Review tentang 5 Crypto Currency dan 5 Digital Finance

May 1st, 2021

5 Digital Finance

1. Ovo

OVO adalah sebuah aplikasi smart yang memberikan  layanan pembayaran dan transaksi secara online (OVO Cash). Anda juga bisa berkesempatan untuk mengumpulkan poin setiap kali  melakukan transaksi pembayaran melalui OVO.Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih cepat. Sedangkan OVO Points adalah loyalty rewards bagi yang melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. Untuk OVO Points sendiri, dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO.

OVO menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash terlalu banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi OVO yang didalamnya terdapat saldo cash maupun point.

2. Gopay

GoPay adalah layanan e-money yang terdapat dalam aplikasi Gojek Indonesia. GoPay dapat digunakan untuk pembayaran semua layanan Gojek (GoRide, GoCar, GoSend, dll.) hingga transaksi non tunai di Rekan usaha offline dan online. Untuk mengisi saldo GoPay cukup mudah dengan transfer melalui mitra Gojek, One Klik, ATM, Internet Banking, Alfamart, dan lainnya. GoPay memiliki teknologi keamanan terkini yang menjamin semua data dan transaksi pengguna selalu aman.

Sumber : https://www.cermati.com/e-money/gopay

Review :

Pengalaman saya menggunakan gopay selama ini sudah sangat baik, dengan biaya transfer yang murah dan banyaknya diskon dan promo dengan menggunakan gopay saya mendapatkan pengalaman penggunaan yang sangat baik. tidak lupa juga tidak ada pengambilan biaya perbulan di gopay membuat penggunaan gopay menjadi lebih baik.

3. Linkaja

LinkAja adalah layanan keuangan digital dari Telkomsel dan anggota Badan Usaha Milik Negara berupa uang elektronik. TCASH berfungsi layaknya rekening bank yang fleksibel dan tanpa adanya bunga.

Sumber : http://www.linkaja.id/

Review :

Saya belum pernah menggunakan layanan Linkaja jadi sayaa belum bisa berkomentar untuk review layanan keuangan digital ini.

4. DANA

DANA adalah sebuah aplikasi yang menawarkan layanan sistem pembayaran berupa uang elektronik, dompet elektronik, transfer dana, serta layanan pendukung lainnya, berbasis mobile yang dapat digunakan melalui Perangkat Telekomunikasi. DANA diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (“EDIK”) yang merupakan pemegang lisensi resmi dan telah memperoleh izin Uang Elektronik, Dompet Elektronik, Transfer Dana, dan Layanan Keuangan Digital (LKD) dari Bank Indonesia.

Sumber : https://www.dana.id/terms

Review :

Saya juga belum pernah menggunakan layanan keuangan digital ini jadi tidak bisa menulis dalam review.

5. DOKU Wallet

DOKU Wallet adalah  sebuah layanan dompet elektronik (Wallet) yang dikeluarkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha yang dilengkapi dengan fitur penghubung ke kartu kredit dan uang elektronik/cash wallet. Melalui DOKU Wallet, Anda bisa dengan mudah berbelanja secara online maupun offline di berbagai merchant yang sudah tergabung dengan layanan DOKU.

Sumber : https://www.cermati.com/e-money/doku-wallet

Review :

Saya belum pernah menggunakan layanan ini, oleh karena itu saya tidak bisa memberikan review yang tepat.

 

5 Crypto Currency

1. Bitcoin

Bitcoin merupakan sistem mata uang digital cryptocurrency global, yang dikenal juga dengan uang virtual ataupun aset Kripto. Bitcoin adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk investasi masa depan.

Sumber : https://hot.liputan6.com/read/4484136/apa-itu-bitcoin-pahami-pengertian-cara-kerja-serta-kelebihan-dan-kekurangannya

Review :

Saya belum pernah menggunakan layanan ini

2. Litecoin

Sama seperti Bitcoin, Litecoin merupakan aset kripto peer-to-peer yang bertujuan melayani sebagai sistem pembayaran digital global. Sama juga dengan Bitcoin, Litecoin merupakan jaringan open-source yang sepenuhnya terdesentralisasi tanpa adanya otoritas pusat yang artinya tidak dikendalikan siapapun.,

Sumber : https://www.luno.com/learn/id/article/what-is-litecoin

Review :

Saya belum pernah menggunakan layanan ini

 

3. Peercoin

Peercoin adalah mata uang kripto alternatif yang diluncurkan pada Agustus 2012 dan didasarkan pada kerangka kerja Bitcoin. Peercoin terkadang juga disebut sebagai PPCoin, Peer-to-Peer Coin, dan P2P Coin.

Sumber : https://id.nesrakonk.ru/peercoin/

Review :

Saya belum pernah menggunakan layanan ini

 

4. Namecoin

Namecoin adalah mata uang kripto yang awalnya bercabang dari perangkat lunak Bitcoin. Fork hanyalah perubahan dalam protokol blockchain. Namecoin didasarkan pada kode Bitcoin dengan fungsionalitas tambahan yang dibangun di atasnya. Namecoin menggunakan algoritma konsensus proof-of-work (PoW) yang sama dengan Bitcoin. Kedua mata uang itu hampir identik.Namun, Namecoin dikembangkan sebagai dasar untuk sistem nama domain (DNS) yang terdesentralisasi.

Sumber : https://id.nesrakonk.ru/namecoin/

Review :

Say belum pernah menggunakan layanan ini

 

5. Cardano

Cardano adalah platform blockchain bukti kepemilikan yang menanggapi perasaan untuk memungkinkan “pembuat perubahan, inovator, dan visioner” untuk membawa perubahan global yang positif. Proyek open source ini juga bertujuan untuk “membangun kembali kekuasaan dari struktur yang tidak bertanggung jawab ke pinggiran individu” – membantu menciptakan masyarakat yang lebih aman, lebih transparan, dan adil.

Sumber : https://www.kompasiana.com/masadin/604ce5b18ede485dbc7ea4c2/apa-itu-cardano-ada-penjelasan-cara-mendapatkannya

Review :

Saya belum pernah menggunakan layanan ini