Crypto Currency dan Digital FInance

May 1st, 2021

PENGERTIAN

    Cryptocurrency adalah mata uang digital. Mata uang ini tentunya berbeda dengan mata uang lainnya, karena mata uang ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi virtual. Untuk menjaga sistem keamanan di dalamnya, maka cryptocurrency dilindungi oleh berbagai kata sandi yang rumit untuk dipecahkan.

    Selain itu, cryptocurrency juga lebih bersifat desentralisasi, yang artinya tidak ada pihak perantara dalam kegiatan transaksi di dalamnya. Sistem pembayaran yang di dilakukan di dalamnya memanfaatkan mata uang digital dan berlangsung secara peer to peer atau dari pengirim ke penerima.

5 CONTOH CRYPTO CURRENCY

Jenis – jenis dari cryptocurrency yang sering digunakan di berbagai negara sebagai alat transaksi online adalah sebagai berikut.

Bitcoin

Bitcoin merupakan jenis cryptocurrency yang pertama kali digunakan dan sangat populer hingga kini. Bitcoin pertama kali muncul pada tahun 2009 oleh pihak yang bernama Satoshi Nakamoto. Pada bulan November 2019, terdapat lebih dari 18 juta bitcoin yang diperdagangkan dengan total nilai pemasaran (market value) mencapai sekitar US$ 146 Miliar. Hingga saat ini, sekitar 68% cryptocurrency merupakan jenis bitcoin.

Bitcoin Cash

BitcoinCash pertama kali diluncurkan pada bulan Agustus 2017. Jenis ini diluncurkan karena, terdapat sejumlah kelompok pengguna bitcoin yang tidak setuju dengan aturan yang berlaku. Mereka memisahkan diri dari bitcoin dan melakukan improvisasi pada mata uang digital yang baru ini, dan mengklaim bahwa bitcoincash lebih baik daripada bitcoin.

Feathercoin

Feathercoin merupakan jenis cryptocurrency yang bersifat open source. Dibuat pertama kali oleh Peter Bushnell, yang bekerja sebagai IT Officer di Brasenose College, Oxford University pada bulan April 2013. Feathercoin juga memiliki kesamaan dengan litecoin dan dibawah lisensi MIT/X11.

Dogecoin

Dogecoin sendiri merupakan turunan dari litecoin yang diperkenalkan pertama kali pada Desember 2013. Sesuai dengan namanya, dogecoin menjadikan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya. Dogecoin termasuk dalam cryptocurrency yang paling bersahabat, karena banyak sekali komunitasnya yang melakukan kegiatan amal, berdonasi, dan aktivitas positif yang lain. Selain itu, dogecoin juga mempunyai nilai yang lebih rendah dari bitcoin.


Litecoin

Litecoin diperkenalkan pada tahun 2011 sebagai mata uang digital peer – to – peer (P2P) yang menghasilkan blok baru dengan kecepatan yang lebih cepat. Litecoin juga memungkinkan untuk melakukan transaksi secara cepat tanpa memerlukan sistem komputasi yang kuat (powerful).

 

PENGERTIAN

Digital Finance adalah layanan jasa pembayaran dan keuangan yang menggunakan sarana teknologi digital seperti seluler atau web melalui pihak ketiga. Pihak ketiga ini dapat berupa individu atau masyarakat umum, bukan karyawan lembaga bank, dan telah mendapat izin resmi atau lisensi untuk membuka cabang Digital Finance tersebut.

5 CONTOH DIGITAL FINANCE DI INDONESIA

OVO

OVO merupakan layanan E-Wallet paling populer di Indonesia. Hal ini gak mengherankan karena OVO sering memberikan promo dan cashback kepada para penggunanya. Aplikasi pembayaran serba bisa ini cukup simpel, instan, aman, serta bisa digunakan untuk segala transaksi finansial. Kini OVO telah terintegrasi ke Grab dan Tokopedia dimana hal ini memudahkan transaksi pengguna


Go-Pay

Go-Jek juga mengeluarkan layanan E-Wallet bernama Go-Pay yang dapat digunakan untuk membayar transaksi yang berhubungan dengan layanan pada aplikasi Go-Jek itu , selain itu, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran dengan aplikasi ini di pedagang- pedagang atau toko online dan offline yang bekerja sama dengan Go-Jek.


Dana

DANA adalah dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi nontunai dan nonkartu secara digital, baik online maupun offline  dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. Talenta-talenta terbaik Indonesia terus mengembangkan DANA sebagai dompet digital berplatform terbuka yang siap dimanfaatkan untuk mendukung setiap aktivitas ekonomi dan gaya hidup digital semua kalangan masyarakat Indonesia. Dengan DANA, masyarakat bisa menjadi lebih produktif, efisien, dan kompeten. DANA juga dapat dioptimalkan untuk mendukung komitmen pemerintah menghemat biaya produksi dan distribusi uang fisik, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia


LinkAja

LinkAja adalah layanan keuangan digital dari Telkomsel dan anggota Badan Usaha Milik Negara berupa uang elektronik. TCASH berfungsi layaknya rekening bank yang fleksibel dan tanpa adanya bunga.


Doku Wallet

DOKU Wallet adalah sebuah layanan dompet elektronik (Wallet) yang dikeluarkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha yang dilengkapi dengan fitur penghubung ke kartu kredit dan uang elektronik/cash wallet. Melalui DOKU Wallet, Anda bisa dengan mudah berbelanja secara online maupun offline di berbagai merchant yang sudah tergabung dengan layanan DOKU. Untuk Menggunakan layanan DOKU Wallet, Anda diwajibkan memiliki DOKU ID yaitu ID unik sebagai representasi rekening Anda yang terdiri dari 10 digit angka.

Hello world!

May 1st, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!