Comments Off on Inilah Cara Membuat Email di HP yang Wajib Diperhatikan Untuk Para Pengguna Android

Inilah Cara Membuat Email di HP yang Wajib Diperhatikan Untuk Para Pengguna Android

2020
01.07

Inilah Cara Membuat Email di HP yang Wajib Diperhatikan Untuk Para Pengguna Android. Seiring perkembangan zaman, banyak kegiatan masyarakat yang juga semakin berkembang dan mengalami perubahan sistem. Kegiatan yang paling sering mengalami perubahan sistem salah satunya adalah kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data.

Email Blocks on Gray Surface

Jika sebelumnya pengolahan data hanya bisa dilakukan secara manual, maka seiring berkembangnya zaman data tersebut bisa diolah secara digital yaitu menggunakan perangkat handphone. Untuk pengiriman data tersebut, setiap handphone diberikan akses untuk membuka email agar dapat mengirimkan data-data yang diperlukan.

Namun meskipun layanan email sudah tersedia dalam perangkat handphone, masih ada beberapa pengguna handphone yang kebingungan untuk menggunakan email melalui handphone mulai dari cara membuat email di HP hingga cara melampirkan file yang akan dikirimkan melalui handphone.

Menyadari fitur email banyak digunakan pengguna android untuk mengirimkan data-data penting, banyak developer yang meluncurkan layanan email baru untuk para pengguna android. Berikut beberapa layanan email beserta cara membuat email di HP yang menjadi rekomendasi bagi para pengguna android.

Gmail

Layanan email yang satu ini merupakan salah satu layanan email paling tenar diantara para pengguna android. Saat pertama kali pengguna hendak menggunakan android, pengguna harus membuat akun Gmail agar pengguna bisa bebas menginstall aplikasi-aplikasi untuk melengkapi perangkat android yang dimiliki. Jika perangkat android yang dimiliki tidak dilengkapi dengan akun gmail, maka pengguna akan kesulitan mengakses fitur-fitur yang tersedia dalam perangkat android.

Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan setiap pengguna android wajib mengetahui cara membuat email di hp. Untuk membuat suatu email gmail, pengguna bisa membuat gmail melalui aplikasi google chrome.

Setelah masuk ke aplikasi google chrome, pengguna bisa mengakses https://gmail.com dan mengklik buat akun. Setelah mengklik buat akun, pengguna harus melengkapi kolom data diri yang disediakan termasuk membuat sandi untuk akun gmail tersebut. Sandi harus dibuat menggunakan angka atau huruf-huruf yang tidak diketahui orang lain namun tetap mudah diingat oleh pengguna android agar keamanan akun email terjaga.

Setelah sandi selesai dibuat, pengguna bisa mengklik “berikutnya” dan mengisi nomor telepon dan jenis kelamin serta tempat dan tanggal lahir. Setelah pengisian tempat dan tanggal lahir selesai, pengguna dapat mengklik “berikutnya”. Cara membuat email di hp selanjutnya melakukan verifikasi nomor telepon. Untuk melakukan verifikasi nomor telepon, pengguna dapat mengklik “kirim” dan nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon yang dicantumkan pengguna dalam bentuk sms.

Saat menerima sms verifikasi, akan ada instruksi yang harus diikuti oleh pengguna untuk menyelesaikan proses verifikasi tersebut. Setelah proses verifikasi selesai, pengguna android hanya harus mengklik “saya setuju” sebagai langkah terakhir cara membuat email di hp. Namun sebelum mengklik “saya setuju”, sangat disarankan pengguna untuk membaca terlebih dahulu ketentuan-ketentuan dan persyaratan google tersebut. Setelah pengguna mengklik “saya setuju” maka akun gmail pengguna sudah selesai dibuat dan siap digunakan.

Yahoo mail

Satu lagi layanan email yang sudah digunakan oleh ribuan pengguna yaitu yahoo mail. Yahoo mail digunakan di beberapa perusahaan untuk kegiatan operasional perusahaan. Yahoo mail merupakan layaman email gratis yang disediakan oleh Yahoo!. Meskipun yahoo mail banyak diakses melalui perangkat komputer, bukan berarti layanan email ini tidak bisa diakses melalui perangkat handphone.

