diponegoro saat melawan kolonialisme Belanda. Ketika soekarno kecil tinggal bersama kakeknya Raden Harjokromo di tulung Agung Jawa Timur.

Masa Kecil dan remaja Soekarno

Pertama kali soekarno bersekolah di Tulung Agung, jawa Timur. Kemudian karena ayahnya berpindah tugas di mojokerto akhirnya soekarno mengikuti ayahnya pindah ke Mojokerto. Di Mojokerto Soekarno bersekolah di Eerste Indlands School, tempat ayahnya bekerja. Pada tahun 1911, soekarno pindah sekolah ke Europeesche lagere School untuk memudahkan melanjutkan ke Hoogere Burger School.

Pada tahun 1915, Soekarno telah menyelesaikan pendidikan di Europeesche lagere School (ELS) dan berhasil masuk ke Hogere Burger School (HBS) di Surabaya, Jawa Timur atas bantuan seorang teman ayahnya yang bernama H.O.S. Tjokroaminto. Bahkan soekarno diberi tempat tinggal di pondok kediaman Tjokroaminoto selama berada di Surabaya. Selama di Surabaya soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin serikat islam.

Soekarno kemudian dalam organisasi pemuda Tri Koro Dharma yang dibentuk sebagai organisasi Budi Utomo. Kemudian pada tahun 1918 organisai Tri Koro Dharma di ganti menjadi Jong Java (Pemuda Jawa). Selain aktif dalam organisasi, Soekarno juga aktif menulis di harian “Oetoesan Hindia” yang dipimpin oleh Tjokoaminoto. Demikianlah Informasi mengenai masa kecil dan remaja Soekarno, semoga dapat memberikan Anda inspirasi.

 

Tags: , ,