Melalui perangkat handphone, pengguna juga bisa menggunakan layanan email ini secara bebas bahkan membuat email baru selama pengguna mengetahui cara membuat email di hp android tersebut. Untuk membuat akun yahoo mail, pengguna bisa mengakses http://mail.yahoo.com saat pertama kali. Saat berhasil mengakses yahoo mail, pengguna akan langsung diminta login menggunakan akun yahoo mail yang dimiliki. Namun bagi pengguna yang akan membuat akun email baru, maka pengguna bisa mengklik “daftar” yang terletak di bawah halaman.

Sama seperti layanan email lainnya setelah mengklik daftar, pengguna akan diminta mengisi data diri dan membuat sandi untuk akun email yang akan dibuat. Setelah seluruh data berhasil diisi, pengguna dapat mengklik “lanjutkan” untuk sampai pada cara membuat email di hp berikutnya.

Perbedaan cara pembuatan yahoo mail dengan gmail terletak pada proses selanjutnya setelah pengisian data diri selesai dilakukan. Jika saat membuat akun gmail proses verifikasi dilakukan melalui sms yang dikirimkan ke nomor handphone yang dicantumkan, maka cara verifikasi saat membuat email yahoo berbeda.

Setelah proses pengisian data diri selesai dan pengguna telah mengklik “lanjutkan” maka pengguna akan disuguhkan tampilan berupa kumpulan angka atau huruf yang harus dirangkai dan diketik ulang di kolom yang disediakan. Pengguna hanya perlu menebak huruf apa saja yang ada pada captcha tersebut dan mengetiknya kembali ke kolom yang di sediakan. Jika langkah ini berhasil, maka akun yahoo mail yang dibuat telah berhasik di daftarkan dan siap digunakan.

Mail.com

Layanan email yang bisa di akses melalui handphone selanjutnya adalah mail.com. Bagi beberapa pengguna email, layanan email ini belum terlalu familiar di telinga. Untuk mengakses layanan email ini melalui perangkat android, pengguna harus mengetahui cara membuat email di hp agar dapat membuat akun mail.com terlebih dahulu.

Meskipun layanan email ini belum setenar gmail, namun layanan email ini memiliki kelebihan yaitu pengguna bisa bebas menentukan domain email yang digunakan sesuai selera pengguna. Jika gmail memiliki domain tetap yaitu gmail.com, maka mail.com membebaskan penggunanya untuk membuat domain sendiri. Pengguna bisa membuat domain secara acak sesuai hobi atau hal-hal yang digunakan seperti wkwk.com, muslim.com dan domain lainnya.

Tahap pertama yang harus dilakukan untuk membuat akun mail.com adalah dengan mengakses https://www.mail.com dan melakukan pendaftaran akun. Setelah pengguna berhasil mengakses website tersebut, cara membuat email di hp selanjutnya adalah pengguna harus mengisi data-data seperti layanan email lainnya. Saat pengisian data ini pulalah, pengguna bisa membuat domain sesuai domain yang diinginkan.

Setelah data-data yang diminta selesai diisi, pengguna harus melakukan verifikasi terhadap transaksi pendaftaran yang dilakukan. Untuk memverifikasi data tersebut, pengguna hanya perlu mencentang kotak “im not robot” yang tertera pada layar. Jika setelah mencentang kotak tersebut muncul pilihan gambar, maka pengguna harus memilih gambar yang sesuai dengan gambar paling atas.

Tahap terakhir dalam cara membuat email di hp untuk layanan email mail.com adalah dengan mengklik “i accept and create my account”. Setelah proses tersebut dilakukan maka akun email mail.com pengguma yang baru selesai dibuat dan siap digunakan.

Itulah beberapa layanan email yang bisa digunakan melalui perangkat android. Selain layanan email diatas, masih ada layanan email lain yang bisa diakses oleh pengguna android seluruh dunia. Saat memilih layanan email, pengguna bisa mempertimbangkan layanan mana yang cocok digunakan untuk membantu proses pengolahan dan pengiriman data pribadi ataupun data perusahaan.